Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

4 Cara Menyembunyikan Chat WhatsApp Biasa Tanpa Arsip

WhatsApp background art

Muncul sebuah pertanyaan apakah WhatsApp memiliki fitur menyembunyikan chat? Lalu, bagaimana cara menyembunyikan chat WhatsApp biasa tanpa arsip?

Keinginan untuk menyembunyikan sebuah chat terkadang muncul jika kita memiliki percakapan rahasia dengan seseorang. Jadi siapapun tidak dapat membaca pesan rahasia tersebut jika sewaktu-waktu teman atau orang lain meminjam smartphone kita.

Menyembunyikan chat WhatsApp merupakan hal wajar bagi sebagian orang, karena aplikasi tersebut adalah tempat kita menyimpan berbagai pesan penting yang termasuk privacy.

Cara Menyembunyikan Chat WhatsApp Biasa Tanpa Arsip

Apakah bisa kita menyembunyikan chat WhatsApp biasa tanpa perlu menggunakan fitur arsip? Jawabannya adalah tidak bisa. Karena WhatsApp telah menyediakan fitur arsip atau archived pada aplikasi tersebut untuk menjadi solusi jika ingin menyembuyikan sebuah pesan. 

Sehingga kamu dapat menggunakan fitur tersebut untuk menyembunyikan chat privasi agar tidak terlihat oleh orang lain.

1. Menyembunyikan 1 Chat Whatsapp  

Pertama, kamu dapat menyembunyikan chat WhatsApp untuk 1 chat saja. Sehingga kamu bisa menyimpan chat tersebut dalam satu folder arsip atau archived.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Kemudian pilih satu chat yang ingin kamu sembunyikan
svg%3E
  • Lalu tahan chat WhatsApp tersebut sampai terdapat opsi pada bagian atas layar WhatsApp
svg%3E
  • Klik gambar folder di bagian atas dengan simbol tanda panah kebawah yang berada di bagian kanan atas tepat disamping opsi titik tiga.
svg%3E
  • Kemudian chat yang telah kamu pilih secara otomatis akan hilang dan disembunyikan dari daftar chat WhatsApp.

Chat yang telah diarsipkan atau disembunyikan akan muncul pada folder arsip atau archived yang terdapat di bagian paling atas. Namun tidak menyatu dengan daftar percakapan kamu lainnya.

2. Menyembunyikan Semua Chat Whatsapp  

Selanjutnya, kamu dapat menyembunyikan seluruh chat WhatsApp secara otomatis tanpa perlu satu-satu mengarsipkannya. Caranya cukup berbeda dengan menyembunyikan satu chat sebelumnya.

Baca Juga:  WhatsApp Kembangkan Link Preview Baru & Fitur Keluar Grup Diam-Diam

Nah, untuk menyembunyikan seluruh chat WhatsApp yang perlu kamu lakukan adalah:

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Kemudian pilih menu pengaturan atau setting yang bisa dipilih melalui logo titik tiga di bagian kanan atas layar WhatsApp
svg%3E
  • Pilih menu chat
svg%3E
  • Lalu pilih opsi chat history
svg%3E
  • Kemudian kamu dapat memilih opsi Archive All Chats

Maka secara otomatis seluruh pesan yang ada di WhatsApp kamu akan berpindah dan masuk kedalam folder archived. Kamu dapat melakukannya dengan cepat, dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

3. Menggunakan Fitur Pengunci

Apabila kamu merasa fitur arsip masih kurang tersembunyi dan ingin lebih menyembunyikan atau menutup rapat chat WhatsApp, maka kamu dapat menguncinya.

Caranya mudah, cukup ikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Pilih titik tiga di bagian pojok kanan atas untuk membuka menu setting
svg%3E
  • Kemudian pilih privacy
svg%3E
  • Lalu pilih opsi fingerprint lock atau kunci sidik jari di bagian paling bawah
svg%3E
  • Kemudian jika kamu belum mengaktifkan kunci layar dengan sidik jari, tekan pada bar yang ada di bagian kanan agar aktif. Lalu buat kode keamanan untuk aplikasi WhatsApp dengan menggunakan sidik jari di sensor fingerprint smartphone.
svg%3E

Metode ini tidak benar-benar menyembunyikan chat WhatsApp. Karena dengan cara ini kamu hanya akan memberikan keamanan pada aplikasi WhatsApp sehingga tidak bisa orang lain untuk membaca seluruh pesan yang terdapat di aplikasimu.

Namun cara ini lebih aman karena aplikasi WhatsApp dapat terbuka jika menggunakan scan sidik jari kamu saja.

4. Menggunakan Aplikasi Versi Mod 

WhatsApp mod atau modify adalah aplikasi WhatsApp yang telah dimodifikasi oleh suatu pengembang tertentu, dan menambahkan beberapa fitur tambahan untuk para penggunanya.

Baca Juga:  Cara Melakukan Video Call WhatsApp di Laptop & HP dengan Mudah

Meskipun menyediakan fitur tambahan, namun tidak menjamin seberapa amannya aplikasi WhatsApp versi mod ini. Sehingga kamu bisa menggunakan WhatsApp mod sesuai dengan kebutuhan saja.

Untuk pilihan WhatsApp versi mod cukup beragam. Namun kali ini, kita akan menggunakan salah satu versi mod yang cukup dikenal, yaitu GB WhatsApp APK.

Agar kamu dapat menyembunyikan chat, berikut ini adalah beberapa caranya:

  1. Lakukan install aplikasi GB WhatsApp APK terlebih dahulu
  2. Kemudian setelah aplikasi terpasang, buka GB WhatsApp APK
  3. Lalu pilih chat mana yang ingin disembunyikan, tahan selama 2 sampai 4 detik
  4. Pilih titik tiga yang ada di bagian pojok kanan atas
  5. Kamu dapat pilih opsi “sembunyikan obrolan”
  6. Kemudian kamu akan diminta untuk menggunakan PIN, pola atau sidik jari. Kamu dapat memilih sesuai dengan kenyamananmu. Lalu buat kode keamanan tersebut

Melalui versi mod ini, kamu dapat menyembunyikan chat WhatsApp, bahkan kamu juga tidak dapat menemukan nama kontak yang telah disembunyikan jika kamu menggunakan fitur pencarian.

Berbeda dengan fitur archived pada aplikasi WhatsApp biasa, kamu masih bisa menemukan kontak dari pengirim yang chat nya telah kamu arsipkan melalui fitur pencarian.

What’s Next

Setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, untuk cara menyembunyikan chat WhatsApp biasa tanpa arsip, kamu bisa menggunakan fitur pengunci atau aplikasi versi Mod.

Jika memiliki pertanyaan atau topik lain yang ingin dibahas, tulis di bagian kolom komentar, ya. Nantinya kita bisa berdiskusi seputar topik yang kamu inginkan kedepannya.


Pertanyaan atau saran lebih lanjut bisa kirim email langsung ke [email protected] Jangan lupa, ikuti kami di Google News.