Tutorial Cara Membuat Live Video di Instagram

instagram for iphone

Akhirnya, setelah fitur Instagram Live diumumkan akhir tahun lalu, Live Video Instagram dirilis secara global. Fitur baru Instagram ini memungkinkan kita membuat tayangan langsung dari aplikasi Instagram. Seperti juga live video di Facebook, follower bisa langsung bergabung dan memberi komentar.

Interaksi langsung lewat video memang semakin populer. Baik dengan group video call di aplikasi chatting, atau melakukan siaran langsung seperti ini. Nah, silakan baca tutorial cara membuat live video Instagram di bawah ini supaya kamu bisa berbagi momen seru bersama follower-mu.

Tutorial Cara Live di Instagram

  1. Buka aplikasi Instagram.
  2. Geser layar (swipe) ke kanan atau tekan tombol kamera  di pojok kiri atas.
  3. Di bawah tombol rekam (lingkaran di bagian bawah tengah) ada beberapa pilihan.
    Geser/swipe ke kanan pilihan itu untuk memilih ‘LIVE‘ (tekan tombolnya langsung juga bisa).
  4. Tekan tombol ‘Start Live Video‘ untuk mulai merekam.

Silakan lihat gambar di bawah ini supaya lebih jelas.


Baca juga: Menggunakan Instagram di PC Bisa Dilakukan


cara live video instagram

Cara Live di Instagram

Mulai merekam live video instagram

Mulai merekam, lihat siapa yang menonton, dan memberi komentar

Instagram akan memberitahu semua follower-mu saat kamu menayangkan Live Video. Kamu bisa melihat siapa saja yang bergabung menonton dan memberi komentar di bagian bawah layar.

Kalau sudah selesai membuat Live Video Instagram, tekan tombol ‘END‘ di bagian kanan atas layar. Kamu akan mendapat konfirmasi untuk tindakan itu, beserta laporan siapa saja yang sudah menonton Live Video tersebut.

Sedangkan untuk melihat live video teman atau orang yang kamu ikuti, lihat di jajaran foto profil Instagram Stories. Akan ada profil dengan tulisan LIVE di sana.

Kenapa Instagram tidak bisa live

Mungkin ada yang¬†bingung dengan tutorial cara live video Instagram di atas, atau punya pertanyaan “Kenapa saya tidak menemukan tombol live seperti yang ada di gambar?” Sayangnya¬†saya belum menemukan informasi resmi baik dari pihak Instagram atau Facebook. Akan tetapi beberapa pengguna dengan Android versi 4.1.x ke bawah tidak bisa mendapatkan fitur live video¬†Instagram ini.

Jadi jika kalian masih menggunakan Android versi 4.1.x silakan update sistem operasi Android-nya atau jika tidak bisa, saatnya ganti smartphone baru yang sudah mendukung fitur Instagram Live Video ini.


Baca juga: 4 Langkah Cara Membuat Instagram Stories


Facebook memang sedang gencar merilis banyak fitur. Termasuk fitur live video yang sedang jadi tren. Sebelum ini fitur tersebut sudah hadir di aplikasi Facebook sendiri. Sekarang, aplikasi Instagram yang dimiliki oleh Facebook pun menghadirkannya.

Nah sekarang terserah kamu. Melihat cara di atas, tidak susah kan cara Live di¬†Instagram? Sejauh yang saya perhatikan, pengguna Instagram juga dengan cepat mengadaptasi fitur terbaru ini. Dari pagi sampai siang ini, saya sudah melihat beberapa live video muncul. Jadi jangan sampai ketinggalan. ūüėČ

Ada komentar?