Apple “Perlunak” App Store Untuk Stadia dan xCloud, Tetap Dapat Kritik

Apple “memperlunak” peraturan yang ada di App Store. Kini layanan streaming game bisa merilis koleksi mereka di App Store. Namun peraturan baru ini tetap mendapat kritik karena masih memiliki batasan yang dianggap merugikan pengguna.

Sebelum ini, Apple memblokir aplikasi streaming game seperti Google Stadia dan Microsoft xCloud. Alasannya serupa dengan apa yang menjadi latar kasus Apple dengan layanan email Hey dan kasus Apple vs Epic Games. Yaitu pembelian dalam aplikasi beserta tarifnya.

Microsoft sudah memberi kritik soal App Store memblokir xCloud. Microsoft juga sudah memberi dukungan pada Epic Games di kasus Apple (lebih ke mempertahankan Unreal Engine, bukan Fortnite).

App Store Membolehkan Streaming Game

Sekarang Apple sudah membolehkan layanan streaming game seperti Google Stadia dan Microsoft xCloud di App Store. Tapi ada syarat dan ketentuannya (seperti tanda bintang itu lho).

aplikasi Stadia dan xCloud di Android

Setiap game dari layanan itu harus bisa diunduh langsung dari App Store. Tiap game juga harus melewati pendaftaran ke Apple. Lalu, tiap game yang menawarkan pembelian dalam aplikasi harus mengikuti aturan App Store, termasuk tarif 30% untuk Apple.

Artinya, walau Google dan Microsoft boleh membuat aplikasi yang berisi katalog game (dan memberi link ke game bersangkutan) di layanan mereka, tiap game harus hadir secara terpisah.

Microsoft Masih Protes

Google belum memberi pendapat soal peraturan baru App Store ini. Namun Microsoft tetap menganggap peraturan baru ini tidak membantu.

Melalui pernyataannya pada The Verge, Microsoft menyebutkan kalau peraturan baru App Store itu tetap saja memberi pengalaman yang buruk pada konsumen. Gamers ingin bisa langsung masuk ke game dari katalog yang mereka miliki melalui satu aplikasi, seperti untuk film atau musik, dan tidak dipaksa mengunduh 100 aplikasi terpisah untuk memainkan game dari cloud.

Tentu saja, selain masalah unduhan aplikasi dan game dari layanan streaming itu, Microsoft harus berbagi keuntungan ke Apple dengan membayar tarif 30% App Store. Microsoft belum memberi pernyataan apakah akan mengikuti peraturan Apple atau tidak (berarti tidak tersedia di iOS).

Layanan streaming game xCloud sendiri akan mulai hadir pada tanggal 15 September 2020 di 22 negara, dengan nama resmi Xbox Game Pass Ultimate. Untuk sementara, layanan ini akan tersedia di Android.

%d blogger menyukai ini: