Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Rekomendasi iPhone Terbaik Yang Layak Kamu Beli (2022)

pilihan warna iphone 14 pro
gambar: Apple
Anom Penulis

Karena gengsinya, orang kadang berasumsi bahwa iPhone memberikan fitur terbaik. Padahal sebenarnya tidak juga. Kadang ada perbedaan di antara versi dan generasinya. Oleh sebab itu, tidak jarang orang mencari rekomendasi iPhone terbaik sesuai spesifikasi dan harganya.

Pertimbangan Membeli iPhone

Salah satu contoh paling menarik adalah iPhone 14. Apple tidak memberikan banyak hal baru. Lihat saja perbedaan iPhone 13 dan iPhone 14. Sebagai akibatnya, iPhone 14 mengalami penurunan nilai dengan cepat.

Hal seperti di atas tentunya bisa menjadi perhatian khusus jika kamu ingin membeli iPhone. Terutama jika kamu punya pertimbangan tertentu soal dana alias budget. Ya, tidak semua orang mengejar ponsel paling baru dan paling canggih.

Ada orang yang ingin punya iPhone karena senang dengan ekosistem Apple, tapi juga ingin tetap hemat. Misalnya ia punya Macbook lama dan ingin memanfaatkan fitur Continuity.

Gambar: Pixabay

Ada juga orang yang belum pernah memakai iPhone dan ingin mencobanya. Membeli yang paling mahal mungkin bisa menjadi resiko tersendiri.

Rekomendasi iPhone Terbaik

Di sini kami memilih iPhone dengan pertimbangan khusus. Mulai untuk kamu yang memang punya tabungan cukup untuk membeli yang paling canggih, sampai dengan pilihan iPhone paling value dari sisi fitur dan harga.

iPhone 14 Pro Max
→ Terbaru & paling powerful

iphone 14 pro max
Gambar: Apple

iPhone 14 Pro Max yang rilis tahun 2022 ini merupakan varian yang paling baru dan paling canggih saat ini. iPhone ini memakai chipset A16 Bionic dan menampilkan desain baru Dynamic Island, Always-on Display, juga menghadirkan kamera utama 48MP.

Jelas, iPhone 14 Pro Max cocok untuk kamu yang mencari iPhone the best of the best atau crème de la crème.

iPhone 13 Pro Max
→ Jagoan tahun lalu

iphone 13  pro max
Gambar: Apple

iPhone 13 Pro Max yang rilis tahun 2021 ini masih memiliki power yang dahsyat. iPhone ini memakai chipset A15 Bionic dan memiliki beberapa fitur yang sama dengan iPhone 14 Pro Max. Seperti ukuran layar, layar ProMotion, juga pilihan penyimpanan 1TB.

Baca Juga:  Rumor: iPhone 15 Pro Punya Kamera Bawah Layar dengan FaceID Tahun Depan

iPhone 13 Pro Max cocok untuk kamu yang mengincar ponsel canggih tapi dengan harga sedikit lebih murah. Dukungan dari Apple juga masih cukup panjang.

iPhone 13 Mini
→ Ponsel kecil paling canggih

iphone 13 mini
Gambar: Apple

iPhone 13 Mini rilis tahun 2021. Smartphone ini menjadi iPhone Mini terakhir sebelum Apple memutuskan beralih ke versi Plus kembali (kecuali kalau mereka berubah pikiran lagi).

Kecuali ukurannya yang lebih ringkas, kebanyakan spesifikasinya masih sama dengan versi standar. Jadi cocok untuk kamu yang suka ponsel kecil, tapi punya fitur yang seru.

iPhone 11 Pro
Winwin solution

iphone 11 pro
Gambar: Apple

iPhone 11 Pro rilis pada tahun 2019. Artinya, jika kita mempertimbangkan masa dukungan minimal 5 tahun dari Apple, iPhone ini berada di tengah-tengah. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan iPhone dengan spesifikasi cukup tinggi dan masa dukungan minimal 2 tahun mendatang.

iPhone 11 Pro cocok untuk kamu yang ingin merasakan fitur canggih dan punya tabungan cukup tebal. Yahm fiturnya relatif sama dengan iPhone 11 Pro Max, kecuali ukuran layarnya.

iPhone SE (Gen 3)
→ Kecil, terjangkau, fitur lumayan lengkap

iphone se gen 3
Gambar: Apple

iPhone SE merupakan lini iPhone murah (jika kita tidak mempertimbangkan yang lama dan yang bekas). iPhone SE generasi ke-3 sendiri rilis pada tahun 2022 dan memakai chipset A15 Bionic.

Artinya, walau beberapa spesifikasinya tidak tinggi, iPhone SE gen 3 ini punya beberapa fitur unggulan sesuai dukungan chipset. Misalnya teknologi Deep Fusion dan fitur Night Mode di kamera.

Jadi iPhone SE 2022 ini cocok untuk kamu yang mencari iPhone kecil dengan harga terjangkau, tapi masih kekinian.

iPhone XS Max
→ Layar besar paling ekonomis

iphone xs max
Gambar: Apple

iPhone XS Max rilis pada tahun 2018. Jadi memang sudah cukup lama. Artinya, harganya juga sudah lebih terjangkau. Walau begitu, fitur dan spesifikasi iPhone XS Max ini masih sangat memadai, termasuk sudah memakai kamera depan True Depth untuk Face ID.

Baca Juga:  Apple Siap Pakai USB-C ke AirPods dan Aksesori Mac di Tahun 2024

iPhone XS Max cocok untuk kamu yang mencari iPhone lama yang masih worth it dan memiliki layar besar (6,5 inci).

iPhone 8 Plus
→ Paling ekonomis

iphone 8 plus
Gambar: Apple

iPhone 8 Plus rilis pada tahun 2017. Ya, kalau mempertimbangkan masa dukungan Apple (minimal 5 tahun), ponsel ini sudah memasuki tahun-tahun akhir.

Tapi iPhone ini masih memiliki spesifikasi yang menarik. Misalnya, layar 5,5 inci iPhone 8 Plus (1920 x 1080 ~401 ppi) lebih tajam dari layar 6,1 inci iPhone 11 (1792 x 828 ~326 ppi). Lalu, ia juga masih mendapat iOS 16.

Jadi, kalau kamu mencari iPhone lama yang murah, iPhone 8 Plus merupakan rekomendasi yang layak kamu pertimbangkan.

Pilih Yang Sesuai

iPhone jelas merupakan produk premium. Bahkan yang bekas (seken) pun masih memiliki harga lumayan tinggi jika dibandingkan ponsel Android.

Walau begitu, spesifikasi dan performanya kebanyakan masih bisa kita andalkan. Dengan begitu, membeli iPhone lama pun akan masih bisa berfungsi dengan baik. Tentu, jika kita memilih dengan baik (terutama kalau iPhone bekas).

Gambar: Arnel Hasanovic

Saya sendiri masih menggunakan iPhone 8 Plus. Lalu Chris Evans — yang bintang Hollywood pun — belum lama ganti dari iPhone 6s yang rusak.

Tentu, di samping daftar di atas, kamu masih bisa memilih berbagai seri iPhone lain. Tidak ada salahnya juga melihat rekomendasi iPhone terbaik di berbagai website dan blog. Karena besar kemungkinan kamu bisa melihat pertimbangan yang berbeda.

Kamu juga bisa membandingkan spesifikasi iPhone di situs web resmi Apple.

Nah, itu lah pilihan kami. Jika kamu punya pertimbangan lain, silakan sebut di kolom komentar, supaya bisa membantu pembaca lain.