Cegah Global Warming, Ratusan YouTuber akan Tanam 20 Juta Pohon

Ratusan Youtuber akan bekerja sama untuk tanam 20 juta pohon. Aksi keren ini dipelopori oleh MrBeast, dan telah diikuti lebih dari 600 juta YouTuber.

Perubahan iklim ektrem dan global warming adalah ancaman nyata untuk Bumi. Hal ini mulai terlihat dengan tidak seimbangnya cuaca yang terjadi dalam setahun.

Salah satu penyebab global warming adalah pembalakan dan kebakaran hutan. Oleh sebab itu, kesadaran manusia sangat dibutuhkan untuk mengatasi hal ini.

Inilah yang dilakukan oleh Jimmy ‘MrBeast’ Donaldson, seorang YouTuber yang terkenal dengan aksi dermawannya. MrBeast mengajak ratusan YouTuber untuk tanam 20 juta pohon.

Menariknya, aksi keren ini telah diikuti oleh lebih dari 600 juta YouTuber. Lalu seperti apa kegiatan ini berlangsung? Simak ulasannya berikut ini.

Ratusan YouTuber Tanam 20 Juta Pohon

MrBeast awalnya mengajak YouTuber lain untuk melakukan donasi. Pria tersebut menyebut bahwa program ini sebagai ‘kolaborasi YouTube terbesar sepanjang masa.’

Aksi MrBeast rupanya disambut baik oleh YouTuber lain. Hal ini dibuktikan dengan beberapa YouTuber yang ikut berpartisipasi, salah satunya YouTuber papan atas PewDiePie.

Lalu bagaimana gerakan ini dilakukan? Rencananya cukup sederhana, YouTuber harus memposting video sambil menggunakan tagar #TeamTrees.

Tujuan dari gerakan ini adalah membanjiri YouTube dengan video penggalangan dana. Diharapkan  algoritma YouTube agar menempatkan banyak video perubahan iklim di laman Trending.

Tidak hanya itu, video perubahan iklim juga diharapkan bisa mendominasi beranda dan rekomendasi. Hal tersebut membuat peluang donasi yang terkumpul semakin besar.

Dalam video tersebut, YouTuber bisa meminta penonton untuk ikut menyumbangkan uang. YouTube akan menanggung semua biaya transaksi sumbangan yang dilakukan di dalam platform.

Awal Mula Inisiatif

Ide ini muncul sejak bulan Mei 2019. Waktu itu, penggemar Donaldson di YouTube, Reddit dan Twitter menyarankan agar dia menanam 20 juta pohon, untuk merayakan 20 juta subscriber.

Donaldson mengatakan dia dan beberapa temannya melakukan percobaan. Kira-kira berapa banyak pohon yang bisa mereka tanam sendiri. Akhirnya, mereka berhasil menanam 300 pohon dalam sehari.

Dalam proyek ini Donaldson juga bekerja sama dengan Arbor Day Foundation. Ini adalah organisasi konservasi yang mendedikasikan diri untuk menanam dan memelihara pohon.

Sementara itu, pohon akan mulai ditanam pada Januari 2020. Target penanaman 20 juta pohon dimulai tahun 2020, dan selambat-lambatnya selesai di tahun 2022.

Hm, idenya keren juga ya. Mungkin jika ada YouTuber Indonesia yang meniru aksi ini, maka akan sangat bermanfaat. Apalagi sekarang indonesia telah kehilangan banyak hutan karena kebakaran atau pembalakan liar.