Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Makin Ambisius, Apple Ingin Dapat Hak Siar Premier League!

hak siar premier league
Gambar Oleh: 9to5mac
Indri Penulis

Apple siap ajukan tawaran untuk mendapatkan hak siar Premier League. Saat ini hak tayang Premier League dipegang oleh Sky Sports dan BT Sports.

Buat pecinta sepak bola, siapa sih yang nggak tau sama Premier League? Yap, itu loh.. Liga sepak bola yang paling banyak ditonton di dunia.

Karena menjadi liga sepak bola terlaris di dunia, wajar saja kalau hak siar Premier League selalu jadi incaran banyak investor. Sekedar informasi, saat ini hak tayang Premier League masih pegadang oleh Sky Sports dan BT Sports. Tapi bakal berakhir di tahun 2025.

Raksasa teknologi sekelas Apple sepertinya nggak mau melewatkan kesempatan emas itu. Baru-baru ini tersiar kabar kalau Apple tengah mempersiapkan strategi untuk mendapatkan hak siar Premier League.

Apple Ingin Dapatkan Hak Siar Premier League

Dikutip dari tabloid asal Inggris, The Daily Mail (via MacRumors), Apple kini tengah mempersiapkan penawaran untuk mendapatkan hak siar Premier League.

Tanpa mengutip sumbernya, tabloid Inggris tersebut mengklaim kalau raksasa teknologi asal Cupertino itu ingin meningkatkan bisnis di bidang olahraga. Yakni dengan cara bikin kontrak tayang di Apple TV+ selama 10 tahun dengan Preimer League.

hak siar premier league
Gambar Oleh: YouTube/Premiere League

Kalau kabar ini tepat sasaran, Apple dipastikan bakal menjadi pemain besar keempat. Mereka juga bakal bersaing untuk membeli hak siar domestik untuk liga sepak bola papan atas di Inggris tersebut.

Selain itu dengan perebutan hak siar Premier League saat ini, hal ini diprediksi bikin nilai jual Premier League melambung jauh. Yakni menjadi $6,23 miliar untuk hak siar EPL domestik, yang beroperasi pada siklus pembaruan selama tiga tahun.

Menurut kabar yang beredar, hak yang dipegang tender akan berakhir akhir tahun ini. Sementara hak yang ada untuk periode tiga tahun saat ini bakal berakhir pada tahun 2025.

Baca Juga:  New MacBook Pro Resmi Rilis, Siap Menguras Rekening Kalian!

Sementara itu, beberapa tahun belakangan ini, kabarnya telah terjadi persaingan ketat antara Sky Sports, BT Sport dan Amazon Prime Video.

Mereka bertiga bersaing ketat demi bisa mendapatkan hak siar Premier League. Tapi tetap saja, sampai sekarang Sky Sports lah yang masih menjadi pemain dominan.

Tapi perlu diketahui, rupanya persyaratan pengemasan memastikan bahwa tidak ada penyiar yang bakal mendapatkan hak atas semua pertandingan Premier League.

Maka dari itu, kemungkinan kesepakatan Apple untuk hak siar EPL tidak akan sesuai dengan kesepakatan eksklusivitas, yang berhasil mereka negosiasikan dengan MLS.

Lebih lanjut dalam berita terkait, Apple TV+ beberapa waktu lalu sempat menayangkan “Super League: The War for Football” secara perdana. Ini adalah sebuah serial dokumenter yang menampilkan kisah liga Eropa yang memisahkan diri, dari federasi klub sepak bola elit yang penuh taktik adu domba.

Sampai sekarang belum ada konfirmasi dari Apple soal upaya mendapatkan hak siar Premier League. Kita tunggu saja konfirmasi dari Apple ya.


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]