Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Recall: Aplikasi Catatan Keren Alternatif Google Keep

aplikasi catatan reminder recall
Anom Penulis

Kali ini saya mau membahas sebuah aplikasi reminder sederhana. Bukan reminder seperti alarm, tapi aplikasi to-do sederhana yang berisi catatan kecil sesuatu yang harus kamu ingat. Namanya Recall dan saya anggap sebagai alternatif Google Keep yang handal.

Ada kalanya saya ingin membuat catatan kecil. Catatan yang berisi hal-hal yang cepat dilakukan atau tidak terlalu penting. Dengan demikian juga bisa mudah dihapus.

popculture.id

Yang masuk daftar itu biasanya seperti daftar belanja, lokasi parkir di mall (Google Maps belum sedetil itu), dll. Bukan catatan panjang atau daftar to-do penting (saya pakai Tick Tick). Untuk catatan semacam ini, saya malas menggunakan aplikasi seperti Simplenote, OneNote, Evernote, Bear, dll

Di handphone, saya menggunakan Google Keep. Sampai saya menemukan aplikasi Recall ini. Terus terang, saya juga belum memastikan apakah akan terus menggunakannya atau tidak. Sejauh ini sih cukup memuaskan sebagai alternatif Google Keep.

Bagaimana kalau kita pertimbangkan bersama?

Desain aplikasi catatan yang bagus

Seperti biasa, hal pertama yang menarik minat saya adalah desain aplikasinya.

Recall berisi bidang persegi panjang dengan ujung membulat yang berisi catatan dan waktu alarm (kalau diatur). Bidang tersebut akan memiliki berbagai warna cerah seiring bertambahnya catatan kita.

aplikasi recall bisa jadi alternatif google keep

Seperti tujuannya yang sederhana, aplikasi ini pun punya tampilan yang sederhana. Tidak banyak elemen di dalam aplikasi ini. Minimalis dan langsung pada fungsinya.

Detil pada desain juga terlihat di pemilihan jenis huruf. Sebagai penyuka tipografi, saya mengacungi jempol pada pilihan font itu.

Menggunakannya sesederhana fungsinya

Sama seperti fungsinya yang simpel, cara menggunakan aplikasi Recall pun mudah. Tidak perlu banyak pencet sana sini.

Untuk menambah catatan, yang perlu kamu lakukan hanya memencet tombol + yang ada di bagian bawah. Kemudian, kamu tinggal mengetik kebutuhanmu. Setelah itu — kalau perlu — tambah alarm beserta waktunya, dan tekan ‘Save item‘. Selesai.

Kamu bisa menambah catatan sesuka hatimu.

penggunaan aplikasi recall mudah

Lalu, apa yang terjadi kalau catatan itu sudah tidak terpakai? Gampang, tinggal geser bidang catatan ke kiri atau ke kanan. Dengan cantik bidang itu akan terhapus.

Menggunakan Google Keep untuk catatan semacam ini memang sangat memungkinkan. Dari segi tampilan yang seperti post-it juga cocok. Namun, walaupun kita bisa menambah catatan dengan mudah (apalagi dengan menu cepat di Android Nougat), kadang saya merasa masih perlu banyak pencet sana-sini.

Recall dengan penggunaan dan tampilan yang sederhana memangkas banyak langkah. Jadi semua proses — mulai membuat sampai menghapus — bisa dilakukan dengan cepat.

Ini sebabnya kenapa saya menganggap aplikasi Recall bisa jadi alternatif Google Keep yang baik. Yah, paling tidak sesuai penggunaan saya. Kalau kamu menggunakan Google Keep untuk membuat catatan lain, ya bisa jadi kebutuhan kita berbeda.

Karena kesederhanaannya ini, Recall juga punya kelemahan. Aplikasi ini masih berdiri independen. Tidak terhubung ke cloud. Jadi catatan yang kita buat tidak disinkronkan ke perangkat lain. Kemudian, masih belum bisa edit catatan yang sudah dibuat (kalau salah ketik harus tulis dari awal).

Namun sang pengembang aplikasi akan mempertimbangkannya kalau hal itu dibutuhkan. Saat ini, ia memprioritaskan aplikasi Recall untuk iOS. Iya, sejauh ini Recall baru tersedia di Android.

Oya, bahasa yang ada di aplikasi ini bahasa Inggris. Tapi melihat caranya yang mudah, saya pikir tidak susah memahaminya.

Nah, selamat mencoba. Aplikasi ini gratis kok. Boleh juga datang ke situs resminya kalau ingin melihat lebih dekat atau ingin meminta fitur ke developer-nya.

[junkie-button url=”https://play.google.com/store/apps/details?id=com.recallapp_rn&hl=en” style=”blue” size=”medium” type=”round” target=”_blank”] Download Android [/junkie-button]

[wp-review id=”43879″]


ARTIKEL TERKAIT

    %d blogger menyukai ini: