ASYIK! Sebentar Lagi Instagram Bakal Punya Fitur Donasi Pribadi

Instagram mengumumkan kalau mereka tengah menguji coba fitur donasi untuk dana pribadi. Uji coba ini akan dilakukan di beberapa negara.

Penggalangan dana di era digital ini semakin canggih. Bisa dilakukan secara manual atau lewat fitur penggalangan dana yang telah ada di media sosial.

Instagram adalah salah satu media sosial yang punya fitur donasi. Lewat stiker donasi, pengguna Instagram bisa berdonasi untuk organisasi nirlaba.

Kini Instagram tengah menguji coba fitur donasi baru. Fitur donasi ini bakal memungkinkan pengguna menggalang dana pribadi.

Instagram Uji Coba Fitur Donasi Pribadi

Fitur donasi pribadi ini sudah mulai diuji di beberapa negara seperti AS, Inggris dan Irlandia. Lalu seperti apa cara kerja fitur donasi ini?

Jadi fitur ini memungkinkan pengguna membuat kampanye donasi langsung dari aplikasi. Pengguna juga bisa berdonasi tanpa bantuan platform pihak ketiga atau tautan eksternal.

Fitur ini berbeda dengan stiker donasi. Stiker donasi menghasilkan uang untuk organisasi nirlaba. Sementara di fitur donasi pribadi, pengguna bisa mengumpulkan uang untuk diri sendiri, teman, atau bahkan keperluan bisnis.

Sumber Gambar : Digital Trends

Ada beberapa kategori yang harus dipilih agar penggalangan dana pribadi disetujui Instagram. Kategorinya antara lain untuk membantu usaha, pengobatan, pembayaran uang sekolah, pemakaman, dll.

Oya, fitur ini juga punya pedoman yang sama dengan Facebook. Seperti yang kalian tahu, Facebook juga punya fitur penggalangan dana pribadi.

Pengguna tidak boleh menggalang dana pribadi untuk kampanye politik, menjual barang, atau melanggar Standar Komunitas platform. Pengguna juga harus berusia 18 tahun ke atas untuk membuat penggalangan dana pribadi.

Saat berdonasi, pengguna bisa memilih untuk menyembunyikan informasi pribadinya. Tapi si penerima (penggalang dana) dapat melihat nama orang yang berdonasi, nama profil Instagram-nya dan jumlah donasi.

Penggalangan dana ini akan berlangsung selama 30 hari. Setelah waktunya habis, semua uang yang terkumpul akan masuk di rekening yang dipilih si penggalang dana.

%d blogger menyukai ini: