ASUS ROG Zephyrus S GX502GW: Laptop Gaming Lengkap

Baik Fitur dan Performa

ASUS ROG Zephyrus S GX502GW

ASUS ROG Zephyrus adalah seri laptop gaming yang menarik. Salah satu produk keren dari seri ini adalah ASUS ROG Zephyrus S GX502GW. Sebuah laptop yang bisa dibilang lengkap baik dari sisi fitur maupun performa.

Dirilis pertama kali pada tahun 2016, seri ROG Zephyrus menjadi gebrakan baru di dunia laptop gaming. Seri ini mengadaptasi teknologi terbaru sehingga bisa tampi lebih ringan, tipis, dan ringkas. Tentunya tanpa mengurangi spesifikasi kelas atas.

Seri ROG Zephyrus S menjadi varian dengan spesifikasi paling tinggi di lini ini. Salah satu kekhasan seri S ini adalah kombinasi prosesor dan GPU terbaru. Seperti Intel Core Gen. 9 dan keping grafis NVIDIA GeForce RTX.

Namun tidak hanya itu. Laptop ASUS ROG Zephyrus S GX502GW ini, misalnya, hadir tidak hanya untuk para gamer. Baik, bodi, spesifikasi dan fitur yang dimilikinya juga memungkinkan laptop ini dipakai oleh para profesional di bidang kreatif. Bagaimana bisa begitu?

Mobilitas Tinggi

Sisi luar

Laptop ini dirancang dengan 2 fokus utama. Mobilitas dan performa. Dengan dimensi 36cm x 25cm x 1,8cm, Zephyrus S GX502GW menjadi salah satu laptop gaming paling portabel di kelasnya.

ASUS menerapkan rancangan Super Narrow Bezel di layar 15,6 inci laptop ini, sehingga rasio layar-ke-bodi mencapai 81%. Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah membawanya dalam tas untuk laptop 14 inci.

Dengan bosi setipis ultrabook, namun punya performa tinggi, tentunya suhu laptop bisa menjadi masalah. Karena ruang di dalam yang tidak banyak. Untuk masalah ini, ASUS menerapkan teknologi Active Aerodynamic System (AAS).

Teknologi ini merupakan sistem pendingin khusus yang memungkinkan bagian bawah laptop terbuka ketika digunakan. Selain membuat sirkulasi udara berjalan lebih optimal, bodi bagian belakang yang terangkat ini juga akan membuat mengetik menjadi lebih nyaman. Jadi, win-win solution.

Sistem sirkulasi udara asus rog zephyrus s gx502gw
Sistem sirkulasi udara

Untuk mendukung portabilitas optimal, laptop ini juga memiliki baterai lebih besar dari sebelumnya. Selain itu, sistem manajemen baterai yang cerdas dapat mematikan penggunaan fitur NVIDIA G-Sync saat memakai baterai. Kemudian, sistem akan mengalihkan ke keping Intel HD Graphics untuk kepentingan komputasi standar.

Yang tidak kalah menarik, laptop ini juga tidak hanya bisa diisi dayanya melalui kabel power biasa. Tapi juga mendukung pengisian daya melalui colokan USB Type-C. Bahkan, kamu bisa mengisi daya dengan power bank kalau kepepet.

Untuk Gamer dan Profesional

asus rog zephyrus s gx502gw
Monitor kelas atas

Seperti sudah disebut di atas, laptop ASUS ROG Zephyrus S GX502GW tidak hanya untuk gamer saja, tapi juga para profesional di bidang kreatif. Hal ini ditunjukkan oleh kualitas layar yang ada.

Laptop ini memiliki layar dengan refresh rate tinggi, sampai 240Hz, dan response time yang rendah, sampai 3ms. Kemampuan ini tentunya cocok untuk para gamer yang ingin tampilan gerakan mulus dan responsif.

Di samping itu, layar ini juga memiliki sertifikasi Pantone Validated Display karena tampilan warna yang akurat. Layar laptop ini memiliki tingkat reproduksi warna hingga 100% pada color-space sRGB dan sudah dikalibrasi dengan ProArt™ TruColor Technology.

Untuk kelengkapan lainnya, ada USB 3.1 Type-A, HDMI, 2 colokan audio. Uniknya, colokan USB Type-C yang ada juga mendukung display output selain power delivery. Laptop ini juga hadir dengan kamera terpisah yang bisa melakukan rekaman video di resolusi FHD 1080@60fps.

Armoury Crate

Laptop seri ROG terbaru dilengkapi dengan aplikasi bernama Armoury Crate. Boleh dibilang kalau aplikasi ini ibarat sebuah pusat komando bagi para pengguna laptop ROG.

Atur Performa

Aplikasi Armoury Crate di laptop ROG
Performa di Armoury Crate

Kamu bisa mengatur kondisi laptop dalam 4 mode. Mode Windows untuk penggunaan sehari-hari, mode Silent untuk pemakaian di tempat umum (agar kipas tidak berisik), mode Performance untuk performa tinggi ketika memakai program editing video atau foto, dan mode Turbo untuk performa maksimal ketika bermain game kelas AAA. Mode Turbo bisa diakses ketika laptop terhubung dengan kabel pengisi daya.

Selain mode tersebut, kamu juga bisa menggunakan mode Manual. Di mode ini, kamu bisa mengatur sendiri performa CPU dan GPU. Pengaturanmu di mode ini bisa disimpan di penyimpanan cloud dari ASUS (harus login dengan akun ASUS).

Atur Lampu RGB Backlit

AURA Sync di Armoury Crate laptop ROG
AURA Sync di Armoury Crate

Laptop ROG juga terkenal dengan lampu RGB backlit di keyboard. Dengan fitur AURA Sync di Amoury Crate, kamu bisa mengatur tampilan lampu RGB backlit di laptop ROG Zephyrus S GX502GW. Ada mode Static, Strobe, sampai Breathing. Selain itu, kamu juga bisa mengatur tampilan sendiri.

Yang lebih seru lagi, kamu juga bisa mengatur tampilan RGB perangkat ROG lain. Dengan begitu, semua perangkat yang terhubung dengan laptop ini bisa punya tampilan seragam. Efeknya pun bisa disesuaikan dengan game yang kamu mainkan.

Atur Suara

Tool Sonic Studio

Laptop ROG Zephyrus S GX502GW juga dilengkapi tool untuk setelan audio. Tool ini bernama Sonic Studio. DI dalamnya, kamu bisa mengatur karakteristik suara secara keseluruhan. Juga ada beberapa mode di sini. Seperti Music untuk suara yang kaya dan detil, atau Gaming untuk suara surround yang realistis.

Selain setelan output, kamu juga bisa mengatur input audio, dengan fitur Record Studio. Di sini, ada beberapa fitur berguna, seperti: Noise Reduction, Volume Stabilizer, Accoustic Echo Cancellation, hingga Voice Equalizer. Kalau kamu suka melakukan live streaming game, fitur tersebut akan sangat berguna.

Performa Tinggi

Di dalam dapur pacu laptop ASUS ROG Zephyrus S GX502GW, terdapat kombinasi prosesor Intel Core i7 9750H dengan keping grafis NVIDIA GeForce RTX 2070. Keduanya merupakan komponen yang termasuk kelas high-end. Dengan begitu tentunya menjanjikan performa tinggi.

Memang begitu yang terlihat ketika melalui pengujian aplikasi benchmark PCMARK 10 dan Cinebench R15. Laptop ini berhasil mendapat skor yang tinggi.

Pengujian PCMARK 10
Pengujian Cinebench R15

Selain itu, keping grafis NVIDIA GeForce RTX 2070 di laptop ini pun menunjukkan kelasnya. Seperti di game Tom Clancy’s Ghost Recon: Breakpoint dan Tom Clancy’s The DIvision 2, laptop ini bisa menampilkan grafis dengan frame rate di atas 60 fps dan kualitas “rata kanan”.

Performa grafis di game Tom Clancy’s Ghost Recon: Breakpoint
Performa grafis di game Tom Clancy’s The DIvision 2

Tidak hanya di game saja. Melalui pengujian grafis di aplikasi 3DMark pun laptop ini memberikan hasil yang baik. Misalnya di mode pengujian Fire Strike dan Time Spy.

Pengujian Fire Strike di 3DMark
Pengujian Time Spy di 3DMark

Sedangkan di pengujian Port Royal yang lebih kompleks dan memiliki fitur real-time ray tracing, performa laptop ini sedikit menurun dengan frame rate 30 fps. Tapi memang, pengujian Port Royal termasuk pengujian yang sangat tinggi dan sangat sulit mendapat frame rate tinggi di sini.

Pengujian Port Royal di 3DMark

Nah, selain prosesor dan kartu grafis yang canggih, laptop ASUS ROG Zephyrus S GX502GW juga memakai penyimpanan berkemampuan tinggi NVME PCIe SSD 512GB dan RAM 32GB DDR4 2666 MHz. Protokol NVME memiliki tingkat transfer data yang tinggi. Ditemani dengan RAM yang mantap, kamu bisa melakukan multi-tasking dengan lancar.

Kinerja SSD

Gratis Call of Duty: Modern Warfare

Dapatkan Call of Duty: Modern Warfare secara gratis
Dapatkan Call of Duty: Modern Warfare

Mungkin ini yang paling seru. Dalam periode 17 September – 18 November 2019, kamu yang membeli laptop ASUS berbasis keping GPU NVIDIA RTX akan mendapat paket game terbaru Call of Duty: Modern Warfare secara gratis! Kamu akan mendapat kode download dan harus memakainya sebelum 18 Desember 2019.

Tentu saja, laptop ASUS ROG Zephyrus S GX502GW termasuk di dalam penawaran ini. Selain itu, kamu juga bisa mendapat penawaran ini dengan membeli laptop Zephyrus GX502GV, Zephyrus GU502GV atau GX701GV / GW / GX / GXR. Sedangkan untuk seri Strix, paket ini bisa didapat untuk seri GX531GV / GW / GX / GXR, G531GV / GW, G731GV / GW, Strix II GL504GV / GW, GL704GV / GV, dan G703GX / GXR.

Informasi lebih jauh soal paket gratis Call of Duty: Modern Warfare bisa kamu baca lebih jauh di situs resmi ASUS.

Spesifikasi dan Harga

  • CPU: 9th Gen Intel Core i7-9750H Processor Hexa Core (12M Cache, up to 4.5GHz)
  • Sistem Operasi: Windows 10
  • RAM: 32GB DDR4 2666MHz SDRAM
  • Penyimpanan: 512GB M.2 NVMe PCIe SSD
  • Layar: 15,6” (16:9) IPS-level FHD (1920×1080), 144Hz 3ms, 100% sRGB, Pantone Validated Display
  • Grafis: NVIDIA GeForce RTX 2070 8GB GDDR6 VRAM
  • Input/Output: 2 x USB 3.1 Type-A (Gen1), 1 x USB 3.1 Type-C (Gen2), 1 x USB 3.1 Type-A (Gen2), 1 x Combo Audio Jack, 1 x HDMI, 1 x Ethernet port
  • Kamera: Optional
  • Konektivitas: Wi-Fi 5(802.11ac) 1*1 + Bluetooth
  • Audio: 2 x 1W speakers with Smart AMP technology, Array Microphone, DAC, ESS
  • Baterai: 76WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
  • Dimensi: 36.0(W) x 25.2(D) x 1.89 ~ 1.89(H) cm
  • Berat: 1,99Kg
  • Warna: Metal Black
  • Harga: Rp43.999.000