Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Microsoft Designer Hadir, Apple Music dan Apple TV+ Meluncur untuk Windows

microsoft surface events 2022
Gambar: Microsoft
Anom Penulis

Di dalam Surface Event 2022, Microsoft mengumumkan pembaruan perangkat Surface dan informasi aplikasi seru. Ada Microsoft Designer yang bertenaga AI dan integrasi aplikasi Apple di Windows.

Surface Event kali ini berlangsung pada tanggal 12 Oktober 2022 pukul 21:00 WIB. Panos Panay, Chief Product Officer Microsoft, membuka acara ini dengan merayakan 10 tahun perangkat Surface.

Pembaruan lini Surface sendiri tidak terlalu mencolok. Sebagian besar merupakan peningkatan spesifikasi dan pembaruan detil teknologi di dalam perangkat bersangkutan.

Aplikasi Baru di Ekosistem Windows

Di sisi lain, Microsoft juga mengumumkan kehadiran aplikasi Designer yang berbasis AI, juga kehadiran Apple Music, TV+, dan integrasi iCloud langsung di File Explorer Windows.

Microsoft Designer

Kehadiran aplikasi ini sebelumnya sudah sempat dibocorkan oleh leaker Walking Cat. Dari bocorannya waktu itu, aplikasi Microsoft Designer terlihat mirip seperti Canva.

Aplikasi ini akan menjadi tempat seseorang membuat desain posting media sosial, poster, thumbnail YouTube, dan masih banyak lagi. Kedengaran sama saja kan?

Tapi di acara Surface Event ini, Microsoft mengumumkan sesuatu yang lebih unik. Aplikasi Microsoft Designer didukung oleh teknologi AI paling canggih, termasuk DALL-E 2.

Microsoft menyebutkan bahwa ketika kamu mulai mendesain, kamu tidak perlu repot memilih template. Kamu bisa mengetik deskripsi apa yang ingin kamu buat dan AI akan menawarkan pilihan desainnya.

Seiring kamu menambahkan berbegai elemen — misalnya teks atau gambar lain — aplikasi akan mengintegrasikannya secara otomatis dengan sekali klik menjadi berbagai variasi pilihan.

gambar soal memulai desain di microsoft designer
Gambar: Microsoft

Microsoft pun mengintegrasikan aplikasi ini lebih dalam melalui Bing dan Edge lewat fitur Image Creator. Saat ini, Microsoft Designer masih dalam tahap uji coba.

Baca Juga:  Microsoft Rencanakan Rilis Perangkat Streaming Game untuk TV

Kamu bisa mendaftar akses dini lewat situs designer.microsoft.com. Selain itu, Microsoft juga menghadirkan situs Microsoft Create sebagai pusat berbagai aplikasi untuk berkreasi.

Apple Music, TV+, dan iCloud di Windows

Dalam beberapa tahun terakhir, Microsoft berusaha membuat Windows menjadi sistem operasi yang terbuka dengan berbagai macam integrasi. Misalnya, yang sudah terjadi, kehadiran aplikasi Android di Windows 11.

Kini Microsoft menengok ke arah lain, yaitu Apple. Microsoft akan menghadirkan aplikasi Apple Music, Apple TV+, dan iCloud di Xbox dan Windows 11.

Dengan integrasi langsung iCloud, kamu bisa melihat foto-foto dari iPhone di Windows 11. Tentunya jika kamu mensinkronkannya dengan iCloud.

gambar foto iCloud di file explorer windows 11
gambar: Microsoft

Kamu sudah bisa mengunduh aplikasi iCloud untuk Windows di Bursa Microsoft. Install aplikasi ini dan lihat foto dari iPhone langsung di File Explorer Windows 11.

Kemudian, selama ini pengguna layanan Apple harus menikmati hiburan melalui aplikasi iTunes. Namun nantinya, aplikasi Apple Music dan Apple TV+ akan hadir di Windows. Bahkan, saat ini kedua aplikasi tersebut sudah tersedia untuk Xbox.

Microsoft Menjawab Tantangan Masa Kini

Dalam beberapa tahun terakhir ini Microsoft memang berusaha memberikan solusi versi mereka kepada para penggunanya.

Seperti membuat Microsoft Teams sebagai aplikasi komunikasi baru, menghadirkan Office secara gratis lewat situs web dan browser, sampai menghadirkan aplikasi Android di Windows.

Mereka kemudian juga menghadirkan Clipchamp sebagai aplikasi video editor bawaan Windows 11. Hal ini mengisi kekurangan Windows jika dibandingkan macOS yang punya iMovie. Mereka pun membuat Microsoft Loop sebagai jawaban atas aplikasi seperti Notion.

Kini Microsoft menambah portofolio mereka dengan Microsoft Designer, yang menembak konten kreator yang butuh solusi mudah cepat. Hal ini tentu saja menjawab masalah persaingan aplikasi desain online, seperti Canva dan Adobe Creative Cloud Express.

Baca Juga:  Microsoft Create Resmi Rilis, Bikin Video dan Desain Grafis Mudah Pakai Template!

Melalui kehadiran aplikasi Apple di Windows, Microsoft berusaha memperluas intergasi mereka dengan platform smartphone populer iPhone. Ini mungkin boleh disebut sebagai prestasi tersendiri, mengingat Apple cenderung tertutup soal ekosistem mereka.