Ini Efek yang Terjadi Kalau Kamu Isi Daya HP Xiaomi Pakai Charger 200W

Terbongkar sudah! Xiaomi telah membeberkan efek apa yang bakal terjadi kalau kamu mengisi daya HP pakai charger 200W mereka.

Xiaomi adalah salah satu perusahaan yang berambisi mengembangkan teknologi fast-charger. Contohnya bisa kamu lihat pada charger 100W dan 200W yang telah mereka umumkan sebelumnya.

Salah satu dari keduanya, jelas yang terlihat paling menggiurkan adalah charger 200W. Pasalnya dengan angka sebesar ini, pengisian daya HP pasti bakal berjalan β€œsuper-duper” cepat. Tak salah, karena Xiaomi sebelumnya telah membeberkan kalau teknologi ini bisa mengisi daya sampai 100% hanya dalam waktu 8 menit.

xiaomi 200w charging

Tapi masih ada satu hal yang bikin orang-orang penasaran. Yakni apa saja efek yang bakal ditimbulkan oleh fast-charging sebesar ini (terutama dalam efeknya ke daya tahan baterai)?

Nah, lewat sesi Q&A yang dibuka Xiaomi baru-baru ini, rasa penasaranmu itu bakal terjawab tuntas. Jadi menurut perkiraan Xiaomi, efek pertama yang ditimbulkan charger 200W jelas bakal merambat ke baterai ponsel. Nantinya, baterai akan kehilangan 20% kapasitasnya setelah 800 siklus.

Kalau dikira-kira, hal tersebut akan terjadi setelah 2 tahun lebih kamu mengisi daya ponsel secara penuh setiap hari. Tapi kalau kamu mengisi daya di luar perhitungan tersebut (lebih jarang mengisi daya), maka hilangnya kapasitas baterai akan terjadi lebih lama lagi.

Jadi, seperti yang disebut oleh GSMArena, jika charger 200W ini dipakai ke baterai berkapasitas 5.000mAh (contohnya di Mi 11 Ultra), maka baterai tersebut akan kehilangan 1.000mAh setelah 800 siklus. Jadi nanti setelah 800 siklus, kapasitas baterai yang tersisa cuma 4.000mAh.

Lebih lanjut, situs tersebut juga mengatakan tak peduli berapa lambat charger yang kamu pakai, baterai ponsel tetap akan memburuk setelah 800 siklus (cuma mungkin waktunya saja yang berbeda).

Panas adalah penyebab utama kerusakan baterai. Jadi mau kamu pakai charger 5W atau 200W selama 20 menit (misalnya), jumlah panas yang diterima baterai tetap akan mengurangi dayanya seiring berjalannya waktu.

%d blogger menyukai ini: