Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Mengganti Akun Google Chrome Yang Lengkap Baik Di Komputer Maupun Ponsel

ilustrasi mengganti akun google chrome
Anom Penulis

Login akun Google di Chrome memang memudahkan dalam pemakaian sehari-hari. Tapi mungkin ada yang bingung dengan cara mengganti akun Gooogle Chrome.

Soal Login Dengan Akun Google di Chrome

Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita bahas lebih dulu soal login dengan akun Google di browser Chrome.

Google Chrome merupakan browser yang paling banyak dipakai. Lalu hampir semua orang juga punya akun Google melalui email Gmail. Selain itu, Google Drive beserta Docs, Sheet, Meet, dll semakin populer.

Manfaat Login di Chrome

Dengan login di Google Chrome, kamu bisa memangkas waktu, tidak perlu masuk ke tiap aplikasi atau layanan satu persatu. Karena Chrome sudah tahu kalau kamu masuk dengan akun Google.

Selain itu, jika kamu memanfaatkan penyimpanan password di Chrome, kamu juga tidak perlu lagi mengingat dan memasukkan password website atau aplikasi online. Cukup gunakan pengisian otomatis dan konfirmasi saja.

Lalu masih ada lagi. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur sinkronisasi. Dengan begitu, website yang kamu buka di komputer akan tersimpan, dan bisa kamu buka di ponsel jika ingin melanjutkan membacanya. Begitupun sebaliknya.

Jadi, ada cukup banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika login di Google Chrome. Terutama jika kamu banyak memakai layanan Google.

Kekurangan Login di Chrome

Sejujurnya, tidak banyak kekurangannya. Kekurangan yang paling praktis adalah ketika ada teman atau anggota keluarga yang pinjam laptop atau hp untuk browsing.

Karena akunmu masih berada di Chrome, jika orang itu membuka Gmail, YouTube, Google Drive, dll, maka yang terbuka adalah akun milikmu. Tentu ini tidak nyaman. Ya kan?

Selain itu, yah… kalau kamu bersandar pada platform lain, misalnya pakai layanan Microsoft, maka login di Google Chrome kurang akan bermanfaat. Dalam hal ini, tentu kamu lebih baik pakai browser Microsoft Edge.

Baca Juga:  Google Tambah Fitur Journey di Chrome untuk Meneruskan Pencarian

Kemudian, ada juga yang tidak merasa nyaman login di Chrome karena takut aktivitasnya dilacak untuk kebutuhan iklan. Yah, wajar. Tapi kalau kamu menggunakan layanan Google secara gratis, hal itu dimungkinkan karena ada iklan.

Cara Mengganti Akun Google Chrome

Nah, karena browser Google Chrome tersedia di berbagai perangkat, mari kita lihat prosesnya satu persatu (yang sabar ya, mas penulis)

1. Di browser komputer (Windows/macOS)

Sebenarnya langkahnya sangat mudah. Cara mengganti akun Google Chrome di browser desktop adalah dengan klik gambar profil di toolbar, lalu pilih profil lain yang ada di sana. Itu saja.

gambar tangkapan layar buka menu profil chrome
menu profil di Chrome

Tapi mungkin kamu tidak ingin memakai akun Tamu (Guess) dan ingin ada profil lain. Nah, untuk ini, ikuti langkah berikut.

a. Cara Membuat profil Chrome

  • Tekan gambar profil di Chrome
  • Tekan tombol + Add di bagian bawah menu yang muncul.
  • Kamu bisa memilih membuat profil dengan masuk ke akun Google atau tanpa masuk.
  • Jika masuk dengan akun, klik Sign in, lalu ikuti instruksi untuk login ke akun Google.
  • Jika tanpa akun, klik Continue without an account. Kamu akan diminta untuk membuat profil (tambah gambar, tulis nama, dan pilih warna).
gambar tangkapan layar pilihan membuat profil baru di chrome
Pilihan membuat profil di Chrome

Nah, sekarang kamu bisa berpindah profil dengan mudah. Tinggal klik gambar profil, dan pindah ke profil yang lain.

Tapi bagaimana kalau kita sudah tidak ingin profil atau akun kita ada di browser itu?

b. Cara menghapus profil Chrome

  • Tekan gambar profil untuk membuka menu.
  • Tekan ikon gerigi di sebelah kanan tulisan Other profiles.
  • Klik tombol titik tiga pada profil yang ingin kamu hapus.
  • Lalu klik Delete.
  • Konfirmasi tindakan dengan klik Delete kembali.
gambar tangkapan layar hapus profil chrome
menghapus profil di Chrome

2. Di Browser Ponsel (Android/iOS)

Cara mengganti akun Google Chrome di smartphone, baik Android maupun iOS (iPhone) merupakan kebalikan dari di komputer. Caranya secara bawaan alias default tidak praktis.

Sejauh ini, sampai artikel ini ditulis, jika kita ingin memakai browser yang sama, adalah dengan keluar dari akun satu dan masuk dengan akun yang lain.

a. Cara mengganti akun Google Chrome di Android

  • Tekan gambar profil di Chrome.
  • Pilih akun Google milikmu.
  • Tekan Sign out and turn off sync.
  • Tekan tombol Continue.
  • Di halaman Setting, pilih Choose another account.
  • Pilih akun lain atau tambahkan jika belum ada.
  • Tekan tombol Yes, I’m in ketika di tanya Turn on sync.
Baca Juga:  5 Cara Mengatasi Sambungan Tidak Aman di Chrome, Terlengkap dan Termudah!

b. Cara mengganti akun Google Chrome di iOS

  • Di browser Chrome, tekan gambar profil di pojok kanan atas.
  • Tekan Sign Out.
  • Pilih Clear Data atau Keep Data (ini tergantung keinginanmu mau menghapus data atau tidak).
  • Di halaman Setting, tekan Choose Another Account.
  • Pilih akun lain jika sudah ada, tambahkan jika belum ada.
  • Tekan tombol Yes, I’m In untuk mengaktifkan sync.

c. Cara Alternatif untuk Android

Kalau kamu mau tetap pakai browser Chrome tapi dengan dua akun berbeda, ponsel Android masih memberikan alternatif lainnya.

Kamu bisa memakai fitur Dual Apps atau Clone Apps atau sejenisnya di ponselmu untuk memasang satu aplikasi Chrome yang lain. Jika tidak ada fitur seperti itu di ponsel Android-mu, kamu bisa coba install aplikasi  Parallel Space.

Cara ini juga merupakan trik yang sering dipakai untuk bisa memakai 2 nomor WhatsApp berbeda di satu ponsel (selain dengan akun bisnis).

Kesimpulan

Bisa kamu perhatikan dari langkah-langkah di atas bahwa cara mengganti akun Google Chrome di desktop dan mobile punya perilaku berbeda.

Google memberikan langkah yang lebih fleksibel di PC atau laptop, karena kemungkinan untuk dipakai bersama lebih besar. Sedangkan di hp, yah… biasanya hanya kita sendiri yang memakainya.

Walau begitu, seharusnya juga ada cara yang mudah untuk berganti akun atau profil. Karena, ada juga kemungkin seseorang memakai email kantor dan email personal dalam satu ponsel.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bagaimana berpindah antar akun di browser Google Chrome. Semoga tutorial ini bisa mencerahkan pikiranmu.


Jangan lupa juga baca juga artikel seru seputar teknologi lainnya di Urbandigital. Baca juga berbagai artikel soal gadget, aplikasi, game, atau tutorial lain dari saya, Anom

Jika ada pertanyaan atau saran lebih lanjut, bisa tulis di kolom komentar, atau kirim email ke [email protected] Jangan lupa, ikuti kami di Google News.