Facebook Bikin Smartwatch, Diprediksi Debut Pada Tahun 2023

Facebook kabarnya akan bikin produk dari lini smartwatch. Rumornya, smartwatch ini akan memulai debutnya pada tahun 2023.

Facebook, satu hal yang terlintas dalam pikiran kita saat mendengar istilah itu adalah sebuah ‘platform media sosial’ berwarna biru. Tidak kaget sih. Mengingat Facebook sampai sekarang masih masuk dalam jajaran platform media sosial terbesar di dunia.

Sukses dengan media sosialnya, Facebook sepertinya ingin mengepakkan bisnis ke bidang lain. Bukan lagi di bidang media sosial, Facebook kabarnya mau bikin smartwatch.

Facebook Mau Bikin Smartwatch

Dilansir dari The Information (via XDA-Developers), ada alasan khusus kenapa Facebook menargetkan pasar smartwatch. Perusahaan Mark Zuckerberg ini menilai bahwa smartwatch adalah salah satu pasar terbesar setelah smartphone.

Sebelumnya, Facebook pernah mencoba meluncurkan produk smart home dan perangkat VR. Jadi bisa dibilang, perusahaan ini telah berpengalaman dalam menjual hardware ke konsumen.

Sumber Gambar : XDA-Developers

Pertanyaannya, kira-kira seperti apa fitur yang akan ditawarkan smartwatch Facebook? Rumornya, salah satu fitur utama smartwatch ini adalah ‘chat alias perpesanan.’

Facebook sekarang punya tiga platform perpesanan terbesar di pasar (Facebook Messenger, WhatsApp dan Instagram). Sepertinya, smartwatch ini akan terintegrasi dengan platform-platform di atas.

Smartwatch ini kabarnya juga akan mendukung konektivitas seluler. Jadi nanti pengguna bisa tetap terhubung dengan orang lain tanpa membutuhkan smartphone.

Sama seperti produk lain, produk buatan Facebook ini juga akan fokus pada kesehatan dan kebugaran. Sumber yang sama mengklaim jika smartwatch ini akan terintegrasi ke beberapa layanan populer masa kini, termasuk Peloton Interactive.

Jam tangan ini akan menjalankan versi open-source dari Google Android, namun tidak selamanya begitu. Sebab The Information mengatakan jika Facebook sedang mengerjakan sistem operasinya sendiri.

Kira-kira, bisa kah smartwatch Facebook menyaingi Apple Watch? Kalian tahu sendiri, jajaran Apple Watch telah mendominasi pasar dunia.

Hm, namun sepertinya ada cara agar smartwatch Facebook bisa dilirik konsumen. Yakni, mereka harus menjual smartwatch ini dengan harga yang murah. Tidak jelas berapa biayanya, namun setidaknya harga smartwatch di bawah Apple Watch.

Sementara itu, produk wearable yang dikembangkan Facebook kabarnya adalah bagian dari strategi besar perusahaan. Selain smartwatch, The Information juga melaporkan jika Facebook sedang mengerjakan kacamata AR.

Kacamata ini rumornya akan debut pada 2023, sama seperti smartwatch. Kalau itu benar, maka bisa dipastikan Facebook bakal berhadapan langsung dengan Apple. Pasalnya, Apple sekarang juga tengah mengembangkan kacamata AR.

%d blogger menyukai ini: