Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Cara Mudah Mengatasi ‘Access Denied’ di Windows 10

Apa kalian tidak bisa mengakses folder saat menggunakan Windows 10? Jika iya, berikut cara mengatasi ‘Access Denied’ Windows 10.

Kalian mungkin merasa bingung saat tiba-tiba tidak bisa akses ke dalam komputer. Hal ini lantaran Windows memberi pesan ‘Access Denied’ atau ‘Akses Ditolak.’

Biasanya pesan tersebut berasal dari izin sistem file NTFS. Sistem ini memang digunakan secara default oleh Windows.

Jika kalian sering mengalami kejadian di atas, jangan khawatir. Berikut ini cara mengatasi ‘Access Denied’ pada Windows 10:

Sumber Gambar : Sys Tools Software

Cara Mengatasi Access Denied di Windows 10

Minta Izin dari Administator Komputer

Dalam banyak kasus, pengguna harus menjadi administrator di PC. Hal ini agar pengguna dapat membuat perubahan pada kepemilikan file / folder.

Agar semua file di komputer pribadi tetap terjaga, maka peran administrator sangat dibutuhkan. Sebab hanya administrator yang memiliki akses file milik orang lain.

Saat ini kalian mungkin hanya dapat mengubah izin di direktori milik sendiri. Namun kalian tidak punya banyak akses ke folder lain.

Kalian perlu mendapatkan izin dari admin, jika membuat perubahan pada file sistem. Biasanya izin dari admin diperlukan saat pengguna ingin mengakses folder Program File dan Windows.

Mengambil Alih Kepemilikan Folder

Salah satu hal yang dilakukan untuk mengatasi akses ditolak adalah mengambil alih kepemilikan folder. Langkah ini bisa dilakukan melalui File Explorer.

Namun untuk melakukan cara ini, kalian harus menjadi administrator terlebih dahulu. Jika sudah menjadi administrator, simak cara berikut untuk mengatasi akses ditolak:

  • Klik kanan folder atau file yang ingin kalian akses.
  • Pilih menu ‘Properties.’
  • Pada window yang muncul, klik tab Security.’
  • Selanjutnya, klik tombol ‘Advanced.’
  • Pada window baru, lihatlah label ‘Owner.’
  • Jika ada masalah, akan muncul pesan ‘Unable to display current owner.’
  • Klik link berwarna biru bertuliskan ‘Change.’

Mengambil alih folder bisa menggunakan akun untuk login ke Windows. Jika kalian menggunakan akun Microsoft, masukkan lima huruf pertama dari alamat email kalian.

Setelah itu, klik tombol ‘Check Names.’ Jika nama kalian benar, label akan berubah menjadi ‘PCNAME \ USERNAME.’ Setelah itu, klik tombol ‘OK.’

Kini saatnya kembali ke jendela ‘Advanced.’ Disana kalian akan menemukan sebuah checkbox di bagian bawah. Kotak tersebut bertuliskan, ‘Replace all child object permission entries.’

Jika kalian ingin perubahan diterapkan ke semua folder, maka centang checkbox tersebut. Lalu tekan tombol ‘OK’ dua kali, dan proses sudah selesai.

Memeriksa Enkripsi File

Salah satu alasan akses ditolak adalah isi folder dienkripsi. Enkripsi akan melindungi file secara ketat. Hanya pemilik kata sandi yang bisa mengakses folder tersebut.

Kalian sebenarnya bisa mengenkripsi konten folder di Windows 10. Namun fitur ini hanya bisa digunakan dalam Windows 10 Pro.

Jika kalian pengguna Windows 10 Pro, maka simak cara berikut ini:

  • Klik kanan pada folder yang ingin diakses.
  • Klik menu ‘Properties.’
  • Pada tab General, klik tombol ‘Advanced.’
  • Perhatikan checkboxEncrypt contents to secure data.’

Skrip enkripsi inilah yang membuat semua folder terkunci. Agar folder dapat diakses, hilangkan centang pada checkbox tersebut.

Sekarang kalian telah memiliki akses ke folder tersebut. Tapi perlu diingat, membuka skrip enkripsi bisa menyebabkan kesalahan dalam sistem komputer.

More Stories
tampilan baru youtube 2017
Tampilan Baru YouTube Lebih Keren dengan Dark Mode