Cara Menggunakan Dua WhatsApp Di Satu Handphone

install whatsapp

Mungkinkah menggunakan dua WhatsApp atau WhatsApp ganda di satu handphone? Bisa saja. Coba saja langkah berikut ini.

Kondisinya mungkin seperti ini. Kamu memakai dua nomor di satu handphone (tentunya yang mendukung dual SIM card). Lalu kamu ingin punya dua WhatsApp untuk masing-masing nomor untuk kepentingan yang berbeda.

Hm, ya memang biasanya seperti itu. Yang satu untuk keperluan pribadi, yang lain untuk kepentingan bisnis atau jualan. Sehingga tidak tercampur aduk.

WhatsApp sejauh ini masih terikat pada satu nomor telepon saja. Belum ada dukungan dua akun atau lainnya. Sedikit berbeda dengan Telegram yang mendukung multi akun.

BACA JUGA
Kelebihan Telegram Dibanding WhatsApp

Bagaimana Dua WhatsApp Bekerja?

Secara logika sebenarnya cukup sederhana. Kalau WhatsApp belum mendukung dua nomor telepon, ya kita menggunakan dua aplikasi WhatsApp di satu telepon.

Jadi yang kita lakukan sebenarnya adalah menggandakan, duplikat, atau kloning aplikasi. Beberapa handphone memiliki fitur ini di dalamnya. Terutama handphone produksi Cina.

Kalau tidak salah, Xiaomi menyebutnya Dual Apps, Oppo menyebutnya Clone App, dan Vivo menyebutnya App Clone. Saya pernah menyinggungnya sedikit ketika membahas fitur Funtouch OS yang ada di Vivo V7+.

Tapi bagaimana dengan yang tidak memiliki fitur itu?

Cara Membuat WhatsApp Ganda

Pada dasarnya sama saja dengan fitur tersebut di atas. Yaitu dengan duplikat aplikasi. Dalam hal ini tentu saja kloning WhatsApp.

Namun di sini kita memanfaatkan bantuan aplikasi lain yang bernama Parallel Space. Seperti namanya, aplikasi ini akan menciptakan ruang tersendiri tempat kamu bisa memasang berbagai aplikasi. Sayangnya, trik ini baru berjalan di Android.

BACA JUGA
Cara Mengganti Nomor Telpon di WhatsApp yang Benar

Nah, caranya sederhana. Ini yang harus kamu lakukan.

  1. Download aplikasi Parallel Space.
  2. Buka aplikasi. Kamu akan melihat daftar aplikasi yang ada di handphone-mu.
  3. Pilih aplikasi yang ingin kamu kloning (dalam hal ini WhatsApp).
  4. Tekan tombol ‘Tambahkan ke Parallel Space‘.
  5. Aplikasi akan dipasang, lalu kamu akan dibawa ke halaman Parallel Space.
  6. Buka aplikasi (WhatsApp) dan daftar akun lainnya seperti biasa.

memasang dua whatsapp atau whatsapp ganda di satu handphone

Untuk memudahkan akses ke aplikasi kloning WhatsApp, kamu bisa membuat shortcut di Home Screen. Tekan dan tahan ikon aplikasi, lalu geser ke pilihan ‘Buat Pemintas‘. Kamu sudah bisa menggunakan aplikasi tersebut seperti biasa (jangan kuatir. ikon aplikasi WhatsApp asli dan duplikat WhatsApp berbeda).

Itulah trik memakai dua WhatsApp dalam satu handphone. Lalu seperti kamu lihat, trik ini juga berfungsi untuk aplikasi lain. Jadi kalau kamu memang butuh membuat kloning aplikasi, ulangi saja langkah di atas.

Ada komentar?