China Akan Nikmati Jaringan 5G Bulan Oktober

Teknologi 5G mulai hadir pada tahun 2019. Setelah Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Inggris, kini giliran China yang akan menikmati jaringan 5G pada bulan Oktober mendatang.

China akan menjadi negara keempat yang meluncurkan jaringan 5G secara nasional di seluruh kotanya. Kabar tersebut disampaikan oleh Michael Gao, selaku Deputy General Manager ZTE.

Michael Gao sendiri mengaku mendapatkan informasi dari tiga operator telekomunikasi di China. Yaitu China Mobile, China Unicom dan China Telecom.

Tepat pada tanggal 1 Oktober 2019 nanti, ketiga operator tersebut akan mengaktifkan 30.000 hingga 50.000 base station di 40 kota yang ada di China. Namun sampai saat ini masih belum diketahui tanggal berapa akan diluncurkan di Hong Kong.

Sumber Gambar : laduni.id

Peluncuran koneksi berteknologi 5G tersebut bersamaan dengan perayaan ulang tahun ke-70 berdirinya Republik Rakyat China.

Selain itu, Gao juga mengatakan jika base station yang digunakan disediakan oleh beberapa vendor ternama dari China. Seperti Huawei, ZTE, dan satu vendor dari Swedia yaitu Ericsson.

Jaringan 5G yang akan diluncurkan di China dalam waktu dekat ini, juga akan menjangkau area lebih luas dibandingkan Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Sumber Gambar : Selular.ID

Sebagai salah satu vendor yang mendukung peluncuran jaringan 5G,  ZTE memprediksi bahwa 5G  di tahun 2020 akan lebih banyak digunakan untuk komunikasi personal maupun gaming. Hal ini karena kedua sektor tersebut memiliki pengaruh yang kuat dalam waktu singkat.

Setelah jaringan 5G resmi diluncurkan di China, konsumen China dijamin tidak akan kekurangan opsi smartphone 5G yang akan dibeli.

Beberapa vendor lokal seperti Huawei dan ZTE telah meluncurkan smartphone 5G terbarunya yang siap dibeli. Sedangkan untuk vendor lain seperti Lenovo, Oppo dan Xiaomi, dikabarkan akan segera meluncurkan smartphone 5G dalam waktu dekat ini.

    %d blogger menyukai ini: