Facebook Terbitkan Tombol Donasi untuk Penggalangan Dana

penggalangan dana facebook

Facebook menghadirkan tombol donasi untuk penggalangan dana organisasi nirlaba di berbagai aplikasinya, termasuk Facebook Stories, Live Stream Game, dan Profil Instagram.

Media sosial memang merupakan salah satu kanal yang efisien untuk menggalang dana. Dengan mudah, sebuah organisasi nirlaba atau non-profit bisa meraih perhatian dan mendorong kampanye sosial mereka.

Kehadiran tombol donasi tentu akan mempermudah kampanye tersebut lebih jauh lagi. Pengguna media sosial yang bersangkutan (dalam hal ini Facebook dan Instagram) bisa mendukung secara pasti kampanye tersebut.

Facebook sebagai media sosial terbesar, sudah cukup lama menjadi sarana kegiatan seperti ini. Jadi sangat wajar kalau mereka menambahkan tombol donasi sebagai fitur. Apalagi sebelum ini, mereka juga mengumumkan Facebook Pay.

Stiker Donasi di Facebook Stories

Sebelum ini, stiker donasi sudah hadir di Instagram Stories. Kini, fitur tersebut juga hadir di Facebook Stories dengan cara yang tidak terlalu berbeda. Dengan mudah, pengguna bisa menambahkannya di dalam cerita mereka.

Stiker donasi di FB Stories
Stiker donasi di FB Stories

Lewat Live Streaming Game

Facebook juga menghadirkan tombol donasi ini di fitur Live Streaming Game mereka. Sebelumnya, Facebook sudah menghadirkan fungsi ini secara terbatas di beberapa live streamer.Sekarang Facebook merilisnya secara lebih luas.

Gamer yang melakukan live streaming bisa memilih kegiatan sosial yang mereka dukung. Lalu, selain tombol tersebut, juga ada indikator yang memberitahu pencapaian penggalangan dana yang dilakukan.

donasi di gaming livestream facebook
Donasi di Gaming Live Stream Facebook

Donasi di Profil Instagram

Seperti sudah disebutkan, sebelum ini donasi bisa dilakukan melalui stiker di Instagram Stories. Kelemahannya, Stories tidak bertahan lama. Namun, kini tombol donasi juga bisa hadir di profil bisnis akun Instagram organisasi nirlaba yang bersangkutan.

Dengan begitu, kegiatan sosial yang mereka lakukan bisa lebih mudah terlihat. Para pengguna lain juga bisa terus memberi dukungan. Karena tombol di Profil tetap hadir, tidah segera hilang seperti di Stories.

β€”

Sayangnya, berdasar informasi resmi dari Facebook, fitur donasi dan penggalangan dana tidak hadir di semua negara dan wilayah. Fitur ini hadir tergantung ijin dari negara yang bersangkutan. Dalam hal ini, Indonesia belum termasuk dalam daftar negara yang memiliki fitur donasi dan penggalangan dana.

Tapi tentu saja hal ini bisa berubah di masa mendatang. Kita lihat saja nanti.