Cara Mengatur Spasi di MS Word Dengan Cerdas

ilustrasi atur spasi di ms word

Mengatur spasi di dalam ketikan sangat penting karena hal ini bisa membuat dokumen yang kamu susun lebih mudah dibaca. Kali ini kami membahas cara mengatur spasi secara menyeluruh di tutorial MS Word ini, sehingga format ketikan lebih konsisten.

Mengenal Spasi

Spasi pada dasarnya merupakan jarak antar obyek. Di MS Word, kamu bisa mengatur jarak antar karakter (huruf), antar baris (line), dan antar paragraph atau komponen seperti judul dan sub judul.

Pengaturan spasi antar karakter bisa membuat jarak antar huruf lebih sempit atau lebih lebar. Hal ini berpengaruh pada enak tidaknya teks dibaca. Terlalu dekat atau lebar bisa membuat tulisan sulit di baca.

Sedangkan pengaturan spasi pada baris dan paragraf bisa membuat pembaca lebih mudah mengenali struktur dokumen. Misalnya jarak sebelum judul lebih besar sehingga pembaca bisa tahu kalau itu bagian yang terpisah dari paragraf sebelumnya.

Mengatur Spasi Karakter

Sebenarnya, kamu tidak perlu mengatur jarak antar karakter atau huruf lebih lanjut. Kecuali jika kamu memakai font tertentu yang kamu anggap punya jarak antar huruf yang kurang enak dibaca.

Cara mengatur spasi antar karakter (character spacing):

  1. Seleksi kata atau kalimat atau paragraph yang ingin kamu ubah,
  2. Klik tombol panah di sudut kanan bawah bagian Font pada Ribbon atau tekan pintasan Ctrl + D,
  3. Pilih Expanded untuk memperbesar atau Condensed untuk memperkecil,
  4. Kamu bisa mengatur berapa Point (pt) untuk jarak antar karakter itu,
  5. Klik OK.

Mengatur Spasi Baris & Paragraf

Mengatur spasi antar baris cukup penting mengingat hal ini sering jadi persyaratan dokumen tertentu (misalnya standar karya tulis, lamaran pekerjaan, dll).

Cara mengatur spasi antar baris (lines spacing):

  1. Seleksi paragraph yang ingin kamu ubah,
  2. Klik tombol Spasi Baris dan Paragraf di bagian Paragraf pada Ribbon,
  3. Pilih jarak yang kamu inginkan untuk spasi antar baris (1, 1,5, 2, dst),
  4. Pilih apakah kamu mau menambah jarak sebelum dan sesudah paragraf.

Mengatur Spasi Berdasar Elemen Dokumen

Nah, fitur ini yang saya suka. Karena dengan cara  ini, kamu bisa mengatur spasi untuk baris dan paragraph di MS Word secara menyeluruh.

Jadi begini, pada dasarnya konten dokumen itu memiliki beberapa elemen dasar. Misalnya paragraph, judul utama (Title), judul bagian (Heading 1, Heading 2, dst), quote, dll. Dengan mengatur tiap elemen itu, kamu bisa mengatur semua yang ada di dalam dokumen sekali jalan.

Ya, memang dengan cara sebelumnya juga bisa jika kalau menyeleksi semua bagian terkait. Tapi lebih repot. Cara ini lebih simpel walau mungkin agak lebih Panjang langkahnya.

Lalu, kalau kamu sudah punya bayangan konsep dokumen, kamu juga bisa mengaturnya di awal sebelum mengetik atau di akhir setelah selesai selesai. Jadi tidak sibuk seleksi ini itu saat mengetik.

Cara mengatur spasi berdasar elemen:

  1. Klik tombol panah di kanan bawah bagian Styles pada Ribbon, atau tekan pintasan Alt + Ctrl + Shift + S.
  2. Akan muncul jendela yang menunjukkan daftar elemen dokumen.
    • Kamu bisa menyematkannya di samping jika mau (ini lebih enak).
    • Kamu bisa memilih untuk menunjukkan preview tampilan dengan centang Show Preview.
  3. Klik salah satu elemen (misalnya Normal untuk paragraph biasa) dan tekan tanda panah untuk membuka menu.
    • Lebih baik posisikan kursor pada elemen terkait (misal di paragraph biasa untuk Normal). Karena kalau kita klik di elemen yang berbeda, bagian yang aktif bisa berubah menjadi elemen yang dipilih (misal kamu sedang membuat daftar lalu klik Normal maka kalimat tempat kursor berada akan berubah jadi paragraph biasa).
  4. Tekan tombol Modify.
  5. Akan muncul jendela yang menunjukkan pengaturan seperti di bagian Font dan Paragraf di Ribbon.
  6. Klik tombol Format, lalu pilih Paragraph
  7. Akan muncul jendela yang menunjukkan pengaturan lebih jauh untuk baris dan paragraph.
  8. Atur spasi
    • Pada bagian Spacing untuk jarak sebelum atau sesudah paragraph,
    • Pada bagian Lines Spacing untuk jarak antar baris.
  9. Jika sudah puas, tekan OK.

Nah itulah berbagai cara mengatur spasi di MS Word, baik untuk karakter (huruf), baris, dan paragraph. Kalau kamu menerapkannya dengan benar, maka ketikanmu terlihat lebih rapi dan enak dibaca.

Selamat mencoba.


PELAJARI TIPS MS WORD LAIN


%d blogger menyukai ini: