Blade Bound: Game RPG ‘Hack and Slash’ untuk Orang Sibuk

singkat, padat, seru

game blade bound

Kalau kamu ingin main game RPG yang tiap rondenya bisa diselesaikan dengan cepat, mungkin kamu perlu mencoba Blade Bound. Game ini merupakan permainan RPG klasik bertipe ‘hack and slash‘ seperti Diablo.

Saat ini sudah cukup banyak game RPG klasik ‘hack and slash‘ hadir di smartphone. Misalnya Eternium atau Anima. Bahkan judul game RPG yang termasuk legendaris pun mulai hadir. Misalnya The Elder Scroll Blade (tidak beredar di Indonesia) atau Diablo Immortal (segera hadir).

Game RPG biasanya lekat dengan citra petualangan dengan cerita panjang, juga memiliki quest utama dan sampingan yang banyak. Tidak jarang game seperti ini menyita perhatian dan membuat kita bermain sampai lupa waktu.

Yang cukup menarik dari game RPG Blade Bound ini adalah durasi tiap ronde yang relatif pendek. Jadi sangat sesuai dimainkan di ponsel dan bisa kamu mainkan di sela kegiatan lain.

Yuk kita lihat lebih dekat.

Gameplay Blade Bound

Ada beberapa mode permainan di dalam Blade Bound. Ada Story (tombol Battle), PvP, Monster Hunt, Challenge, dan Events. Kecuali Story, semua mode menghadirkan permainan satu ronde. Sedangkan di Story, kamu akan masuk ke sebuah lokasi dengan beberapa titik perjalanan.

Game ini memiliki tampilan isometrik (dari atas dengan perspektif) yang menunjukkan tokoh yang kita mainkan beserta para monster dan lingkungan sekitar. Tampilan seperti ini cenderung memiliki kontrol yang mudah dan ideal untuk smartphone.

Kontrol virtual yang ada di game ini juga senada dengan permainan lain. Di sebelah kiri ada d-pad virtual untuk menentukan arah gerakan. Sedangkan di sebelah kanan, terdapat tombol serangan beserta beberapa tombol jurus atau sihir.

Jurus dan sihir yang tampil di saat bertempur ditentukan oleh armor, senjata, dan item lain dari inventory. Tiap item itu juga punya blessing, perks, dan elemen masing-masing. Tentunya, kombinasi semuanya bisa menentukan menang kalah (perhatikan keunggula antar elemen).

Di game ini kamu juga bisa menggabungkan (Fuse) beberapa item. Idealnya, item yang kamu gabung memiliki tipe dan kemampuan yang sama supaya bisa memberi bonus. Selain itu kamu juga misa mengembangkan (Evolve) item ke tahap lebih lanjut.

inventory hero game rpg blade bound

Nah, ketika kamu mengumpulkan berbagai item, ada hal yang harus kamu ingat. Inventory memiliki ruang terbatas. Kalau penuh, kamu bisa menggabungkan atau menjual item tertentu. Pilihan lainnya adalah memperbesar kapasitas dengan membeli tool di shop.

Hands-on

Saya bermain game RPG Blade Bound ini dengan ASUS ROG Phone. Tapi melihat setelan di dalam game yang tidak menampilkan pengaturan grafis, saya yakin game ini bisa dimainkan di perangkat yang lebih rendah spesifikasinya (saya juga bisa mengunduhnya di Realme 5 Pro).

Kesan pertama yang saya dapat adalah Blade Bound memiliki penampilan grafis yang bagus. Nuansanya juga lebih cerah dari Anima yang lebih berkesan gelap ala dungeon crawler.

Sejauh yang saya mainkan, game ini cukup mudah dipahami. Menelusuri berbagai menu dan fitur juga tidak sulit. Yah, ada beberapa tampilan yang tidak langsung terlihat (tidak ada tombol khusus). Kemudian, ada beberapa fitur yang tidak bisa diakses dari halaman tertentu (misal tidak bisa melompat dari informasi pedang ke halaman Fusion untuk menggabungkannya).

Yang paling menarik dari game ini menurut saya adalah durasi permainannya yang relatif singkat. Sehingga kamu bisa menyempatkan diri bermain di sela kesibukan, tanpa terlalu menyita waktu dan perhatian. Heh, dalam beberapa hal tertentu, pertarungan bisa berlangsung terlalu singkat. Misalnya kalau kamu memilih lawan yang mudah di arena PvP.

Blade Bound juga memiliki sistem energi. Yah, hal ini membatasi keseluruhan kesempatan bermain dan memacing pembelian dalam aplikasi (kalau kamu mau terus bermain). Biasanya, saya kurang suka dengan sistem semacam ini. Namun kali ini saya tidak terlalu terganggu.

Terus terang, tipe permainan yang relatif mirip di berbagai mode bisa cukup membosankan. Durasi yang pendek dan sistem energi yang membatasi ini bisa mencegah kamu burnt out atau malah ilfil sebelum jauh bermain.

Jadi sejauh ini sih, permainan ini masih cukup menarik dan seru. Layak disimpan untuk mengisi waktu senggang dan menjadi alternatif permainan lain (misalnya kamu “meniti karir” di PUBG Mobile).

Nah, kalau kamu berminat, kamu bisa mengunduh game RPG Blade Bound ini baik di Play Store (Android) maupun di App Store (iOS).

Download (Android)

Download (iOS)


game blade bound
Deskripsi
Game
Genre
Action RPG, Hack and slash
Penerbit
Artifex Mundi
Platform