Logo Baru Microsoft Edge Meninggalkan Era Internet Explorer

logo baru browser microsoft edge

Browser Microsoft Edge punya logo / ikon baru. Logo ini menampilkan identitas yang lebih segar dan meninggalkan kesan yang tersisa dari era Internet Explorer (IE).

Saat diumumkan pertama kali di tahun 2015, Edge memiliki logo yang mirip dengan IE. Yaitu dengan huruf “e” warna biru dan efek gerakan di bidang negatif warna putih.

Logo itu memancing diskusi yang menyebut kalau Microsoft masih ingin agar pengguna Windows 10 tetap familiar dengan Edge. Mengingatkan mereka pada IE yang pernah jadi browser nomor 1.

Namun seiring perkembangannya, Edge tetap tidak bisa bersaing dengan Chrome. Apalagi Chrome memiliki dukungan untuk begitu banyak ekstensi browser.

Begitulah akhirnya, tim Microsoft Edge beralih ke Chromium, versi open-source Chrome, sebagai basis baru untuk Edge. Dengan begitu memudahkan tingkat adaptasi sesuai dengan browser masa kini.

Browser Edge berbasis Chromium saat ini masih berupa versi beta (untuk insider). Kelihatannya, logo baru Microsoft Edge ini akan diperkenalkan ketika Microsoft sudah secara resmi mengumumkan versi Chromium ke publik.

perbandingan logo microsoft edge
Perbandingan logo baru dan lama

Ya, Microsoft memang belum memperkenalkan ikon ini secara resmi. Tim Edge memperkenalkan logo baru ini dalam permainan easter egg hunt berupa puzzle di forum r/MicrosoftEdge di Reddit. Permainan ini meliputi beberapa petunjuk yang kompleks yang harus dipecahkan.

Anggota forum itu secara aktif berusaha memecahkannya. Akhirnya, mereka berhasil mengumpulkan keping terakhir dan menyelesaikannya melalui permainan kecil di edge://surf (di browser).

Logo baru Microsoft Edge ini diterjemahkan sebagai sebuah gelombang yang merujuk pada aktivitas “berselancar” ketika kita menelusuri internet (“surf the web“). “Gelombang” ini (Edge) menjadi sarana kita berselancar di internet.

Logo ini juga terlihat lebih berwarna dengan gradasi warna biru ke hijau. Untuk browser, logo ini sedikit mengingatkan kita pada logo Mozilla Firefox yang juga menampilkan gerakan melingkar (si rubah) dan warna gradasi yang rancak.