Apple Jadi Perusahaan 1 Triliun Dollar Pertama

apple store new york
Anom Penulis

Apple menjadi perusahaan 1 triliun Dollar pertama di Amerika. Prestasi ini dicapai pada hari Kamis tanggal 2 Agustus 2018, saat sahamnya meroket.

Dengan prestasi ini, Apple berhasil mengalahkan rival terdekatnya, Amazon, dalam perlombaan sebagai “First Trillion Dollar Company“. Saat itu saham Apple (AAPL) mencapai nilai $207.04 (via CNN), setelah sebelumnya merilis laporan keuangan untuk kuartal kedua tahun 2018. Nilai saham itu mengalami kenaikan lebih dari 20% di tahun ini.

Fakta ini luar biasa. Banyak kritik yang menyebut produk Apple sekarang kurang inovatif dan kurang menarik. Bahkan kalau bicara soal perangkat yang paling populer, iPhone, saat ini pangsa pasar Apple turun menjadi peringkat ketiga di dunia. Kalah oleh Huawei.

Namun penjualan iPhone di tahun ini — termasuk iPhone X — melebihi harapan. Pendapatan Apple di kuartal kedua tahun 2018 ini mencapai $61,1 Milyar. Hal ini tentu meningkatkan kepercayaan investor di tengah euforia sektor teknologi.

saham apple 2 agustus 2018
Saham Apple (Foto: Yahoo! Finance)

Beberapa perusahaan teknologi lain yang bersaing menjadi perusahaan 1 triliun Dollar adalah Amazon, Google, dan Microsoft. Saat ini Amazon bernilai sekitar $900 milyar. Sedangkan Google dan Microsoft sekarang bernilai sekitar $800 milyar.

Oya, banyak yang menyebut kalau persaingan ini merupakan persaingan perusahaan 1 triliun Dollar pertama di dunia. Tapi Apple bukanlah yang pertama di dunia. PetroChina merupakan perusahaan 1 triliun Dollar pertama di dunia. Prestasi ini diraihnya pada tahun 2007, saat sahamnya mulai dijual di Shanghai. Saat ini PetroChina — yang juga masuk di New York Stock Exchange — bernilai sekitar $200 milyar.

Harus diakui, Apple memang perusahaan teknologi yang luar biasa. Walaupun banyak yang nyinyir, toh terbukti strategi Apple berhasil dan ia selalu menjadi trendsetter. Jadi, selamat buat Apple. Steve Jobs pasti bangga.

    %d blogger menyukai ini: