Facebook Mau Bikin Aplikasi Khusus Anak “Instagram for Kids”

Facebook kabarnya akan membuat aplikasi “Instagram for Kids.” Ini adalah aplikasi Instagram yang dibuat khusus untuk anak di bawah umur.

Sudah bukan rahasia lagi kalau anak di bawah umur masih belum boleh memakai media sosial. Alasannya banyak, salah satunya agar anak-anak tidak salah dalam menggunakan media sosial.

Ayolah. Kita saja yang sudah dewasa, kadang masih “ngawur” dalam memakai media sosial. Apalagi kalau media sosial jatuh ke tangan anak-anak.

Namun salah satu perusahaan media sosial terbesar di dunia, Facebook, kabarnya akan membuat aplikasi Instagram buat anak. Aplikasi ini diklaim sangat aman untuk anak dan tidak akan mengancam keselamatan mereka.

Facebook akan Buat Aplikasi “Instagram for Kids”

Dilansir dari situs Buzzfeed, Facebook berencana membuat aplikasi “Instagram for Kids.” Sesuai namanya, aplikasi media sosial ini ditujukan khusus untuk anak-anak. Yah, seperti yang kita tahu, selama ini Instagram melarang anak di bawah usia 13 tahun untuk memakai layanannya.

Sumber Gambar : Tech News

Pengumuman ini datang dua hari setelah Instagram mengatakan jika mereka perlu melakukan banyak hal untuk melindungi pengguna termudanya.

Bukan tanpa alasan mengingat selama ini ada banyak kasus pelecehan, bullying, dll, yang hadapi anak-anak saat memakai Instagram. Postingan tersbeut memang tidak menyebutkan niat Instagram untuk ‘membuat layanan untuk anak di bawah 13 tahun.’

Instagram hanya mengatakan, “Kami mewajibkan pengguna berusia minimal 13 tahun untuk memakai Instagram, dan telah meminta pengguna baru untuk mengungkapkan usia mereka sebelum mendaftar akun Instagram.”

Di sisi lain, mungkin ini adalah salah satu cara Facebook (yang dia dan aplikasi media sosial lain di bawahnya dipakai lebih dari 3,3 miliar orang) memperluas basis penggunanya.

Instagram sepertinya juga melihat anak-anak di bawah 13 tahun sebagai segmen pertumbuhan yang sangat menjanjikan. Apalagi popularitas aplikasi di kalangan remaja saat ini makin meningkat.

Dalam keterangan singkatnya, Adam Mosseri, kepala Instagram mengatakan bahwa kini semakin banyak anak yang ingin memakai aplikasi seperti Instagram. Sayangnya keinginan itu harus terkendala karena mereka masih di bawah umur.

Moserri menambahkan bahwa pengembangan produk anyar ini masih dalam tahap awal. Perusahaan juga belum memiliki rencana yang terperinci.

Namun Moserri mengatakan jika proyek ini akan diawasi olehnya langsung. Ia tidak sendiri, Moserri akan didampingi oleh Pavni Diwanji, wakil presiden yang bergabung dengan perusahaan induk Facebook.

Diwanji adalah orang yang kompeten dalam membuat layanan untuk anak. Sebelumnya, pria ini pernah bekerja di Google sebagai pengawas pembuatan layanan YouTube Kids.

Apakah Instagram untuk Anak Aman?

Sebenarnya belum tentu sih. Coba kita bandingkan dengan kasus aplikasi Messenger Kids yang rilis tahun 2017 silam. Ini adalah produk Facebook yang dibuat khusus untuk anak usia antara 6 – 12 tahun.

Setelah layanan ini diluncurkan, lebih dari 95 organisasi perlindungan anak mengirimkan surat ke CEO Facebook, Mark Zuckerberg.

Mereka meminta Facebook menghentikan layanan ini. Mereka mengklaim bahwa Messenger Kids bisa menyebabkan pemakaian media sosial secara berlebihan untuk anak. Aplikasi ini juga dikhawatirkan bisa merusak kesehatan mental anak.

Apakah hal yang serupa akan terjadi di Instagram untuk anak nantinya? Hm, kita lihat saja nanti.

%d blogger menyukai ini: