Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

KEREN! Desainer Ini Ciptakan Gaun Cantik dari Kabel Listrik Bekas

Indri Penulis

Seorang desainer asal Rumania, Alexandra Sipa berhasil membuat dress unik. Bukan dibuat dari kain, tapi gaun ini dibuat dari kabel listrik bekas.

Apa yang ada di pikiran kamu saat mendengar kata ‘dress’ atau ‘gaun?’ Pasti yang muncul adalah gambaran gaun dengan kain yang menjuntai panjang bukan?

popculture.id

Itu sih sudah biasa. Sekarang banyak desainer yang mulai merancang dress unik. Bukan hanya desainnya yang unik, namun bahan yang mereka pakai juga sangat istimewa.

Salah satu desainer yang baru-baru ini jadi perbincangan hangat adalah Alexandra Sipa. Desainer ini berhasil membuat gaun cantik dari bahan kabel listrik bekas.

Sumber Gambar : Design Boom

Penampakan Gaun dari Kabel Listrik Bekas

Buat kalian yang belum tahu Alexandra Sipa, dia adalah desainer Rumania yang berbasis di Inggris. Alexandra telah menemukan cara unik untuk memanfaatkan limbah kabel listrik.

Berawal dari earphone-nya yang rusak, kemudian kabel earphone tersebut jadi tidak terpakai. Alexandra kemudian mendapat ide untuk menggunakan kabel sebagai benang.

Setelah merancang desain, akhirnya Alexandra berhasil menciptakan dress dari kabel bernama ‘Romanian Camouflage.’

Sumber Gambar : Design Boom

Dress ini dibuat untuk proyek kelulusan Alexandra dari universitas. Lewat dress ini, Alexandra ingin menyampaikan kesan penghematan dan feminitas ekstrem yang ada di kampung halamannya, Romania.

Sumber Gambar : Design Boom

Saat merancang dress ini, Alexandra mengaku kalau dia juga terinpsirasi dengan neneknya. Karena neneknya yang mengajari Alexandra menjahit dan membuat renda.

Sumber Gambar : Design Boom

Bisa kalian lihat dari desain gaunnya. Terlihat mewah dan inovatif bukan? Alexandra memang sengaja menciptakan desain tekstil mewah, unik dan ada unsur budaya di dalamnya.

Saat membuat dress, Alexandra membuat hibridasi renda Romanian tradisional. Renda ini dibuat menggunakan teknik Barat pada umumnya.

Sumber Gambar : Design Boom

Selain gaun, Alexandra juga membuat item fashion lain. Item-item ini seperti mantel ruffle, rompi dan tas. Mereka semua dibuat menggunakan kabel listrik yang sudah tidak terpakai. Kabel ini Alexandra dapatkan dari London.

Pemakaian kabel tidak terpakai menjadi item fashion memang patut diacungi jempol. Selain punya nilai seni yang tinggi, pemakaian kabel bekas juga bisa mengurangi limbah dari peralatan elektronik.

Seperti yang kalian tahu, peralatan elektronik saat ini telah dipakai dalam berbagai hal. Tentunya hal ini membuat limbah peralatan elektronik cepat bertambah.

Limbah elektronik sendiri telah menjadi masalah lingkungan global. Bahkan limbah elektronik dari seluruh dunia menembus angka 50 juta ton per tahun 2020.

    %d blogger menyukai ini: