Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Fitur Caption Otomatis Instagram

Fitur caption otomatis / auto-caption Instagram akhirnya rilis. Inilah beberapa info penting soal caption otomatis Instagram yang perlu kamu tahu.

Pada bulan Maret lalu, konsultan media sosial, Matt Navarra, sempat membeberkan fitur terbaru yang bakal ada di Instagram. Fitur tersebut memungkinkan pengguna Instagram membuat teks otomatis (auto-caption) di Instagram Stories.

Awal Mei ini, fitur yang sempat dibocorkan itu akhirnya resmi dirilis oleh Instagram. Seperti apa fitur caption otomatis Instagram?

Tentang Fitur Auto Caption Instagram

Fitur auto-caption ini dibungkus dalam stiker teks dan bisa ditemukan di Story. Fitur ini secara otomatis bakal mentranskripsikan ucapan dalam video menjadi teks.

Untuk sementara itu, fitur tersebut hanya tersedia dalam bahasa Inggris dan di negara berbahasa Inggris. Namun nantinya, fitur ini akan diluncurkan ke negara lain. Oya, Instagram juga mengatakan kalau mereka bakal menguji fitur ini di Reel β€˜segera.’

Fitur Caption Otomatis Instagram
Sumber Gambar : TechCrunch

Sebelumnya, fitur auto-caption telah ada di IGTV dan aplikasi Threads. Instagram memang pernah mengatakan kalau mereka ingin fitur ini juga ada di Stories dan Reel. Tujuannya agar lebih efisien serta konten yang ada di Stories dan Reel bisa dinikmati semua orang.

Jadi selama ini, beberapa pengguna tunarungu (punya gangguan pendengaran) tidak bisa menikmati video yang ada di Stories dan Reel dengan baik. Dengan adanya fitur auto-caption, mereka tetap bisa menikmati video, dan tetap mengerti maksud dari video tersebut meski tak mendengar suaranya.

Cara Pakai Fitur Caption Otomatis

Untuk memakai fitur auto-caption, simak langkah-langkah berikut ini:

  • Buatlah video dari kamera Stories atau Reel di aplikasi Instagram.
  • Atau kamu juga bisa memilih video dari galeri smartphone.
  • Setelah itu, bukalah tab stiker.
  • Carilah stiker baru bernama β€œText.”

Setelah kamu menempatkan stiker ini ke dalam Stories atau Reel, stiker tersebut otomatis akan mentranskripsikan suara menjadi teks.

Edit Fitur Caption Otomatis di Instagram
Sumber Gambar : The Verge

Layaknya opsi lainnya di Stories, kamu juga bisa menyesuaikan gaya dan warna teks yang telah ditranskripsikan. Kamu juga dapat mengedit setiap kata dalam teks untuk mengoreksi ejaan, tanda baca, atau kata apapun yang tidak ditranskrip secara akurat.

Ketika kamu memposting Stories atau Reel tersebut, auto-caption akan muncul di samping video dan bisa dilihat oleh semua orang.

Di sisi lain, fitur auto-caption Instagram meluncur sebulan setelah TikTok meluncurkan fitur serupa. Meski sama-sama fitur auto-caption, tapi cara kerja fitur di kedua platform ini cukup berbeda.

Kalau Instagram memungkinkan pengguna mengedit teks transkripsi, maka TikTok tidak. Auto-caption memang secara otomatis mentranskripsikan suara di video TikTok. Tapi teks itu tidak bisa diedit dan pengguna juga bisa memilih untuk menghidupkan atau mematikan fitur tersebut.

%d blogger menyukai ini: