Facebook dan Instagram di iOS 14.5 ‘Ancam Pengguna’ Agar Mau Dilacak

Facebook dan Instagram pilih langkah unik untuk menentang fitur App Tracking Transparency (ATT) di iOS 14.5. Keduanya ‘mengancam’ pengguna agar mau dilacak.

iOS 14.5 telah resmi hadir beberapa waktu lalu dengan berbagai fitur dan pembaruan. Salah satu fitur paling fenomenal dari iOS 14.5 adalah App Tracking Transparency. Fitur ini mengharuskan pengembang aplikasi ‘mendapat izin dari pengguna iOS’ lebih dulu, agar bisa melakukan pelacakan data pengguna.

Di awal pengumumannya, fitur ini sempat ditentang beberapa pengembang, dan Facebook salah satunya. Facebook mengatakan kalau fitur ATT dapat membunuh bisnis kecil yang memanfaatkan iklan, dan tentunya bisa mengurangi pendapatan Facebook itu sendiri.

Kali ini, Facebook melanjutkan kampanyenya agar pengguna iOS 14.5 mau dilacak oleh mereka. Yakni dengan ‘mengancam’ pengguna aplikasi Facebook dan Instagram.

Facebook dan Instagram Ancam Pengguna iOS 14.5

Pengamat teknologi, Ashkan Soltani, adalah orang yang pertama kali menemukan ‘ancaman’ ini. Ia lalu mengunggahnya ke akun Twitter-nya.

Menurut penuturannya, baru-baru ini Facebook dan Instagram menambahkan prompt baru ke aplikasi versi iOS-nya. Mereka memberi tahu pengguna bahwa informasi yang dikumpulkan dari aplikasi dan situs web lain bisa ‘membantu menjaga agar Facebook tetap gratis.’

Menanggapi kabar ini, juru bicara Facebook mengatakan kalau ini bukan ‘ancaman’ buat pengguna. Facebook mengungkapkan kalau prompt tersebut adalah ‘educational screen.’ Perusahaan juga telah memberikan ‘detil lebih lanjut’ tentang bagaimana cara mereka memakai data, untuk iklan yang dipersonalisasi.

Versi iOS ini mewajibkan kami minta izin untuk melacak beberapa data dari perangkat ini, untuk meningkatkan iklan Anda. Pelajari bagaimana kami membatasi pemakaian informasi ini jika Anda tidak mengaktifkan setelah perangakat,” bunyi prompt di aplikasi iOS Facebook dan Instagram.

Kami menggunakan informasi tentang aktivitas Anda yang diterima dari aplikasi dan situs web lain untuk: menampilkan iklan yang dipersonalisasi, membantu menjaga Facebook tetap gratis, dan mendukung bisnis yang mengandalkan iklan untuk lebih menjangkau pelanggan,” lanjutnya.

Yah, Facebook selama ini memang telah menjadi ‘penentang nomor satu’ terhadap fitur App Tracking Transparency iOS 14.5. Begitulah, alasannya perubahan ini dapat merugikan bisnis kecil yang bergantung pada iklan Facebook.

Walau begitu, taktik ‘menggratiskan Facebook dan Instagram’ jika pengguna mau dilacak tampaknya bakal bertentangan dengan tagline lama Facebook (‘gratis dan akan selalu begitu’). Karena itu artinya, jika pengguna iOS tidak mau dilacak oleh Facebook, mereka harus membayar sejumlah uang ke Facebook.

%d blogger menyukai ini: