Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Menggunakan Microsoft Office 365 Dengan Gratis Secara Online

microsoft office online
Anom Penulis

Bukan rahasia lagi kalau Microsoft Office sudah menjadi program andalan dalam mengolah dokumen. Tapi tahukah kamu kalau ada cara menggunakan Microsoft Office 365 dengan gratis? Caranya adalah dengan mengakses layanan itu secara online.

Mari kita bahas lebih jauh setahap demi setahap.

Mengenal Microsoft Office Online

Microsoft Office online merupakan layanan berbagai aplikasi pengolah dokumen dari Microsoft yang tersedia di web. Secara resmi, layanan ini disebut sebagai “Office for the Web.”

Layanan ini  bisa digunakan baik oleh pengguna yang berlangganan Office 365, maupun pengguna gratis. Office online bisa dipakai melalui berbagai browser modern, seperti yang berbasis Chromium (Chrome, Edge, Opera, Vivaldi, dll), Firefox, maupun Safari.

Jadi, layanan ini serupa dengan apa yang ditawarkan oleh Google (Docs, Sheet, Slide, dll). Dengan begitu layanan ini memberi keuntungan buat kamu yang bisa memakainya di mana saja dan kapan saja dengan gratis.

Microsoft kemudian mengubah nama layanan ini. Dari Microsoft Office menjadi Microsoft 365.

Cara Menggunakan Microsoft Office 365

1. Masuk dengan akun Microsoft

Bukalah halaman situs microsoft365.com. Masuklah dengan akun Microsoft milikmu dengan menekan tombol Masuk (Sign in) di pojok kanan atas.

gambar tangkapan layar situs microsoft 365 online

Kamu bisa masuk baik dengan akun Microsoft 365 atau akun Microsoft biasa (dengan email outlook.com, live.com, atau hotmail.com).

Jika kamu belum punya, klik tulisan “Daftar untuk versi gratis Office” (Sign up for the free version of Office). Lalu ikuti instruksi untuk membuat akun Microsoft (email Microsoft).

Kamu mungkin akan diminta memberi konfirmasi pembuatan akun di alamat email Microsoft yang baru kamu buat itu. Setelah itu, kembali ke microsoft365.com dan masuk dengan email tersebut.

2. Pilih Buat Dokumen, Template, atau Aplikasi

Setelah masuk, kamu akan melihat bidang kerjamu. Kamu bisa mulai membuat dokumen melalui beberapa cara.

a. Membuat dokumen langsung

cara menggunakan microsoft office 365 online

Jika kamu ingin langsung membuat dokumen, kamu bisa klik salah satu jenis dokumen yang ada. Misalnya dokumen Word atau lembar kerja Excel. Nanti akan ada tab browser baru terbuka dengan dokumen baru.

Baca Juga:  3 Cara Membuat PowerPoint yang Menarik dan Mudah untuk Pemula

b. Pilih template

Selain itu, kamu bisa menekan tombol + Create di sidebar untuk membuat dokumen baru. Nanti kamu akan melihat berbagai pilihan template. Tinggal pilih template dokumen apa yang sesuai dengan kebutuhanmu.

c. Buat dokumen di aplikasi

Kamu juga bisa mengeksplorasi template berdasar aplikasi Office yang ada. Klik salah satu aplikasi di sidebar untuk membuka aplikasi tersebut (misalnya Microsoft Word).

Nanti tab baru akan terbuka dan menampilkan bidang kerja aplikasi bersangkutan. Kamu bisa memilih template yang tersedia di sana. Termasuk jika ingin membuat dokumen baru yang kosong.

3. Akses Dokumen Lewat Riwayat, Disematkan, dan Dibagikan

Di bawah daftar jenis dokumen, kamu akan melihat berbagai daftar file. Ada tiga bagian di sana. Yaitu Riwayat Dokumen (Recent), Disematkan (Pinned), dan Dibagikan dengan saya (Shared with me).

Gunakan tiga bagian itu untuk mengakses dokumen dengan cepat. Kamu bisa melihat dokumen yang kamu edit terakhir di bagian riwayat, membuka dokumen penting yang kamu sematkan, atau melihat dokumen yang dibagikan oleh teman.

Jadi kamu tidak perlu membuka aplikasi terlebih dahulu. Kamu bisa langsung membuka dokumen yang bersangkutan.

4. Berbagi Dokumen Untuk Kolaborasi

Salah satu hal paling menarik dari layanan pengolah dokumen online adalah kemampuan untuk berbagi dan berkolaborasi. Kamu bisa mengirim tautan dokumen ke temanmu supaya ia bisa masuk dan ikut mengerjakannya.

Untuk melakukannya, kamu tinggal tekan tombol ‘Share‘ di sebelah kanan atas. Lalu atur batasan untuk mereka yang kamu undang. Apakah mereka bisa mengedit dokumen atau tidak.

Kamu bisa mengirim tautan dokumen itu melalui email (dengan memasukkan nama kontak) atau menyalin tautan dan mengirimnya lewat aplikasi lain (misalnya WhatsApp).

5. Beri Komentar Bagian Tertentu

Sebagai bagian dari kerja kolaborasi, kamu bisa memberi komentar di bagian tertentu. Misalnya jika ada kalimat yang salah di Word atau formula yang salah di Excel.

Nanti di bagian tersebut akan muncul ikon komentar. Komentar itu sendiri akan muncul di bagian sidebar kanan sebagai thread.

Untuk melakukannya, kamu pilih bagian yang akan kamu beri komentar. Lalu klik kanan dan pilih ‘New‘. Kotak percakapan baru akan muncul di sidebar kanan. Kamu tinggal mengisi komentar dan mengirimnya.

6. Unggah File

Jika kamu mendapat file dokumen dari teman dan butuh mengeditnya, juga jangan kuatir. Kamu bisa memakai Microsoft Office 265 online untuk melakukannya.

Tinggal masuk ke dasbormu, lalu klik tombol Upload di sebelah kanan daftar dokumen terbaru. Unggah file tersebut dan kamu bisa mengerjakannya.

Baca Juga:  Microsoft Bikin Aplikasi Desain Mirip Canva

Keunggulan Microsoft Office 365 Online

Microsoft Office 365 versi online yang gratis ini jelas tidak selengkap versi berbayar. Namun, untuk pemakaian secara umum, kamu sudah bisa menikmati cukup banyak fitur menariknya.

1. Ada Berbagai Aplikasi

Microsoft Office meliputi berbagai aplikasi. Begitu juga untuk versi web. Untungnya Microsoft memberikan cukup banyak aplikasi yang bisa kita pakai secara gratis.

daftar aplikasi versi gratis

Aplikasi untuk versi gratis meliputi: Word, Excel, PowerPoint, Forms (formulir), Outlook (email), OneNote (catatan), To Do (daftar tugas), Kalender, OneDrive (penyimpanan cloud), Skype, dan ClipChamp (edit video).

2. Mirip dengan Microsoft Office di Komputer

Microsoft Office memiliki berbagai peralatan yang terletak di ribbon. Asiknya, tampilan ribbon ini cukup mirip. Jadi cara menggunakan Microsoft Office 365 versi online tidak jauh berbeda dengan versi offline.

Misalnya, di Word Online, tab untuk Ribbon seperti Design dan Mailing tidak tersedia. Lalu Word Online juga tidak bisa menambah dan mengedit obyek, seperti bentuk (shape) dan text box.

Tapi aplikasi Word online memiliki integrasi dengan aplikasi Designer dari Microsoft. Jadi nantinya akan menjadi lebih powerful lagi.

3. Otomatis Menyimpan Dokumen

Karena aplikasi ini bersifat online, maka penyimpanannya pun dilakukan secara online di OneDrive. Proses penyimpanan dokumen pun berlangsung secara otomatis. Jadi kamu tidak perlu menekan tombol shortcut Ctrl+S setiap kali mau menyimpan.

Penyimpanan di cloud ini juga menguntungkan. Kamu bisa membukanya kapan saja di mana saja, bahkan hanya bermodal browser.

Bahkan bisa kamu sinkronkan dengan aplikasi Office di berbagai perangkat. Karena aplikasi Office yang terpasang di komputer pun sudah bisa tersinkronisasi secara online.

4. Sinkron dengan Aplikasi di Smartphone

Karena berkas dokumen tersimpan di OneDrive, kamu bisa dengan mudah menemukan dan membuka dokumen tersebut di aplikasi Office di smartphone. Berkas tersebut akan tampil sama seperti yang terakhir kamu edit di Office online.

Jadi, di manapun kamu berada dan kapan saja, kamu tetap bisa membuka dokumen Microsoft Office secara gratis. Tidak perlu menunggu berada di depan komputer.

What’s Next

Sekarang kamu sudah tahu cara menggunakan Microsoft Office 365 dengan gratis. Termasuk juga berbagi dokumen dan bekerja kolaborasi bersama teman.

Memakai Microsoft Office secara online ini jelas menjadi solusi jitu untuk bekerja. Apalagi, seperti kita ketahui bersama, pengguna program seperti Word atau Excel ada banyak. Jadi kamu tidak perlu takut beda format.

Selamat mencoba. Jika masih ada yang ingin ditanyakan silakan ajukan lewat kolom komentar di bawah.