Facebook Bujuk Pengguna Apple untuk Terima Pelacakan Iklan

Facebook meminta pengguna Apple untuk menerima pelacakan iklan. Mereka memastikan tidak akan melacak data baru dari pengguna.

Dalam perseteruan yang tengah berlangsung dengan Apple karena fitur App Tracking Transparency di iOS 14, Facebook mengumumkan jika mereka akan menghimbau pengguna untuk mengizinkan pelacakan data dengan ‘konteks tambahan di layar khusus.’

Pemberitahuan Facebook

Seperti kabar yang akhir-akhir ini santer beredar, iOS 14 akan mempunyai satu fitur baru bernama App Tracking Transparancy.

Fitur ini memungkinkan pengembang aplikasi memberitahu dan meminta pengguna untuk memberi izin pelacakan data. Jika tidak, maka aplikasi tersebut dapat ditangguhkan atau bahkan dihapus dari App Store.

Sumber Gambar : Macrumors

Nantinya, pengguna iOS 14 akan diberi prompt dengan pilihan ‘Allow Tracking’ atau ‘Ask App Not to Track’ ketika membuka aplikasi. Salah satu aplikasi yang bakal kena fitur ini adalah Facebook.

Jika pengguna memilih opsi ‘Ask App Not to Track,’ maka Apple tidak akan memperbolehkan pengembang aplikasi untuk mengakses pengenal iklan pengguna.

Dalam pernyataannya, Apple mengatakan jika fitur ini akan melindungi privasi pengguna dari pelacakan data yang dilakukan pengembang aplikasi (terutama Facebook).

Respon berbeda pun dilontarkan oleh Facebook. Raksasa media sosial itu mengecam keras dan  mengatakan jika fitur App Tracking Transparancy dapat melemahkan bisnis-bisnis kecil menengah.

Namun sepertinya media sosial yang satu ini memilih melakukan pendekatan lain. Facebook berusaha ‘merayu’ penggunanya agar mau mengizinkan pelacakan iklan di perangkat Apple. Yakni dengan memilih opsi ‘Allow Tracking’ di prompt aplikasi.

Seperti yang kami sampaikan Desember lalu, kami tidak setuju dengan cara Apple. Namun kami akan tetap memastikan stabilitas untuk bisnis, dan orang yang menggunakan layanan kami,” kata Facebook.

Kebijakan baru Apple menunjukkan jika ada perbedaan antara iklan yang dipersonalisasi dan privasi. Padahal sebenarnya, kami bisa menyediakan ‘dua-duanya’,” sambungnya.

Intinya, Facebook akan menunjukkan ke pengguna iOS 14 tentang bagaimana cara mereka menggunakan iklan yang telah dipersonalisasi. Tayangan tersebut akan muncul sebelum permintaan App Tracking Transparancy ditampilkan oleh iOS 14.

Facebook juga memperingatkan, jika pengguna menolak untuk dilacak (memilih opsi ‘Ask App Not to Track), mereka akan tetap melihat iklan di aplikasinya. Hanya saja, iklan tersebut tidak akan relevan seperti biasanya.

Menyetujui permintaan ini (opsi ‘Allow Tracking’) tidak membuat Facebook mengumpulkan data baru dari pengguna,” kata Facebook.

Sementara itu, Facebook saat ini dikabarkan tengah mempersiapkan gugatan ke Apple. Yah, apalagi kalau bukan soal fitur App Tracking Transparancy.

%d blogger menyukai ini: