Fakta Sebenarnya Di Balik Serial dengan Skor IMDb Tertinggi, Chernobyl

Chernobyl adalah serial yang HBO yang sangat populer. Berikut ini fakta di balik serial dengan skor IMDb tertinggi sepanjang sejarah itu.

Jika kalian penggemar serial, maka jangan sampai melewatkan Chernobyl. Serial tersebut dapat kalian saksikan di Netflix.

Chernobyl bukan serial TV dengan cerita fiksi. Namun serial ini menayangkan kisah nyata dari PLTN bernama Chernobyl di Uni Soviet yang meledak tahun 80-an.

Serial ini mempertontonkan dampak meledaknya PLTN secara akurat. Bahkan penonton akan disuguhkan banyak adegan mengerikan dan traumatik.

Karena mampu menarik emosi penonton, maka serial ini mendapat skor IMDb tertinggi hingga kini. Berikut ini beberapa fakta di balik serial Chernobyl:

Kecelakaan Helikopter

Pada adegan awal di episode 2, saat itu Valery Legasov dan Boris Shcherbina sedang berkumpul. ย Mereka sedang mendiskusikan rencana menjatuhkan pasir timah di atas reaktor yang terbakar.

Kemudian ada seorang pilot yang mau mengorbankan diri. Pilot tersebut memberanikan diri sebagai orang yang menjatuhkan pasir timah di atas reaktor nuklir.

Legasov memperingatkan kepada pilot agar jangan terlalu dekat dengan asap reaktor. Hal ini karena kepulan asap radioaktif bisa mempengaruhi kinerja helikopter.

Episode ini dibuat untuk menggambarkan bahaya radiasi nuklir meskipun hanya kepulan asap. Hal ini terbukti dengan tewasnya seluruh kru helikopter selang 4 tahun kemudian.

Penderitaan Korban

Serial Chernobyl penuh dengan bencana, pencarian fakta, dan penderitaan korban. Setiap adegan di serial ini pasti selalu membuat penonton ngeri.

Kejadian sebenarnya adalah banyak orang terkena dampak dari meledaknya reaktor Chernobyl. Dampak paling mengerikan terjadi pada orang terdekat dari tempat kejadian.

Mereka menanggung penderitaan paling berat karena radiasi nuklir. Penduduk di Kota Pripyat juga harus mengalami komplikasi kesehatan akibat radiasi nuklir.

Pencarian Bukti Ledakan

Fakta sebenarnya, pemerintah tidak tahu pasti tentang kesalahan PLTN Chernobyl. Tapi serial ini mampu menceritakan kisah dramatis tentang pengungkapan kejadian.

Bukti ledakan dapat dilihat di episode terakhir. Episode ini memperlihatkan Valery Legasov yang berdebat tentang alasan RBMK bisa meledak, serta bencana dibalik Chernobyl.

Secara visual serial TV Chernobyl memang tidak terlalu keren. Namun penuturan dialog masing-masing karakter mampu menumbuhkan rasa penasaran penonton.

Visual Uni Soviet Tahun 1980-an

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, serial ini mengambil latar Uni Soviet masa lampau. Jadi penonton bisa melihat kehidupan Uni Soviet masa lalu ketika ada bencana.

Serial ini terlihat sangat ekstetik meski dengan alur cerita yang dark dan heavy. Pihak produksi membuat pakaian, dekorasi, teknologi hingga pabrik terlihat asli seperti era 80-an.

Tiga Relawan Penyelam

Episode 2 serial Chernobyl penuh adegan menegangkan. Dalam episode itu, penonton dibuat tegang melihat tiga orang menyelam ke PLTN Chernobyl.

Ketiga orang itu dengan sukarela mengajukan diri sebagai penyelam. Tentunya tugas mereka sangat berbahaya dan mempertaruhkan nyawa.

Pertanyaan utama dari kejadian tersebut adalah, apa mereka tewas karena radiasi? Faktanya, dua dari mereka masih selamat hingga saat ini.

Satu penyelam meninggal tahun 2005 karena serangan jantung. Kisah ketiga penyelam itu juga ditayangkan dalam serial Chernobyl.