Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

“CODA” Jadi Film Terbaik Oscar Tandai Kemenangan Layanan Streaming

Anom Penulis

Film “CODA” yang tayang di layanan streaming Apple TV+ mengukir sejarah dengan menerima piala Oscar sebagai Film Terbaik 2022. Kemenangan ini tidak hanya untuk tim produksi film, tapi juga menandai kemenangan layanan streaming di ajang bergengsi perfilman.

Selain kehebohan Will Smith yang menampar Chris Rock, Oscar 2022 memberikan kejutan dengan memberikan penghargaan pada layanan streaming Apple TV+, yang terhitung “anak bawang” jika dibandingkan Netflix.

popculture.id

Apple TV+ memang meraih cukup banyak nominasi melalui film “CODA” dan “The Tragedy of Macbeth”. Layanan streaming dari Apple ini mencuri penghargaan paling bergengsi dari Netflix, yang mengunggulkan film “The PowMenariknyaer of the Dog” sebagai Film Terbaik.

Netflix sendiri sudah memperjuangkan film dari layanan streaming untuk bisa menang Oscar cukup lama. Sebelumnya, Netflix sudah berhasil mendapat nominasi Film Terbaik di tahun 2021 dengan “Mank” dan “Trial of the Chicago 7”; di tahun 2020 dengan “The Irishman” dan “Marriage Story”; dan di tahun 2019 dengan “Roma”. Namun Netflix masih belum berhasil mendapatkannya.

Film “CODA” juga mengukir sejarah dengan meraih piala Oscar untuk pemeran tuna rungu. Troy Kotsur memenangkan piala Oscar 2022 untuk Pemeran Pembantu Pria Terbaik. Ia jadi pemeran tuna rungu kedua setelah Marlee Matlin—yang juga jadi rekannya di film ini—mendapatkan Piala Oscar untuk Pemeran Wanita Terbaik melalui film “Children of a Lesser God.” di tahun 1987.

Selain itu, “CODA” juga berhasil mendapatkan penghargaan lain melalui Sian Heder di kategori Film dengan Naskah Adaptasi Terbaik. Ia mengalahkan “Drive My Car,” “Dune,” “The Lost Daughter,” dan “The Power of the Dog”.

“CODA” yang awalnya kurang mendapat tanggapan dari para kritikus, berhasil menarik perhatian publik ketika tayang di Apple TV+. Film ini mulai mendapat momentum dari berbagai ajang penghargaan seperti BAFTA, SAG Award, dan PGA Award.

Begitulah akhirnya sampai “CODA” berhasil meraih Film Terbaik Oscar 2022, memberikan gengsi tersendiri pada Apple TV+, dan membuat Netflix gigit jari.

    %d blogger menyukai ini: