Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

4 Tips dan Cara Mengatasi Email Tidak Mau Sinkron di Ponsel Android

aplikasi email gmail
Indri Penulis

Gimana cara mengatasi email yang tidak mau sinkron di ponsel Android? Biar nggak bingung, mungkin kamu bisa coba beberapa tips berikut.

Saat ini email tentu sudah bukan istilah yang asing untuk kebanyakan orang. Apalagi sekarang berbagai urusan mulai dari pekerjaan, sekolah, sampai mau daftar apapun, pasti wajib pakai email.

popculture.id

Dengan adanya email, berbagai aktivitas online bisa berjalan dengan gampang. Misalnya untuk mengirim informasi penting, bikin jadwal rapat bareng rekan kerja, dll. Dan yang lebih serunya lagi, kita bisa menyinkronkan email dari platform apapun ke ponsel Android. Dengan begitu kita bisa mengakses email yang masuk kapanpun dan di manapun.

Nah masalahnya, kadang-kadang email di ponsel Android nggak mau sinkron. Misal aslinya kamu sudah mendapat email baru, tapi di ponsel Android nggak ada notifikasi apapun yang menandakan ada email baru masuk.

Jelas masalah ini bakal bikin kamu ketinggalan informasi penting, apalagi kalau email tersebut berisi informasi urgent yang harus ditangani dengan cepat. Tapi nggak perlu khawatir, kali ini saya akan kasih beberapa cara dan tips mengatasi email yang tidak mau sinkron di ponsel Android.

Pastikan Sinkronisasi Email Otomatis Aktif

Gmail punya fitur sinkronisasi otomatis. Jadi saat fitur ini aktif, nggak peduli di manapun kamu mengakses email, maka email tersebut akan tetap sinkron dan up to date. Sebaliknya, kalau fitur ini nggak aktif, otomatis email nggak bakal mau sinkron sama ponsel Android.

Bagaimana cara menyinkronkan email di aplikasi gmail ponsel Android? Coba praktikkan cara-cara ini. Oya, di tutorial kali ini sebagai contoh saya pakai Gmail ya (yang lebih merakyat tentunya). Tapi langkah-langkah ini harusnya hampir mirip dengan klien email lainnya.

  • Buka aplikasi gmail.
  • Klik ikon tiga garis horizontal di sudut kiri atas, lalu pilih “Setelan.”
  • Selanjutnya pilih akun email yang mau kamu sinkronkan (ini berlaku buat yang punya beberapa akun gmail sekaligus ya).
  • Sekarang scroll ke bawah dan pastikan menu “Sinkronkan Gmail” di bagian Penggunaan Data tercentang.

Lakukan Sinkronisasi Manual

Kalau sinkronisasi otomatis nggak mempan karena alasan tertentu, kamu bisa coba cara selanjutnya yakni menyinkronkan email secara manual.

  • Buka Pengaturan yang ada di ponsel kamu.
  • Setelah itu pilih menu “Akun” (tergantung jenis ponselnya, kalau di ASUS ROG Phone 5/5s nama menu-nya “Sandi & akun).
  • Selanjutnya klik akun email yang mau kamu sinkronkan.
  • Sekarang klik “Sinkronisasi Akun.”
  • Kemudian klik ikon bintang tiga yang ada di pojok kanan atas layar dan pilih “Sinkronkan sekarang.”

Bersihkan Penyimpanan Android-mu

Saat ponselmu mengunduh email, aktivitas ini bakal menghabiskan sebagian ruang di memori perangkat. Kalau sampai kehabisan penyimpanan di ponsel, mungkin inilah yang menyebabkan email kamu nggak bisa disinkronkan (apalagi saat ponsel coba mengunduh email dengan lampiran berukuran besar).

Hapus Cache dan Data untuk Aplikasi Email-mu

Layaknya semua aplikasi yang ada di HP, aplikasi email akan menyimpan menyimpan data dan file cache di ponsel. Walaupun file-file ini biasanya nggak menyebabkan masalah apapun, tapi nggak ada salahnya agar kamu membersihkan cache untuk melihat apakah hal tersebut bisa memperbaiki masalah sinkronisasi email di ponsel Android atau nggak.

Okayyy, itu tadi beberapa cara dan tips mengatasi email yang tidak mau sinkron di ponsel Android. Selamat mencoba ya!

    %d blogger menyukai ini: