Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Desain Website iCloud Baru Lebih Keren, Pakai Sistem Widget Kayak di iPhone

ilustrasi screenshot website icloud baru
Anom Penulis

Apple sedang memperbarui tampilan website iCloud. Sekarang desain website iCloud baru terlihat lebih keren, dengan penempatan aplikasi seperti widget. Seperti apa? Yuk, kita bahas.

Tampilan website iCloud yang sekarang ini memang nggak jelek. Tapi ketika kamu membukanya, kamu hanya akan menemukan jejeran ikon aplikasi.

Penampilannya terlihat statis, tidak ada sesuatu yang tampak interaktif. Tapi hal itu akan segera berubah.

Penampilan Website iCloud Baru

Saat ini, jika kamu membuka situs web iCloud, kamu akan melihat pemberitahuan bahwa akan ada iCloud baru. Kamu bisa membukanya untuk melihat penampilannya yang baru.

desain website iCloud sekarang

Desain website iCloud baru menampilkan background warna biru dengan ornamen lingkaran bagaikan awan. Kemudian ada kotak-kotak (disebut tile alias ubin) seperti widget yang menampilkan berbagai hal.

Kotak pertama menunjukkan akun milikmu, beserta keterangannya. Kemudian ada satu kotak berisi jajaran ikon aplikasi, sementara lainnya tampil seperti widget, dengan konten di dalamnya.

tangkapan layar website icloud baru
tampilan baru website iCloud

Dengan begitu, dengan cepat kamu bisa melihat apa saja gambar atau video di iCloud Photo, apa saja catatan yang kamu buat, dan juga melihat rencana acara di kalender.

Lalu, kamu juga bisa mengaturnya. Klik tombol Customize Home Page dan kamu bisa memilih widget aplikasi apa saja yang muncul di sana.

menambah widget aplikasi

Kalau kita klik salah satu kotak aplikasi, website akan membuka aplikasi bersangkutan. Contohnya kamu klik iCloud Photos, maka kamu akan melihat galeri fofo dan video dari perangkat Apple milikmu, misalnya dari iPhone.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan Pages untuk mengetik dokumen, Numbers untuk membuat lembar kerja, dan Keynote untuk membuat presentasi. Seperti kita ketahui, ketiga aplikasi itu adalah versi Apple sebagai jawaban dari Microsoft Office (yang berganti jadi Microsoft 365).

Baca Juga:  Aplikasi Notes Apple Lebih Powerful Dari Yang Kita Bayangkan

Begitu juga ketika kamu klik Notes, Mail, Kalender, dll. Jadi website Cloud baru ini berfungsi seperti hub (pusat) yang mengumpulkan aplikasi Apple secara online.

Fitur Lebih Banyak, Pendekatan Tetap Personal

Hal ini pun menjadi suatu hal tersendiri yang menarik. Microsoft dan Google juga memiliki layanan online berbasis cloud. Tapi pendekatan hub mereka lebih ke produktivitas.

Apple memilih pendekatan yang lebih personal. Dimulai dengan dirimu dan aplikasi apa saja yang kamu gunakan. Baru dari situ melangkah ke tiap aplikasi sebagai sara informasi atau produktivitas.

Di sisi lain, belum terlihat kehadiran aplikasi hiburan dari Apple, seperti Apple Music atau Apple TV+ (yang kini naik harga langganannya). Padahal di situs web baru ini ada informasi apa kita pelanggan iCloud+ atau tidak.

Tapi mungkin Apple memang membatasi aplikasi inti saja. Bisa saja mereka menganggap aplikasi hiburan masalah lain. Mungkin juga karena website iCloud baru ini masih dalam tahap beta (uji coba), mereka belum menambahkannya.

Selain itu, pada menu di bagian atas juga ada tombol untuk memberi masukan, tombol menu fitur, dan tombol untuk membuat berkas baru (catatan, pengingat, acara, dokumen, dll).

Nah, pengguna perangkat Apple, bagaimana menurutmu? Desain yang baru ini lebih keren kan? Oya, kalau kamu mau melihatnya, seperti diebut di atas, kamu bisa klik pemberitahuan di situs web iCloud. Selain itu bisa juga langsung ke alamat beta.icloud.com.


Jangan lupa juga baca juga artikel seru seputar teknologi lainnya di Urbandigital. Baca juga berbagai artikel soal gadget, aplikasi, game, atau tutorial lain dari saya, Anom

Jika ada pertanyaan atau saran lebih lanjut, bisa tulis di kolom komentar, atau kirim email ke [email protected]