Chrome OS Kalahkan macOS, Jadi Sistem Operasi Nomor 2 di Dunia

Setelah bertahun-tahun posisi sistem operasi komputer bertahan, kini terjadi perubahan mengejutkan. Chrome OS berhasil mengalahkan macOS dan menjadi sistem operasi nomor dua di dunia.

Pangsa sistem operasi komputer memang sudah lebih dulu mapan bila dibandingkan dengan smartphone. Dulu komputer didominasi oleh Windows dengan Mac di posisi kedua.

Walau perbedaan jumlah pengguna antara keduanya sangat jauh, posisi ini tetap sama selama bertahun-tahun. Sistem operasi lain, seperti Linux dan Chrome OS, berada di bawahnya.

Namun pada tahun 2020 terjadi perubahan menarik. Jumlah pengguna Chrome OS menjadi lebih banyak dari pengguna macOS. Sementara pengguna Windows jauh di atas mereka berdua. Data ini datang dari laporan IDC yang dipublikasikan oleh GeekWire.

Yang tidak kalah menarik, pengguna Chrome OS dan macOS sama-sama naik. Pengguna Chrome OS melonjak dari 6,4% jadi 10,8%. Sedangkan pengguna macOS naik dari 6,4% jadi 7,5%. Artinya kedua sistem operasi itu berhasil menggerogoti pangsa Windows. Terutama Chrome OS.

chrome os kalahkan macos

IDC melaporkan kalau naiknya jumlah pembelian komputer dengan Chrome OS terpengaruh oleh sektor edukasi. Pelajar yang bersekolah di rumah akibat kondisi pandemi banyak yang membutuhkan komputer baru. Chrome OS berhasil menjadi pilihan untuk kelas low-end alias pemula.

Secara keseluruhan, penjualan komputer di seluruh dunia pun disebut meningkat akibat pandemi. Kondisi ini memang memberikan efek besar pada kultur manusia. Yah, itu sebabnya disebut “new normal.”

Akan menarik melihat kondisi ini setelah pandemi berakhir. Apakah pengguna komputer bertahan dengan pola ini, atau akan terjadi perubahan lagi. Bisa saja, seperti di dunia smartphone, kelas menengah dan bawah lah yang kemudian tumbuh pesat sebagai standar baru.

Microsoft sendiri dikabarkan sedang mengembangkan versi Windows yang lebih modern dan Windows 10X yang lebih ringkas untuk bersaing dengan Chrome OS. Tentu, Google pun tidak tinggal diam dengan Chrome OS-nya. Di sisi lain, Apple kelihatannya disibukkan oleh “serangan” dari Intel.

%d blogger menyukai ini: