Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Apa Colokan Audio di Handphone Samsung Akan Punah?

samsung galaxy a8s
Anom Penulis

Kontroversi tidak adanya colokan audio di handphone kelas atas sudah cukup lama berlangsung. Kini, tanda-tanda kalau colokan audio di handphone Samsung akan punah pun mulai muncul.

Kontroversi Colokan Audio

Kontroversi ini muncul ketika Apple menghapus fitur colokan audio 3,5 mm di iPhone 7. Apple memutuskan bahwa sudah saatnya pengguna beralih ke perangkat audio nirkabel alias berbasis koneksi Bluetooth. Tentu saja, Apple pun juga menjual perangkat wireless earphone yang bernama EarPods.

popculture.id

Saat itu, banyak merk handphone lain meledek Apple. Termasuk Google (dengan lini Pixel-nya), Samsung, dan masih banyak lagi. Memang, sampai saat ini pun banyak yang bilang kalau kualitas suara wireless earphone belum sebagus dengan kabel. Bahkan EarPods dari Apple mendapat rating cukup buruk di situs mereka sendiri.

Google Pixel 2 dan Pixel Buds

Namun kemudian Google menjilat ludah mereka sendiri. Generasi handphone Pixel selanjutnya hadir tanpa colokan 3,5 mm. Mereka juga mengikuti jejak Apple dengan menjual perangkat wireless earphone. Selain Google, tidak sedikit handphone Android yang juga bereksperimen menghapus fitur ini. Di antaranya: HTC U11 (dan generasi yang lebih baru), Xiaomi Mi 6, Huawei Mate 10 Pro, Essential Phone, dan Razer Phone.

Bisa kamu lihat, nama Samsung tidak terlihat. Samsung merupakan salah satu merk handphone papan atas yang mempertahankan colokan audio di handphone mereka. Ataukah begitu?

Samsung Galaxy A8s Tidak Punya Colokan Audio

Berita mengejutkan hadir ketika handphone Samsung Galaxy A8s hadir di Cina. Colokan audio di handphone Samsung itu tidak ada. Ini adalah kali pertama. Pertanyaannya, apakah hal ini akan berlanjut?

Perlu diperhatikan kalau handphone yang tanpa colokan 3,5 mm biasanya merupakan handphone papan atas alias flagship. Sedangkan Samsung Galaxy A8s ini merupakan handphone kelas menengah yang rilis di Cina.

samsung galaxy a8s tanpa colokan audio
Samsung Galaxy A8s tanpa colokan audio

Salah satu kemungkinan yang bisa kita lihat adalah Samsung sedang melakukan uji pasar. Mereka memanfaatkan handphone kelas menengah di wilayah yang spesifik (bukan secara global). Toh Samsung Galaxy A9 sendiri sudah rilis global (dan masih punya colokan).

Jadi mungkin saja Samsung memang mempertimbangkan untuk menghapus colokan 3,5 mm di handphone mereka.

Colokan Audio Samsung Galaxy S10

Smartphone yang paling signifikan untuk “menentukan nasib” Samsung tentu saja seri Galaxy S dan Galaxy Note. Galaxy Note terbaru masih cukup lama rilisnya. Sedangkan Samsung Galaxy S10 akan rilis sebentar lagi. Tentu saja hal ini akan menarik.

Cukup wajar kalau para audiophile kuatir akan hilangnya colokan 3,5 mm dari Samsung Galaxy S10. Namun kelihatannya kekuatiran itu belum cukup beralasan. Paling tidak dari yang kita ketahui dari bocoran Samsung Galaxy S10.

Sebagai contoh, Ice Universe — yang hobi membocorkan info Samsung — menunjukkan protective case Samsung Galaxy S10. Di sana masih terlihat lubang untuk colokan audio.

Yah, mungkin casing memang bukan bukti yang cukup kuat. Walau begitu, kelihatannya Samsung belum akan secepat itu menghapus fitur yang menjadi favorit banyak orang di handphone yang juga jadi favorit.

Walau begitu, arah teknologi memang menuju ke arah nirkabel. Jadi kita bisa memperkirakan colokan audio memang akan punah suatu ketika. Bahkan di handphone Samsung. Semoga saja, ketika colokan audio mulai punah, wireless earphone sudah memiliki kualitas bagus dengan harga lebih terjangkau.

    %d blogger menyukai ini: