[UPDATE] Rumor Samsung Galaxy S10: Generasi Ke-10 Akan Spesial

mockup samsung galaxy s10
Mockup Samsung Galaxy S10

Samsung Galaxy Note 9 belum lagi diumumkan. Namun itu tidak menghalangi rumor Samsung Galaxy S10 beredar. Beberapa perubahan sangat diharapkan dari handphone flagship Samsung mendatang ini. Di antaranya tiga kamera belakang, sensor sidik jari di depan, dan tentunya bingkai layar yang semakin kecil [dan update rumor terbaru].

Kenapa perubahan tersebut sangat diharapkan? Sepanjang tahun ini kita sudah bisa melihat berbagai inovasi teknologi. iPhone X dengan layar nyaris tanpa bingkai, Vivo X21 dan NEX dengan sensor sidik jari di layar, dan Huawei P20 dengan tiga kamera belakang.

Samsung, di sisi lain, hampir tidak melakukan perubahan apa pun. Baik dari Samsung Galaxy S9 yang sudah beredar dan rumor Samsung Galaxy Note 9, tidak terlihat sesuatu yang radikal. Ia hanya meningkatkan apa yang sudah ada sebelumnya.

Sebenarnya konsep “tik-tok” ini bisa dipahami. Samsung ingin lebih berhati-hati merilis fitur di handphone-nya. Dengan begitu, fitur tersebut sudah lebih matang, stabil, dan menghindar dari kasus seperti prahara Galaxy Note 7.

Rumor Samsung Galaxy S10 Yang Beredar

Kenapa perubahan besar bisa kita harapkan di handphone flagship Samsung mendatang? Yah, handphone ini akan menjadi rilis ke-10 seri Samsung Galaxy. Tentunya hal itu patut dirayakan. Toh Apple pun melakukan hal yang sama dengan iPhone X.

Jadi, rumor apa saja yang sudah beredar?

Nama Kode “Beyond”

Samsung Galaxy S10 disebut memiliki nama kode “Beyond” (via The Bell). Nama ini mencerminkan lompatan teknologi jauh ke depan melewati batas saat ini. Secara konsep, nama ini mirip dengan Samsung Galaxy S8 yang punya nama kode “Dream”. Sedikit berbeda dengan Samsung Galaxy S9 dengan kode “Star”.

Tiga Kamera Belakang

Salah satu rumor Samsung Galaxy S10 adalah penggunaan 3 kamera belakang dan sensor 3D. Kim Dong-won, analis dari KB Securities, menyebutkan hal ini (via The Investor) sehubungan dengan rumor generasi iPhone mendatang. Selain itu, pada tahun 2017 Samsung mendapat keuntungan lebih sebagai hasil adaptasi kamera ganda di Galaxy Note 8. Tidak heran kalau Samsung ingin mengulang keuntungan yang sama.

Sensor Sidik Jari di Layar dan Sensor 3D

Sejak perang layar bezel-less dimulai, Samsung sudah diharapkan menghadirkan teknologi sensor sidik jari di layar. Di artikel yang sama soal nama kode Samsung Galaxy S10, The Bell juga menyebutkan bahwa Samsung sudah berusaha menanam teknologi ini sejak Samsung Galaxy S8. Namun gagal. Sebelum Vivo memamerkan sensor itu, Samsung lah yang disebut menjadi rekanan Synaptics.

Walau belum disebutkan siapa rekanan Samsung untuk teknologi ini, Samsung disebut bekerja sama dengan Qualcomm, Synaptics, dan Ezestek (dari Taiwan) untuk mengembangkan sensor sidik jari di layar.

Sedangkan sensor kamera 3D seperti iPhone X, walau banyak diduga juga akan hadir, disebut belum pasti kehadirannya. Walau begitu Samsung mengembangkan algoritma sensor 3D itu bersama Mantis Vision dan Samsung Electronics Institue of Technology.

“Sound Display”

Rumor Samsung Galaxy S10 lain yang beredar adalah Samsung mengembangkan apa yang disebut dengan “sound display” (via etnews). Teknologi ini akan memungkinkan layar mengantarkan suara melalui getaran. Dengan begitu, kebutuhan lubang mikrofon dan speaker akan berkurang. Selain Samsung, LG Display juga disebut sedang mengembangkan teknologi layar OLED yang sama.

Konsep ini dikembangkan berdasar apa yang sebenarnya sudah dimiliki oleh manusia, yaitu bone conduction. Tulang tengkorak bisa mengantar getaran suara ke bagian dalam telinga. Beberapa alat bantu dengan sudah menggunakan hal ini.

uji coba sound display
Samsung menunjukkan kinerja “Sound Display” (foto: etnews)

Samsung Display sudah menunjukkan hasil uji coba teknologi itu di International Information Display Society 2018 Display Week Exhibition. Sedangkan LG sudah menunjukan penggunaan Crystal Sound OLED (CSO) di televisi pada acara Light & Building 2018 di Frankfurt, Jerman.

Tentunya, teknologi ini bisa mengurangi komponen yang ada di layar. Dengan begitu, konsep layar bezel-less bisa lebih maksimal.


UPDATE

Berikut rumor yang lebih baru tentang Samsung Galaxy S10

Tiga Varian

Samsung Galaxy S10 disebut akan memiliki 3 varian (via The Bell). Dugaan ini lahir dari temuan nama kode Beyond 0, Beyond 1, dan Beyond 2. Beyond 0 merupakan varian dengan spesifikasi paling rendah, Beyond 1 merupakan versi standar, dan Beyond 2 menjadi versi Plus.

Sensor Sidik Jari di Samping

Di berita yang sama, The Bell juga menyebutkan kalau Beyond 0 akan menggunakan sensor sidik jari di samping, mirip seperti yang ada di Moto Z3 Play. Beyond 1 dan Beyond 2 akan menggunakan sensor sidik jari di layar buatan Qualcomm (seperti disebut di atas).


Itulah beberapa rumor Samsung Galaxy S10 yang sudah beredar saat ini. Tentu saja rumor baru sebatas rumor. Semua bisa berubah. Apalagi biasanya Samsung mengumumkan handphone seri S di awal tahun. Jadi masih cukup lama.

Walau begitu, sebagai handphone yang paling populer dan pesain iPhone, tentunya sangat menarik melihat apa yang akan dimilikinya. Bagaimana menurutmu?