Browser Microsoft Edge Baru Akan Tersedia Pertengahan Januari

logo baru browser microsoft edge

Microsoft sedang mengembangkan versi dari browser Edge yang berbasis Chromium. Dari acara Ignite 2019, Microsoft menyetakan kalau browser Edge baru ini akan tersedia untuk publik pada pertengahan Januari 2020.

Keputusan Microsoft untuk beralih pada Chromium sebagai basis browser andalannya memang cukup mengejutkan. Langkah ini merupakan salah satu langkah ketika Microsoft dan Google “mengubur kapak perang”. Untuk yang belum tahu, Chromium merupakan versi open-source dari browser Google Chrome.

Microsoft sendiri kelihatannya memang mengambil langkah taktis di berbagai bidang. Sebelum ini, mereka juga mengumumkan dukungan pada Linux, membuat smartphone lipat berbasis Android, Surface Duo, dan bekerjasama dengan Samsung untuk aplikasi Office dan layanan cloud, OneDrive.

Kembali ke browser Edge. Dengan berbasis Chromium, Edge bisa lebih fleksibel dalam perkembangan dan penggunaannya. Termasuk bisa memakai ekstensi untuk Chrome.

Di sisi lain, sebagai perusahaan yang fokus pada software bisnis, Microsoft juga menekankan banyak fungsi dan integrasi untuk kepentingan bisnis. Terutama untuk pengguna Office 365.

Microsoft membuat browser ini lebih mudah dalam mengakses aplikasi Office 365, seperti Word dan Excel, termasuk berbagai berkas di dalamnya.

sistem pencarian microsoft edge
Sistem pencarian menyeluruh

Selain itu, Microsoft juga mengintegrasikan fitur Microsoft Search dalam mesin pencari miliknya, Bing. Yang menarik, Microsoft Search juga merupakan aplikasi pencari terpadu yang ada di WIndows 10. Microsoft menyebutkan bahwa dengan fitur pencari ini, pengguna bisa melakukan pencarian dengan mudah baik di internet, intranet (jaringan di dalam perusahaan), Windows 10 dan tentu saja untuk Office 365.

Bahkan Microsoft juga enanamkan kemampuan pencari dengan bahasa yang “biasa”, seperti ketika mencari nama rekan, jabatan mereka, sampai lokasi kantor. Microsoft pun menawarkan fungsi peta untuk internal kantor untuk fungsi arahan.

fitur koleksi microsoft edge
Fitur koleksi Microsoft Edge

Lalu ada pula fitur ‘Koleksi’ (Collection) yang membuatmu mudah mengumpulkan berbagai konten dari internet, menata hasil riset, dan mengekspornya ke Word atau Excel.

Tentunya, dukungan yang ada tidak terbatas untuk layanan Microsoft saja. Namun juga layanan dan aplikasi dari berbagai rekan Microsoft yang lain.

Microsoft menyebutkan kalau browser Edge versi Chromium ini akan mulai tersedia untuk publik pada tanggal 15 Januari 2020. Dalam kesempatan ini, Microsoft juga memperkenalkan logo baru browser tersebut.