10 Film Perang Keren Yang Harus Dilihat

film perang terbaik

Film perang terbaik? Jangan kuatir. Ada banyak pilihannya. Mulai dari film buatan jaman dulu sampai buatan tahun yang lebih baru. Kita tidak akan kekurangan.

Bicara soal film perang, ada banyak sisi yang bisa kita nikmati. Mulai dari rasa tegang, aksi heroik, drama penuh konflik, atau bahkan tragedi yang menyedihkan. Walau perang adalah hal yang buruk, terkadang sisi terbaik manusia bisa muncul dari situ.

Karena itu pula ada banyak film perang berkualitas. Tidak jarang penghargaan film kelas wahid seperti Oscar memilih film perang sebagai film terbaik (atau minimal nominasi).

Mungkin sebagai penggemarnya, kamu sudah menonton film di bawah ini. Tapi untuk yang baru menyukai genre ini, silakan cek pilihan film perang terbaik versi kami.

Saving Private Ryan (1998)

Film besutan Steven Spielberg ini mungkin salah satu film perang yang paling populer. Saving Private Ryan bercerita tentang Kapten John Miller (Tom Hanks) dan pasukannya menembus medan perang untuk menyelamatkan prajurit bernama Ryan. Film ini memiliki latar invasi Normandia pada Perang Dunia II.

Saving Private Ryan sukses secara komersil dan di mata kritikus. Film ini mendapat 11 nominasi Oscar, dan memenangkan 5 penghargaan, termasuk Sutradara Terbaik dan Sinematografi Terbaik.

Apocalypse Now (1979)

Berlatar perang Vietnam, film ini bercerita tentang Kapten Willard (Martin Sheen) yang memburu Kolonel Kurtz (Marlon Brando), seorang perwira yang memberontak. Apocalypse Now juga termasuk salah satu film perang legendaris.

Film ini memenangkan penghargaan Palme d’Or di Festival Film Cannes, memenangkan Golden Globe, dan mendapat nominasi Film Terbaik di Oscar. Sebagai bonus, kamu bisa mendengarkan lagu The End dari The Doors di awal dan akhir film.

Full Metal Jacket (1987)

Full Metal Jacket adalah sebuah film perang yang pahit. Menunjukkan sisi gelap bahkan sebelum prajurit terjun ke medan tempur. Film karya Stanley Kubrick ini mengikuti perjalanan beberapa orang prajurit Amerika, sejak pelatihan sampai di medan tempur. Walau memiliki latar perang Vietnam, Full Metal Jacket lebih menyorot sisi lain, bukan medan perang itu sendiri.

Walau tidak bombastis, film ini mendapat tanggapan baik dari kritikus, dan seiring waktu menjadi salah satu film perang terbaik. Di Oscar, Full Metal Jacket “hanya” mendapat nominasi penghargaan Adaptasi Naskah Terbaik.

[irp posts=”42584″ name=”15 Film Action Terbaik Sepanjang Masa”]

The Deer Hunter (1978)

The Deer Hunter merupakan film karya Michael Cimino. Film ini bercerita tentang tiga sahabat: Michael (Robert DeNiro), Nick (Christopher Walken), dan Steven (John Savage) yang mendapat pengalaman buruk di perang Vietnam. The Deer Hunter memiliki nuansa drama yang kental. Walau begitu, adegan Russian Roulette di film ini sangat ikonik.

Film ini sukses di mata kritikus film, dan mendapat 5 penghargaan Oscar, termasuk Film terbaik dan Sutradara terbaik.

Das Boot (1981)

Das Boot, atau dalam bahasa Inggris The Boat, adalah sebuah film Jerman. Film berlatar Perang Dunia II ini bercerita tentang awak kapal selam U-96. Sebagai film perang, Das Boot termasuk film yang “sepi”. Tapi perjalanan kapal selam ini tetap memiliki saat-saat menegangkan.

Das Boot sering disebut sebagai film tentang kapal selam terbaik. Film ini mendapat 6 nominasi Oscar, dan menang di beberapa festival film internasional lain.

Platoon (1986)

Platoon juga merupakan film perang yang ikonik dan sering disebut. Film besutan Oliver Stone ini bercerita tentang perjalanan prajurit Amerika Chris Taylor (Charlie Sheen) selama perang Vietnam. Selain konflik dengan musuh, Platoon juga menunjukkan konflik antar prajurit Amerika.

Film ini memenangkan 4 penghargaan Oscar dari 7 nominasi, dan memenangkan 3 penghargaan Golden Globe dari 4 nominasi.

[irp posts=”41723″ name=”10 Film Anime Terbaik Selain Buatan Studio Ghibli”]

Fury (2014)

Kalau Das Boot adalah film kapal selam terbaik, Fury mungkin merupakan film tank terbaik. Film ini bercerita tentang seorang prajurit baru yang bergabung dengan kru sebuah tank dengan julukan “Fury” pimpinan Don “Wardaddy” Collier (Brad Pitt). Mereka bertugas menembus pertahanan musuh dan membuka jalan pasukan lainnya.

Walau tidak mendapat nominasi atau penghargaan di Oscar (dan yang setara), film ini sukses di Box Office dan mendapat tanggapan bagus dari kritikus.

Dunkirk (2017)

Dunkirk adalah salah satu film yang paling banyak diperbincangkan di tahun 2017. Film karya Christopher Nolan ini bercerita tentang usaha evakuasi pasukan Sekutu di pelabuhan Dunkirk, Perancis Utara. Tidak ada jalan cerita khusus dalam film Dunkirk. Tapi Nolan memberikan pengalaman aksi tersebut dari dekat.

Dunkirk merupakan film bertema Perang Dunia II paling sukses di Box Office, mengalahkan Saving Private Ryan. Selain itu, film ini banyak mendapat pujian baik dari kritikus maupun penonton umum.

Hacksaw Ridge (2016)

Hacksaw Ridge merupakan film arahan Mel Gibson. Sepanjang karirnya, Mel Gibson hanya menyutradarai 5 film. Tapi 4 di antaranya mendapat pujian, termasuk film ini. Hacksaw Ridge menceritakan tentang seorang prajurit bernama Desmond Doss (Andrew Garfield). Ia terjun ke Perang Dunia II sebagai tenaga medis dan menolak membawa senjata. Film ini berdasarkan kisah nyata.

Hacksaw Ridge mendapat 2 penghargaan Oscar dari 6 nominasi. Film ini juga memenangkan beberapa penghargaan lain.

Inglourious Basterds (2009)

Inglourious Basterds merupakan film asik. Walau berdasar Perang Dunia II, film karya Quentin Tarantino ini menyajikan sejarah versi alternatif. Inglourious Basterds bercerita tentang dua usaha pembunuhan pimpinan Nazi. Yang satu oleh Shosanna Dreyfus (Mélanie Laurent), dan pihak lain oleh kelompok pimpinan Aldo Raine (Brad Pitt).

Film ini sukses secara box office dan dari opini kritik. Inglourious Basterds memenangkan satu penghargaan Oscar dari 8 nominasi, juga beberapa penghargaan lain, termasuk dari Festival Film Cannes.

%d blogger menyukai ini: