Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Backup WhatsApp Android Mungkin Akan Memakan Jatah Google Drive

Nanti udah nggak tanpa batas lagi...

backup whatsapp di google drive
Anom Penulis

Wah, kabar buruk nampaknya bisa hadir bagi pengguna WhatsApp Android. Backup WhatsApp Android kabarnya akan memakan jatah kapasitas penyimpanan Google Drive.

Selama ini, paling tidak sejak pengumuman WhatsApp tahun 2018, cadangan WhatsApp tidak memakan jatah penyimpanan Google Drive kita. Hal ini tentu menyenangkan, karena berbeda dengan backup WhatsApp di iPhone yang memakan jatah iCloud.

popculture.id

Namun nampaknya keputusan tersebut akan berubah.

WABetaInfo menemukan baris kode di aplikasi WhatsApp Beta yang berhubungan dengan batasan kuota Google Drive. Tepatnya, baris kode itu berhubungan dengan tampilan pesan pemberitahuan untuk Backup WhatsApp di Google Drive.

Sebelum ini WABetaInfo memang pernah menemukan pilihan untuk tidak mengikutsertakan pesan tertentu dalam cadangan pada aplikasi WhatsApp Beta Android. Indikasinya adalah untuk menghemat kapasitas penyimpanan di Google Drive.

Ternyata temuan berhubungan dengan pembatasan ukuran backup WhatsApp di Android. Artinya, Google berencana menghentikan cadangan data WhatsApp Android yang sebelumnya tanpa batas di Google Drive.

Menurut WABetaInfo, Google masih akan menawarkan backup data WhatsApp secara gratis sampai tahap tertentu. Baru jika ukuran data lebih dari kuota, kita harus berlangganan Google Drive lebih jauh.

Kelihatannya setelah bertahun-tahun memberi kelonggaran, Google akan mulai lebih serius menarik keuntungan dari layanan penyimpanan cloud miliknya. Sebelum ini, pembatasan Google Photos sudah lebih dulu berlaku, setelah dulu juga tanpa batas.

Kalau memang temuan WABetaInfo ini benar dan ada batasan backup WhatsApp di Google Drive, sudah saatnya kita memilah mana yang ingin kita simpan. Jika kamu memang ingin mencadangkan semua data dan itu berukuran besar, mungkin kamu bisa coba langganan Google One.

    %d blogger menyukai ini: