Inikah Jajaran Handphone Moto 2018?

hello moto
Anom Penulis

Tahun 2017 merupakan tahun yang baik untuk Motorola. Paling tidak menurut kami. Nah, beberapa waktu belakangan, beredar bocoran soal handphone Moto 2018. Tentunya hal ini menarik untuk kita bahas.

Secara umum kelihatannya tidak ada perubahan besar dari desain handphone Moto 2018. Lenovo masih mempertahankan bentuk khas handphone ini. Baik dari lengkungan di bodi maupun tempat kamera yang berbentuk lingkaran. Tapi ada beberapa hal menarik yang mencuri perhatian.

Moto Z3 dan Moto Z3 Play

handphone moto z3 play 2018
Moto Z3 Play leaked

Moto Z3 (entah pakai embel-embel Force atau tidak) dan Moto Z3 Play mendapat perubahan sedikit menarik. Kalau dari gambar, kelihatannya Motorola merangkul desain masa kini, yaitu sudut layar membundar (berukuran 6 inci dengan rasio 18:9 FHD). Bahkan di Moto Z3 (lihat gambar di bawah), kelihatannya ada lengkungan layar seperti Samsung S8.

Di samping itu, di gambar tidak terlihat tombol Home fisik dan fingerprint scanner. Ya, ada tombol di dalam layar yang mengindikasikan pengganti tombol Home (pilihan navigasi dari Moto Action). Apakah Motorola menggunakan InDisplay fingerprint scanner? Ataukah menggunakan pengenalan wajah seperti Face ID? Belum tahu.

handphone moto z3 2018
Moto Z3 leaked

Di samping masalah layar, bocoran Moto Z3 juga memperlihatkan salah satu Moto Mods. Di gambar terlihat sebuah cover belakang dengan tulisan 5G. Mungkin Moto Mods 5G ini akan tersedia di wilayah yang sudah mendukung kualitas koneksi internet itu.

Oya, kamera Moto Z3 dan Moto Z3 Play nampaknya juga sudah memiliki kamera ganda. Tahun lalu, kamera ganda hanya hadir di Moto X4 dan Moto G5s Plus.

Moto X5

handphone moto x5 2018
Moto X5 leaked

Handphone Moto X4 memang tidak masuk Indonesia secara resmi. Tapi tidak ada salahnya membahas penerusnya, Moto X5. Handphone ini juga memiliki layar dengan sudut membundar (ukurannya 5,9 inci dengan rasio 18:9). Tapi yang paling menarik bukan itu.

Kalau kamu perhatikan lebih detil, bagian atas layar Moto X5 ada tonjolan seperti iPhone X. Hahaha, terus terang saya merasa sedikit sebal melihatnya. Tapi kelihatannya seri X di handphone Moto memang dipasang sebagai handphone dengan fitur yang berani.

Hal itu juga nampak dari fitur kamera ganda baik di depan dan di belakang. Mirip seperti Samsung Galaxy S8 (2018).  Tapi Galaxy A8 hanya punya satu kamera belakang. Ini membuat Moto X5 jadi sedikit lebih unik.

Sama seperti Moto Z3, Moto X5 juga tidak punya tombol Home fisik. Jadi sampai di sini kita boleh mengambil kesimpulan kalau ini merupakan perkembangan Moto Action di handphone Moto 2018.

Moto G6, Moto G6 Plus, dan Moto G6 Play

handphone moto g6 2018
Moto G6 leaked

Moto G sebagai kelas di bawah Moto Z dan Moto X, punya perkembangan yang lebih sederhana. Walau begitu, yang mengejutkan, Lenovo menambah seri Play di samping seri Plus. Jadi ada Moto G6, Moto G6 Plus, dan Moto G6 Play. Mungkin seri Play menggantikan seri Gs.

Fitur dan desain Moto G6 tahun ini kelihatannya punya perbedaan dengan handphone lainnya. Tahun lalu, Moto G5s Plus dan Moto Z2 Play menurut saya terlalu mirip.

salah satu handphone moto 2018 yaitu moto g6 plus
Moto G6 Plus leaked

Bisa kita lihat, layarnya masih kotak, tidak membundar (ha, tidak ada tonjolan!). Disebutkan bahwa ukuran layar Moto G6 dan Moto G6 Plus adalah 5,7 inci, sementara Moto G6 Play berukuran 5,93 inci.

Lalu ada tombol Home di bawah layar Moto G6 dan Moto G6 Plus. Bentuknya mirip seperti tombol di handphone Samsung. Entah apakah berfungsi sebagai fingerprint scanner juga atau tidak. Moto G6 Play, di sisi lain, tidak memilikinya.

handphone moto g6 play 2018
Moto G6 Play leaked

Di sisi kamera, Moto G6 dan Moto G6 Plus sudah menggunakan kamera ganda. Sementara Moto G6 Play masih menggunakan kamera tunggal.

Bocoran ini juga menyebutkan beberapa spesifikasi. Prosesor Moto G6 akan menggunakan Snapdragon 450, Moto G6 Plus menggunakan Snapdragon 630. Begitupun untuk baterai. Moto G6 akan memiliki baterai 3000 mAh, Moto G6 Plus punya 3200 mAh, dan Moto G6 Play punya 4000 mAh.

Moto E5

handphone moto e5 2018
Moto E5 leaked

Moto E merupakan seri handphone murah Motorola. Secara keseluruhan Moto E5 masih mirip dengan Moto E4. Bedanya, tidak terlihat tombol Home di bagian depan. Lalu, fitur fingerprint scanner disebut berpindah ke bagian belakang. Mungkin di logo M Motorola. Menurut saya ini agak sedikit mengecewakan.

Selebihnya belum ada bocoran lain soal handphone ini. Kecuali bahwa Moto E5 konon akan diumumkan pada tanggal 3 April. Selebihnya, nampaknya masih belum banyak perubahan.

Kalau bocoran ini akurat, kelihatannya memang cukup menarik. Walau perkembangannya baik, Motorola cukup bermain aman di tahun 2017. Tidak ada fitur wah yang berani.

Tahun ini pun kelihatannya masih seperti itu. Untuk cakupan Motorola, memang handphone Moto 2018 mengalami perubahan menarik. Sedangkan kalau bicara smartphone keseluruhan, masih bermain aman (kecuali mungkin Moto X5 ????). Tentu saja kita masih harus menunggu realisasinya nanti.


Foto: Droid Life & MySmartprice 

    %d blogger menyukai ini: