5 Browser Alternatif Google Chrome Terbaik Yang Perlu Kamu Coba

Google Chrome adalah browser yang paling banyak dipakai di dunia. Tapi mungkin tidak semua suka pakai browser satu ini. Kalau kamu mencari browser alternatif Google Chrome terbaik, kamu bisa mencoba salah satu dari beberapa yang kami tawarkan ini.

Jadi, kenapa mencari alternatif Google Chrome? Yah, banyak alasannya. Bisa karena integrasi ekosistem, bisa karena masalah privasi, atau hanya karena tidak suka tampilannya. Setiap orang punya alasannya sendiri.

Kita juga tahu kalau ada begitu banyak aplikasi browser. Namun, harus kita akui pula, dari sekian banyak itu, ada beberapa yang memiliki kepopuleran lebih. Entah karena fitur menarik atau, sekali lagi, karena masalah selera.

Berikut ini beberapa aplikasi browser alternatif Google Chrome yang layak kamu pertimbangkan.

Microsoft Edge

Microsoft Edge kini sudah memakai mesin yang sama dengan Google Chrome, yaitu berbasis Chromium. Walau begitu, Microsoft menambah bumbu tersendiri di aplikasi browser miliknya itu. Seperti web capture, collection, vertical tab, peralatan di sidebar (misalnya math solver), dll.

browser microsoft edge berbagai perangkat

Edge bisa menjadi pilihan terbaik jika kamu memakai ekosistem Microsoft, seperti Windows, Office, dll. Browser ini juga bisa jadi solusi jembatan antar perangkat seperti komputer Windows dengan ponsel Android atau iPhone.

Mozilla Firefox

Firefox merupakan browser alternatif Google Chrome yang populer. Browser ini juga memiliki beberapa fitur khas, seperti web capture (lebih baik dari Edge), Pocket (untuk membaca nanti), dan Monitor (melihat apakah emailmu masuk kasus pembobolan). Mozilla juga menawarkan layanan VPN berbayar.

firefox bisa jadi alternatif google chrome yang baik

Browser Firefox mungkin cocok buat kamu yang ingin beraktivitas secara independen. Dalam arti, tidak terikat pada perusahaan atau ekosistem tertentu. Namun harap diingat, karena mesin Firefox berbeda dari Chromium, kadang ada beberapa fungsi kecil yang kurang berfungsi selazimnya.

Vivaldi

Vivaldi mungkin merupakan browser yang paling powerful saat ini. Browser berbasis Chromium ini menawarkan fitur yang beragam. Mulai dari sistem sidebar untuk situs lain (misalnya WhatsApp dan Instagram), kalender dan email langsung di dalam browser, membuka situs berdampingan, catatan, dll.

browser vivaldi bisa jadi alternatif google chrome powerful

Vivaldi akan cocok buat kamu yang melakukan banyak hal di browser, termasuk multitasking. Dengan Vivaldi, kamu tidak perlu membuka tutup banyak tab (misalnya WhatsApp Web, email, dll). Oya, Vivaldi juga memiliki pilihan untuk privasi yang lebih baik.

Brave

Brave juga merupakan salah satu browser yang populer. Browser ini mengedepankan masalah privasi sebagai fokus utama. Brave menawarkan blokir iklan dan pelacakan, mempercepat akses internet, dan bahkan akses lebih pribadi dengan integrasi TOR.

Browser Brave juga berbasis Chromium. Namun dengan fitur yang mereka tawarkan, browser ini cocok untuk kamu yang peduli dengan privasi. Yah, mungkin bisa jadi pesaing Firefox. Selain itu, perusahaan ini juga membuat mesin pencari sendiri bernama Brave Search.

Opera

Opera sudah menjadi browser alternatif Google Chrome sejak lama, seperti Firefox. Browser ini dulu sangat populer bagi pengguna ponsel dengan aplikasi Opera Mini. Opera saat ini juga menawarkan berbagai fitur seru. Misalnya sidebar chatting (Messenger, WhatsApp, Telegram, dll) mirip seperti Vivaldi, ad-blocker, dan VPN.

Opera bisa jadi pilihan cocok untuk kamu yang ingin bisa tetap ngobrol sambil menelusuri internet, dan juga ingin privasi lebih. Opera juga menawarkan beberapa versi browser, seperti OperaGX untuk gaming online.

Browser Alternatif Google Chrome Lain

Tentu ada beberapa pilihan browser lain sebagai alternatif Google Chrome. Kalau kamu berada di ekosistem Apple, mungkin Safari menjadi pilihanmu. Lalu kalau kamu ingin memiliki privasi lebih di smartphone, kamu bisa mencoba browser DuckDuckGo.

Apapun pilihanmu, pastikan kamu mengenali semua fiturnya dan bisa memakainya untuk kegiatan sehari-hari dengan lancar. Selebihnya, mungkin masalah selera.

Selamat mencoba.

%d blogger menyukai ini: