Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Fitur Canva Text to Image Gratis, Bisa Ubah Text Jadi Gambar Apapun!

canva text to image
Sumber: Canva
Indri Penulis

Fitur Canva Text to Image resmi hadir di aplikasi. Fitur tersebut bisa mengubah teks menjadi gambar apapun yang diinginkan pengguna.

Canva adalah salah satu aplikasi desain yang banyak dipakai orang. Khususnya buat mereka yang nggak punya skill desain kelas wahid.

Canva jelas menjadi pilihan yang praktis untuk mempercepat proses desain. Pengguna bisa memilih template yang sudah ada sesuai selera, mengutak atiknya sedikit dan voila.. Desain sudah jadi dan siap digunakan.

Baru-baru ini, Canva meluncurkan fitur baru bernama “Text to Image.” Apa itu fitur Canva Text to Image, dan fungsinya untuk apa?

Apa Itu Fitur Canva Text to Image?

Sesuai namanya, Text to Image adalah fitur ajaib yang bisa mengubah imajinasi jadi gambar sungguhan. Pengguna tinggal mengetik kata tertentu, kemudian kata tersebut akan diubah menjadi gambar siap pakai.

Sebelumnya, fitur Text to Image telah diuji coba selama 2 bulan lewat versi Beta. Tidak disangka, rupanya antusiasme pengguna sangat besar.

Setidaknya selama proses uji coba, sudah ada 6 juta gambar dibuat dan diterapkan ke berbagai desain. Mulai dari desain sosial media, presentasi, selebaran bisnis, logo, dll.

canva text to image
Sumber: Canva

Saat ini fitur Text to Image sudah tersedia di aplikasi Canva. Kalau kamu tanya apakah fitur tersebut berbayar, jawabannya tidak. Fitur Canva Text to Image bisa dinikmati secara gratis.

Sekarang kalau kamu menginginkan gambar yang sempurna, kamu tinggal mengetiknya di Text to Image. Deskripsikan gambar yang ada di dalam imajinasimu lewat kata-kata. Setelah itu, teks tersebut akan berubah jadi gambar yang kamu inginkan.

Menariknya, gambar yang muncul 100% baru. Itu artinya, Canva tidak menggabungkan beberapa gambar jadi satu. Tapi fitur Text to Image benar-benar bakal menciptakan gambar baru dari nol.

Baca Juga:  Cara Membuat Poster di Canva Tanpa Template Menggunakan HP atau Laptop

Contohnya kamu ingin melihat ilustrasi kucing sedang tidur di kasur. Nah, kamu tinggal ketik saja deskripsi yang menggambarkan seekor kucing sedang rebahan di kasur. Nanti gambar kucing yang sedang tidur di kasur akan langsung dibuat Canva.

Serunya lagi, Text to Image nggak cuma bisa bikin gambar biasa. Fitur ini juga bisa mencptakan foto, gambar animasi, lukisan 3D, pola, dan bahkan konsep seni.

canva text to image
Sumberr: Canva

Lebih lanjut, fitur Text to Image sudah terintegrasi ke seluruh pengalaman Canva. Dengan fitur ini, kamu bisa bikin dan mengedit gambar ‘tanpa perlu keluar’ dari Canva.

Kamu juga nggak perlu berlangganan atau pakai tools lain untuk menciptakan gambar baru. Bikin gambar baru, mengubah kecerahan sesuai kontras, menambah filter, dll, bisa dilakukan langsung dari Text to Image.

canva text to image
Sumber: Canva

Di sisi lain, fitur seperti Text to Image bukan suatu hal yang baru dalam dunia desain. Beberapa waktu lalu, Microsoft sempat mengumumkan aplikasi Microsoft Designer.

Aplikasi tersebut memungkinkan pengguna mendeskripsikan imajinasi mereka dalam teks. Lalu teks tersebut akan diubah menjadi gambar. Tapi sayangnya, saat ini Microsoft Designer masih dalam tahap uji coba.

Tidak hanya itu, Microsoft juga baru saja mendebutkan aplikasi web Microsoft Create. Walau tidak memiliki fitur seperti Text to Image, tapi Microsoft Create mirip banget dengan Canva. Pengguna bisa bikin desain pakai template apapun yang mereka suka.

Yah.. Kecanggihan teknologi memang akan mempermudah segala urusan. Contohnya dengan fitur Canva Text to Image, urusan desain bisa cepat kelar. Orang yang minim skill desain pun, akhirnya bisa mendesain apapun yang mereka inginkan.


Jika kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]