Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Dukungan Windows 7 Dihentikan Bersama Windows 8, Segera Upgrade OS-mu!

dukungan windows 7 dihentikan
Sumber: Upstation
Indri Penulis

Resmi diumumkan, dukungan Windows 7 dihentikan bersama dengan Windows 8. Kapan itu? Cek berita lengkapnya dalam ulasan berikut ini.

Windows 7 dan Windows 8 telah menemani pengguna selama bertahun-tahun. Bahkan Windows 7 telah menjadi salah satu OS terbaik besutan Microsoft sampai sekarang. Soalnya basis pengguna Windows 7 sangat besar, dan mayoritas puas dengan kinerjanya.

Sayangnya masa kejayaan Windows 7 dan Windows 8 sebentar lagi berakhir. Baru-baru ini Microsoft mengumumkan bahwa dukungan Windows 7 dihentikan bersama dengan Windows 8. Lalu, kapan itu?

Dukungan Windows 7 Dihentikan Bareng Windows 8

Sebenarnya isu soal dukungan Windows 7 dihentikan sudah beredar sejak tahun lalu. Waktu itu, Microsoft mengatakan kalau dukungan OS kesayangannya bakal dihentikan pada tahun 2023.

Kini lewat pengumuman terbarunya, Microsoft mengatakan kalau Windows 7 dan Windows 8 tidak akan mendapat pembaruan keamanan. Perubahan ini berlaku mulai tanggal 10 Januari 2023, sekaligus menandai akhir masa pakai resminya.

Sebenarnya penghentian dukungan untuk Windows 7 sudah diumumkan sejak tahun 2020. Tapi Microsoft membatalkannya, dan melakukan perpanjangan selama 3 tahun yakni sampai tahun 2023 ini.

dukungan windows 7 dihentikan
Sumber: Gizbot

Microsoft 365 diatur oleh Kebijakan Siklus Hidup Modern yang mengharuskan pelanggan tetap mengikuti layanan dan persyaratan sistem, untuk produk atau layanan. Termasuk menggunakan Microsoft 365 pada sistem operasi Windows yang saat ini didukung,” kata Microsoft.

Terus gimana nasib pengguna yang sampai sekarang masih pakai Windows 7 dan 8? Pengguna bakal menghadapi beberapa resiko.

Menggunakan Microsoft 365 pada OS lama yang tidak didukung, bisa menyebabkan masalah kinerja dan keandalan dari waktu ke waktu. Sebagai pelanggan Microsoft 365 yang berharga, kami ingin terus memberikan pengalaman Microsoft 365 yang stabil,” lanjut Microsoft.

Hal yang paling mengkhawatirkan tentu saja serangan dunia maya dari hacker. Soalnya OS yang dipakai saat ini sudah tidak mendapat perlindungan mutakhir. Sedangkan kejahatan di dunia maya semakin canggih.

Baca Juga:  Intel Bakal Hapus "Celeron" dan "Pentium" Mulai Tahun 2023

Lalu apa yang harus dilakukan? Sebagai alternatif, pengguna disarankan untuk upgrade ke OS yang lebih baru, atau setidaknya yang masih mendapat dukungan resmi dari Microsoft.

Maka dari itu, jika Anda menggunakan Microsoft 365 di komputer yang menjalankan Windows 7, kami sangat menyarankan Anda pindah ke Windows 10,” pungkas Microsoft.

Windows 10 dan Windows 11 adalah alternatif yang paling bagus saat ini. Toh sekarang banyak juga perangkat yang sudah support kedua OS tersebut.

Intinya menurut penurutan dari Microsoft, pengguna Windows 7 kini disarankan untuk upgrade ke Windows 10. Sementara pengguna Windows 8 atau 8.1 disarankan untuk upgrade ke Windows 11.

Saran dari Microsoft tentu saja nggak bisa dianggap enteng. Dari segi keamanan dan support layanan / aplikasi terbaru, pengguna jelas perlu segera upgrade versi OS terbaru.

Tapi gimana jadinya kalau perangkat yang dipakai pengguna nggak support Windows 10 atau 11? (biasanya masalah ini dialami oleh pemilik perangkat jadul). Mau nggak mau, pengguna juga harus meng-upgrade perangkat mereka juga. Ya kan?


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]