Corning Mengumumkan Gorilla Glass 6, Tahan Jatuh Berkali-kali

corning gorilla glass 6

Kamu pasti lebih tenang kan kalau tahu handphone-mu memakai Gorilla Glass? Nah, Corning sudah mengumumkan generasi terbaru kaca pelindung ini. Gorilla Glass 6.

Sejak lama — mungkin saat touch screen menjadi standar — Gorilla Glass menjadi bagian penting dalam melindungi layar handphone. Teknologi ini memungkinkan layar menjadi lebih tahan gores, tahan banting, bahkan tidak pecah saat jatuh — saya pernah menjatuhkan Moto G5s Plus (tanpa casing pelindung) yang pakai Gorilla Glass 3 dari ketinggian lebih dari satu meter ke konblok.

Kini tantangannya bukan hanya di layar handphone saja. Saat ini banyak smartphone menggunakan lapisan kaca di bagian depan dan belakang. Apalagi sekarang hampir semua smartphone mengejar full screen. Misalnya Samsung Galaxy S9, Xiaomi Mi 8, LG G7 ThinQ, dll. Jadi resiko benturan semakin besar.

Corning, melalui riset, menyebutkan bahwa rata-rata orang bisa menjatuhkan handphone sampai 7 kali dalan 1 tahun, dengan ketinggian sekitar 1 meter. Oleh karena itu, mereka membuat Gorilla Glass 6 lebih tahan banting.

Corning membuat Gorilla Glass 6 dengan komposisi yang baru dan diperkuat secara kimiawi. Sekarang, kaca pelindung ini bertahan dari 15 kali jatuh dengan jarak 1 meter di permukaan kasar. Kemampuan ini 2 kali lebih baik dari generasi sebelumnya, Gorilla Glass 5.

Selain dari sisi tahan banting, Corning juga mengembangkan lapisan kaca terbaru ini dengan mempertimbangkan desain. Sejak Samsung menerapkan sisi layar yang melengkung, tidak sedikit yang juga menerapkannya (walau berbeda). Gorilla Glass yang baru ini juga dibuat dengan konstruksi yang mempertimbangkan hal itu.

Terlebih lagi, penggunaan wireless charger juga semakin banyak. Hal ini akan membuat lebih banyak smartphone menggunakan lapisan kaca di bagian belakang. Gorilla Glass 6 tetap menjaga agar pengisian daya tetap berjalan efisien.

Corning menyebutkan kalau Gorilla Glass 6 saat ini sedang diuji oleh berbagai pihak. Kaca pelindung terbaru ini mulai akan tersedia untuk smartphone terbaru dalam beberapa bulan mendatang.

Yah, saya sendiri termasuk orang yang hampir tidak pernah memakai pelindung lain (tempered glass, dll). Sejauh ini, saya tidak menemukan masalah dengan layar (malah yang pakai tempered glass ada bekas goresan). Jadi handphone dengan Gorilla Glass memang membuat hidup lebih tenang.

%d blogger menyukai ini: