Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Rumor MacBook — Pakai Notch, Mini LED, Tanpa Touch Bar

Anom Penulis

Pada hari Sabtu 16 Oktober 2021, menjelang Apple Event “Unleashed” muncul bocoran kalau layar MacBook mendatang bisa memakai notch iPhone, layar mini LED, dan tanpa Touch Bar. Sebuah rumor yang cukup menggelitik.

Rumor itu berasal dari akun AnyTurtle999 di Weibo (ditemukan oleh DuanRui). Ia mengunggah sebuah gambar MacBook Pro dengan notch pada bagian kamera di layar.

Pada gambar itu, juga terdapat potongan gambar notch yang diperbesar dan mengindikasikan adanya kamera FaceTime, microfon, dan sensor cahaya untuk fitur TrueTone.

gambar macbook dengan notch di layar

Menariknya, bocoran lain datang dari pengguna Reddit yang mengaku mendapat sumber dari Cina. Ia menyebutkan kalau MacBook Pro mendatang memang akan punya notch, tapi tanpa fitur FaceID. Hanya kamera 1080p, sensor TrueTone, dan mikrofon.

Lebih jauh lagi, ia menyebutkan kalau layar MacBook Pro baru akan memakai mini LED dengan fitur HDR. Layar ini akan memiliki bezel lebih tebal di bagian bawah.

Kemudian, Touch Bar sudah tidak ada lagi. Walau begitu, fitur Touch ID tetap ada. Bahkan kini dilengkapi dengan backlight agar mudah kita lihat.

Lalu, ia juga menyebutkan kalau versi MacBook Pro akan menggunakan sistem pengisi daya MagSafe baru, punya colokan HDMI, dan slot SD card, di samping colokan USB Thunderbolt dan audio 3,5 mm. Kamu juga bisa mengisi daya dengan colokan USB-C yang ada.

Yang tidak kalah menarik, bocoran ini sebenarnya sudah pernah muncul. Apple sendiri pernah mematenkan implementasi notch di MacBook. Kemudian, pada data yang dicuri hacker REvil, juga terdapat foto skematik implementasi notch itu.

Apple akan mengadakan acara bertajuk “Unleashed” pada tanggal 19 Oktober 2021 pukul 00:00 WIB. Kabarnya akan ada perangkat Mac baru yang akan menggunakan chipset M1 terbaru. Rumor lain menyebutkan nama chipset “M1 Pro” dan “M1 Max”.

Baca Juga:  Selamat Tinggal! Apple Hentikan Produksi iPod Setelah 20 Tahun

Apakah MacBook dengan notch ini akan muncul di acara itu? Apa masih akan rilis lebih lama lagi? Kita lihat saja.