Windows 10 Pensiun di Tahun 2025, Windows 11 On the Way!

Microsoft umumkan dukungan terakhir Windows 10 rilis tahun 2025. Tanda Windows 10 pensiun dan Windows 11 bakal segera meluncur?

Dukungan terakhir untuk Windows 10 akan diberikan pada tanggal 14 Oktober 2025. Hal ini diketahui lewat sebuah postingan dari Microsoft yang berbunyi, “Microsoft akan terus mendukung setidaknya satu Windows 10 Semi-Annual Channel sampai 14 Oktober 2025.

Beberapa pihak berspekulasi kalau postingan ini mengindikasikan kehadiran Windows 11. Tapi menurut Wayback Machine, unggahan tersebut telah ada di situs web khusus Windows sejak September 2020. Kalau dugaan itu benar, maka Windows 10 bakal pensiun setelah berumur 10 tahun (Windows 10 rilis tahun 2015).

Memang, Microsoft awalnya mengatakan kalau Windows 10 bakal jadi versi terakhir Windows. Mereka bakal merilis pembaruan besar Windows dalam beberapa tahun sekali, dan pembaruan kecil setiap bulan.

Sumber : 5foq

Namun Microsoft juga pernah berkomitmen untuk memberikan 10 tahun dukungan buat Windows 10, dengan tanggal akhir dukungan arus utama asli ditetapkan pada tanggal 13 Oktober 2020.

Jika mengikuti info tersebut, maka tanggal dukungan arus utama Windows 10 sudah kelewat. Toh Windows 10 masih terus diperbarui. Di sisi lain, dengan adanya kabar dukungan yang akan “benar-benar berakhir” di tahun 2025, itu artinya umur Windows 10 hanya tersisa 4 tahun lagi.

Kalau Windows 10 bakal pensiun, kemungkinan besar penerusnya kini tengah dalam perjalanan. Apalagi selama ini Microsoft telah memberikan banyak petunjuk soal keberadaan Windows 11.

Rumor Windows 11

Dimulai dari kabar Microsoft yang akan menggelar acara khusus Windows minggu depan. Diprediksi, dalam acara tersebut mereka bakal mengungkapkan “generasi berikutnya” dari Windows 10.

Sumber : Microsoft

Nah, undangan acara tersebut menampilkan gambar jendela yang diterpa cahaya dari luar. Dan yang bikin kaget adalah, bayangan jendela justru terlihat seperti angka “11.”

Bocoran lain seputar Windows 11 juga sempat diungkapkan eksekutif Microsoft selama berbulan-bulan. Sementara bocoran terakhirnya rilis minggu lalu, yakni berupa video remix suara startup Windows berdurasi 11 menit (lagi-lagi segala sesuatunya berbau angka 11).

Tentu saja yang jadi pertanyaan adalah, “apa perubahan besar yang bakal dihadirkan Windows 11?” Kalau kamu sering mengikuti update terbaru soal rumor Windows 11, kamu mungkin sudah dapat gambaran.

Jadi gosipnya, Windows 11 bakal mendapat tampilan visual yang baru. Hal ini diungkapkan langsung oleh Microsoft saat mereka mengumumkan tengah mengerjakan Windows dengan nama kode “Sun Valley.”

Nah di Sun Valley ini, gosipnya perubahan bakal terjadi di Start Menu, ikon sistem baru, tampilan File Explorer, serta berbagai elemen akan memiliki sudut melengkung (bukan sudut tajam seperti versi sekarang).

Yah, bagaimana pun juga, Windows 10 memang sudah cukup lama menemani kita. Apalagi Windows 10 juga bisa dibilang telah dijadikan “anak emas” oleh Microsoft.

Pasalnya ini adalah OS yang paling lama tak diganti-ganti oleh Microsoft. Dari pada menggantinya, Microsoft lebih suka menambahkan lebih banyak layanan, sampai memperbaruinya fitur-fitur yang ada di dalamnya.

Jadi kalau ada kabar Windows 10 bakal pensiun, rasanya sah-sah saja ya kan? Lagipula, seperti sistem operasi Windows sebelumnya, dukungan pembaruan biasanya bisa diperpanjang.

%d blogger menyukai ini: