Berbagai Fitur Baru macOS Ventura Memperkuat Ekosistem Apple

Anom Penulis

Selain iOS 16 dan iPadOS 16, Apple juga mengumumkan sistem operasi terbaru untuk perangkat komputer Mac mereka, yaitu macOS Ventura. OS Mac terbaru ini menghadirkan fitur baru, seperti salah satunya, Stage Manager.

Namun di samping itu, sistem operasi — yang juga bernama macOS 13 ini — juga menghadirkan beberapa pengembangan fitur dari generasi sebelumnya. Misalnya: Continuity Camera, beberapa fitur di aplikasi Mail, dan pengembangan fitur Spotlight.

Berbagai fitur baru yang hadir ini memang memperkuat ekosistem Apple. Baik untuk aplikasi bawaan maupun penggunaannya dengan perangkat Apple lain. Yuk, kita lihat.

Stage Manager

Apple WWDC22 macOS Ventura Stage Manager

macOS memang sudah memiliki Mission Control untuk multitasking dan berpindah antar aplikasi. Namun Stage Manager membawa multitasking lebih mudah lagi.

Ketika fitur ini berjalan, semua aplikasi akan bergeser ke samping, meninggalkan aplikasi aktif duduk di layar, atau di panggung, seperti namanya. Kamu bisa mengatur aplikasi dalam kelompok-kelompok dan memanggilnya bergantian untuk tampil. Cukup dengan klik jendela kecil aplikasi di samping.

Continuity Camera

Apple WWDC22 macOS Ventura Continuity Camera

Fitur Continuity Camera memungkinkan kamu menggunakan iPhone sebagai webcam — menggantikan kamera bawaan — di komputer Mac. Yah, kalau laptop ASUS, seperti yang ada di aplikasi MyASUS. Namun, karena berada dalam satu ekosistem, maka fitur ini punya kelebihan tersendiri.

Kamu hampir tidak perlu melakukan apa pun untuk mengaktifkannya. Cukup menempelkan iPhone ke layar melalui dudukan (Belkin akan merilis aksesori ini). Bahkan hanya mendekatkan iPhone ke Mac pun akan membuat macOS Ventura mendeteksinya dan mengaktifkan Continuity Camera.

Hebatnya lagi, kamu juga bisa memakai fitur kamera iPhone — seperti Center Stage, Portrait mode, dan Studio Light — langsung dari komputer Mac. DItambah lagi, kamera ultra-wide di iPhone bisa memberikan pandangan ke bawah (misalnya ke keyboard) secara khusus lewat mode Desk View.

Handoff di FaceTime

Apple juga mengembangkan fitur Handoff lebih jauh. Kini kamu bisa melakukan FaceTime dan berpindah dari komputer Mac ke iPhone atau iPad dengan mudah. Misalnya, kamu FaceTime di MacBook lalu pindah ke iPhone karena mau bikin kopi.

Shared Tab Group di Safari

Shared Tab Group memungkinkan kamu membagi sebuah tab di Safari dengan keluarga atau teman. Jadi kamu bisa melihat website bersama, termasuk juga bekerja secara kolaborasi. Selain itu, kamu juga bisa berbagi kumpulan website yang kamu Bookmark atau Favorite, dan teman bisa menambahkan website ke sana.

Fitur berbagi Tab ini juga bisa kamu sebar melalui aplikasi Pesan dan bia kamu lakukan sambil melakukan FaceTime.

Fitur Baru Aplikasi Mail

Aplikasi Mail di macOS Ventura mendapat beberapa tambahan fitur baru. Seperti pencarian yang lebih baik dan lebih cepat (hasil muncul waktu mengetik), membatalkan dan menjadwal pengiriman email, dan saran follow up jika email yang dikirim tidak mandapat respon.

Edit Pesan dan Undo Kirim Pesan

Sama seperi di iPad dan iOS, di macOS 13 ini kamu juga bisa mengedit pesan yang terkirim dan membatalkan pengiriman pesan. Jadi nggak perlu takut typo lagi.

Lalu kalau kamu mengirim file di aplikasi iMessage, kamu bisa memilih mengirim salinan atau berkolaborasi. Kalau berkolaborasi, maka mereka juga bisa mengubah file yang kamu kirim. Tentu, tindakan ini juga bergantung pada jenis file yang kamu kirim (kemungkinan besar yang ada di dalam ekosistem Apple).

Spotlight Lebih Lengkap

spotlight di macos ventura

Spotlight adalah fitur pencarian di ekosistem Apple yang poweful. Namun kini pencarian itu lebih hebat lagi. Kamu bisa mendapatkan hasil pencarian sekaligus tampilannya langsung di Spotlight. Seperti mencari foto, mencari lagu dan artis, mencari film, atau tim olahraga.

Bahkan, kini kamu juga bisa melakukan beberapa tindakan langsung dari Spotlight. Misalnya menyetel alarm, membuat dokumen baru, atau mengeksekusi shortcut.


Itulah beberapa fitur baru yang paling menarik dari macOS Ventura. Yah, sebagian besar fitur baru ini memang bersandar pada ekosistem Apple. Artinya, kalau kamu punya perangkat Apple mutakhir, kamu bisa menggunakan berbagai perangkat itu dengan lebih mudah.

Memang, integrasi antar produk Apple sudah terkenal sejak dulu. Kini integrasi itu semakin asik lagi. Bagaimana menurutmu?

    %d blogger menyukai ini: