Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Blackberry Akan Kembali Hadir Dengan Smartphone 5G

pengumuman smartphone blackberry 5g
Anom Penulis

Kejutan!!! Bagai punya ajian rawarontek, Blackberry menolak mati. Kabar terbaru menyebutkan kalau Blackberry akan kembali di dunia smartphone, bahkan akan menghadirkan smartphone 5G.

Kalau kamu ingat, pada awal tahun 2020 Blackberry mengumumkan kalau akan berhenti menjual smartphone. Lebih tepatnya, lisensi yang dipegang TCL untuk desain, manufaktur, dan penjualan smartphone dengan merek Blackberry berakhir. Tidak terlalu mengherankan mengingat kerasnya persaingan smartphone di dunia.

popculture.id

Namun ternyata nama Blackberry masih punya kekuatan. Sebuah perusahaan asal Amerika, OnwardMobility, mengumumkan kerjasama untuk lisensi bersama Blackberry dan  FIH Mobile Limited (perusahaan di bawah Foxconn).

OnwardMobility akan bertanggung jawab untuk peencanaan produk dan pengembangan pangsa pasar di Amerika dan FIH Mobile akan merancang dan membuat perangkat Blackberry di bawah pengawasan ketat untuk memastikan ketersediaan komponen, perangkat, dan rantai pasokan.

Blackberry Key2
Blackberry Key2 (gambar: Blackberry)

Dalam pengumuman soal lisensi merek Blackberry ini, OnwardMobility juga menyebutkan akan menghadirkan smartphone 5G dengan keyboard fisik. Sayangnya, belum ada informasi lebih detil soal smartphone baru Blackberry tersebut.

Tapi seperti kita ketahui, Blackberry terkenal dengan keyboard fisik tersebut. Bahkan smartphone terakhirnya, Blackberry Key2 LE, juga memiliki keyboard QWERTY fisik. Jadi mungkin masih bisa terbayang sedikit akan seperti apa nantinya.

Situasi yang dihadapi oleh Blackberry ini tentu saja mengingatkan kita pada raksasa ponsel lain di jamannya, yaitu Nokia. Setelah menurun dan diambil alih oleh Microsoft sebagai perangkat Windows Phone, Nokia pun nyaris punah. Namun HMD Global, yang kemudian mengambil alih lisensi merek itu, berhasil membawa kembali Nokia ke arena pertarungan smartphone.

Perpindahan lisensi ke OnwardMobility ini merupakan kali kedua untuk Blackberry. Kelihatannya, fokus sementara masih berada di Amerika Serikat dan Eropa. Tentu saja, hal ini masih perlu dilihat lebih jauh nanti.

Seperti yang diumumkan dan juga tercantum di situs resmi OnwardMobility, smartphone Blackberry 5G direncanakan hadir pada tahun 2021. Akankah Blackberry akan bisa melangkah kembali?

    %d blogger menyukai ini: