Tips Setting Handphone Android untuk Orang Lanjut Usia

orang tua memakai smartphone

Cara setting Android untuk orang tua jelas berbeda dengan untuk kita yang masih muda. Ada pertimbangan tersendiri untuk mengatur handphone Android untuk orang lanjut usia.

Dalam kebanyakan kasus, orang tua punya keterbatasan sendiri. Bisa karena sudah tidak mengikuti perkembangan teknologi, sudah punya keterbatasan fisik, atau tidak punya kebutuhan teknologi yang tinggi. Oleh karena itu, setting Android untuk orang tua haruslah sederhana. Di sini kami berusaha menawarkan beberapa tips yang mungkin berguna.

1. Atur Akun Google / Gmail

Akun Google pasti dibutuhkan sebagai identifikasi di handphone. Namun belum tentu orang yang sudah lanjut usia telaten mengurus email dan password-nya. Hal ini bisa menimbulkan permasalahan tersendiri.

Ada baiknya kamu menyimpan password Gmail yang bersangkutan. Jangan lupa taruh emailmu sebagai email alternatif (email pemulihan). Sehingga kalau butuh memulihkan password, kamu bisa segera menanganinya.

setelan email pemulihan
Setelan email untuk pemulihan akun Google

2. Atur Kontak (Phone book)

Atur kontak atau phone book dengan sinkronisasi Gmail. Dengan begitu, kontak baru akan tersimpan di cloud. Kamu juga bisa lebih mudah membantu mengisi atau mengaturnya (bisa diketik lewat komputer).

Jangan lupa, pasang kontak orang-orang terdekat sebagai favorit (atau speed dial). Sehingga beliau bisa dengan mudah mengaksesnya.

setelan kontak android
Akun untuk kontak baru

3. Hapus Aplikasi Yang Tidak Dibutuhkan

Seperti yang sudah saya sebutkan, kebutuhan dan pemahaman orang tua terhadap teknologi sudah tidak seperti kita. Aplikasi yang terlalu banyak bisa membuat mereka bingung.

Hapus semua aplikasi yang tidak dibutuhkan. Kalau tidak bisa dihapus, disable aplikasi tersebut.

nonaktifkan aplikasi
Non-aktifkan aplikasi

4. Atur Tampilan Handphone

Hal ini mungkin tergantung pada kebutuhan atau keterbatasan tiap orang. Tapi, seperti poin sebelumnya, buatlah tampilan semudah mungkin.

Launcher / Layar Utama

Kamu bisa memasang launcher untuk orang tua seperti Necta atau Wiser. Pilihan lain, gunakan launcher favoritmu β€” cara ini optimal karena kamu juga paham mengaturnya β€” lalu atur tampilan dan isi layar utama hanya sesuai yang dibutuhkan.

Sebagai contoh, saya memilih Nova Launcher. Saya bisa mengatur jumlah ikon di layar utama, bisa mengatur ukuran ikon beserta tulisannya, bisa mengubah cara akses daftar aplikasi (app drawer), dll. Biasanya saya meminimalkan fungsi swipe dan mengutamakan tombol (seperti untuk membuka app drawer).

Perbesar Tampilan

Kalau dibutuhkan, atur besar tampilan layar handphone beserta ukuran tulisan. Dengan begitu, tampilan handphone lebih mudah dilihat dan dibaca.

memperbesar ukuran font android
Memperbesar ukuran font dan tampilan Android

[irp posts=”52016″ name=”Melihat Seberapa Banyak Aplikasi Android Memakai Baterai”]

5. Pasang dan Atur Aplikasi Hanya Yang Dibutuhkan

Mungkin ada beberapa aplikasi yang dibutuhkan. Misalnya aplikasi untuk alat bantu dengar. Mungkin juga, seperti semua orang, beliau suka ngobrol di WhatsApp. Bahkan, mungkin butuh panduan peta dengan Google Maps.

Sekali lagi, jangan lupa atur aplikasi itu sesederhana dan semudah mungkin. Misalnya, pasang group chat keluarga di layar utama, matikan fitur auto save media WhatsApp, atau pasang rute ke rumah di Google Maps (dan letakkan di layar utama).

6. Atur Keyboard

Salah satu tantangan terbesar orang tua di smartphone adalah mengetik di keyboard virtual. Heh, jangankan mereka, kita saja sering salah ketik alias typo.

Untuk itu, atur keyboard semudah mungkin. Misalnya ubah ukuran keyboard jadi lebih besar, pilih theme keyboard untuk tombol lebih jelas, atur tombol semudah mungkin (misalnya hapus tombol emoji dan tambah baris angka), matikan fungsi auto-correct, dll.

setelan keyboard swiftkey
Setelan keyboard Swiftkey

7. Gunakan Fitur Aksesibilitas

Di setting Android sudah terdapat fitur untuk kebutuhan aksesibilitas lebih. Pilih dan atur fitur yang ada sesuai kebutuhan.

Misalnya, aktifkan mode pembesaran. Mode ini akan memperbesar tampilan dengan menekan layar tiga kali. Lalu bisa diperbesar lagi dengan gestur jari (seperti zoom gambar biasanya).

setting android untuk aksesibilitas
Setelan aksesibilitas Android

8. Aktifkan Informasi Darurat

Untuk berjaga-jaga kalau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, aktifkan fitur informasi darurat di handphone Android. Walau kita mungkin bisa melihat informasi kontak keluarga di aplikasi Kontak (yang tadi kita buat favorit di poin ke-2), informasi darurat bisa jadi alternatif lain.

Kamu bisa membaca lebih jauh di artikel Membuat Informasi Darurat di Handphone Android dari kami.

[irp posts=”51670″ name=”Mengenal Setelan Pengguna di Handphone Android”]

Itulah beberapa tips cara setting Android untuk orang tua atau lanjut usia. Pada intinya, kamu akan membuat sebuah cara menggunakan smartphone yang sederhana. Lalu, jangan lupa ajarkan juga letak tombol dan fungsi dasar lain lain pada mereka.

Sekali lagi, tiap orang bisa punya kebutuhan dan kemampuan berbeda. Kami harap tips di atas cukup umum sehingga berguna β€” paling tidak bisa mengingatkan.