ByteDance Tolak Microsoft, Pilih Oracle Untuk Rekan TikTok di Amerika

ilustrasi tiktok oracle

Kabar dari drama TikTok di Amerika kembali hadir. Laporan terakhir menyebutkan kalau ByteDance menolak proposal Microsoft dan memilih Oracle sebagai rekan untuk TikTok di Amerika.

Sebelum ini kita sudah mengetahui kalau pemerintah Amerika mengancam akan memblokir TikTok di Amerika kecuali kalau ada perusahaan Amerika mengambil alih operasional media sosial itu di negeri Paman Sam.

Microsoft merupakan salah satu perusahaan teknologi yang mengejar pembelian TikTok tersebut. Di samping pembuat sistem operasi Windows itu, juga ada Oracle, Twitter, dll.

Perkembangan yang terjadi kemudian sangat menarik.

Microsoft menyatakan (via The Verge) kalau ByteDance tidak menjual operasional TikTok di Amerika pada mereka. Padahal Microsoft cukup percaya diri kalau penawaran mereka akan menguntungkan pengguna TikTok, sembari tetap menjaga keamanan nasional Amerika.

Beberapa jam setelah pernyataan Microsoft itu, The Wall Street Journal melaporkan kalau ByteDance memilih Oracle sebagai “rekan teknologi terpercaya”. Oracle akan membantu operasonal TikTok di Amerika melalui teknologi cloud mereka.

pusat data oracle

Sebelumnya, Microsoft berniat membeli operasional TikTok tidak hanya untuk wilayah Amerika, tapi juga Audtralia, Kanada, dan Selandia Baru. Peralihan proses dari “pembelian” ke “rekan terpercaya” ini tentu menunjukkan kalau ByteDance tidak ingin melepas TikTok begitu saja.

Oracle sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi sistem database dan cloud. Perusahaan ini menaungi beberapa perusahaan lain. Salah satunya adalah Sun Microsystems yang mengembangkan perangkat lunak MySQL dan Java.

Oracle juga punya riwayat kedekatan dengan pemerintah Amerika Serikat. Jadi kelihatannya memberikan status “rekan terpercaya” pada Oracle menjadi strategi tersendiri bagi ByteDance, alih-alih melepas TikTok begitu saja.

%d blogger menyukai ini: