Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Instagram Quiet Mode Resmi Hadir, Fitur yang Bisa Bikin Kamu Jadi Fokus

instagram quiet mode
Gambar Oleh: Facebook
Indri Penulis

Fitur Instagram Quiet Mode resmi meluncur. Fitur ini dapat kamu gunakan untuk mengatur waktu dan fokus dengan lebih baik.

Instagram selama beberapa bulan terakhir sukses mendebutkan beberapa fitur anyar. Dimulai dengan hadirnya fitur bantuan untuk akun Instagram yang kena hack. Kemudian ada juga fitur Instagram Notes buat share catatan via teks dan emoji ke teman dekat.

Menjelang akhir Januari ini, Instagram kembali memboyong fitur baru. Fitur yang dinamakan ‘Instagram Quiet Mode’ itu kini resmi meluncur dan sudah bisa dinikmati pengguna.

Tapi pertanyaannya, apa itu fitur Instagram Quiet Mode? Oke biar kamu nggak penasaran, kamu bisa simak ulasan saya berikut ini.

Apa Fungsinya Fitur Instagram Quiet Mode?

Instagram Quiet Mode atau Mode Senyap adalah fitur untuk mematikan notifikasi aplikasi. Tidak hanya itu, fitur ini juga dapat mengirim balasan otomatis saat orang mengirimi kamu DM.

Setelah mengaktifkan fitur Quiet Mode Instagram, kamu tidak akan menerima notifikasi apa pun. Selain itu status aktivitas di profilmu juga bakal berubah (bakal ada tanda kalau kamu sedang mengaktifkan Quiet Mode).

instagram quiet mode
Gambar Oleh: About FB

Dengan adanya Mode Senyap Instagram, harapannya pengguna bisa lebih fokus pada hal-hal tertentu. Contohnya saat sedang mengemudi, belajar, rapat, atau aktivitas lainnya.

Dilihat dari mekanismenya, fitur Instagram Quiet Mode memang sangat cocok untuk aktivitas yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Apalagi untuk remaja yang harus fokus belajar biar nilai sekolahnya nggak anjlok.

svg%3E
Gambar Oleh: About FB

Tapi serius, ternyata latar belakang hadirnya fitur Quiet Mode Instagram memang dari permintaan pengguna remaja lho.

Lewat pengumumannya, Instagram mengatakan kalau banyak pengguna remaja yang lebih fokus di malam hari (misal untuk belajar, me time dengan dirinya sendiri, dll). Oleh karena itu, Instagram coba menghadirkan fitur yang bisa membantu mereka agar bisa lebih fokus.

mode senyap instagram
Gambar Oleh: About FB

Sebenarnya semua pengguna Instagram bisa menggunakan Quiet Mode. Tapi Instagram bakal meminta pengguna remaja mengaktifkan fitur ini saat mereka kelamaan main Instagram di malam hari.

Baca Juga:  Instagram Uji Coba Opsi Berbagi Banyak Tautan di Halaman Bio

Sementara itu, saat ini fitur Instagram Quiet Mode baru tersedia di AS, Inggris Raya, Irlandia, Kanada, Australia, dan Selandia Baru. Tapi tenang, Instagram berjanji akan memboyong fitur ini ke lebih banyak negara. Nah semoga saja Indonesia bisa cepat kebagian fitur ini.

Fitur Instagram Terbaru Lainnya

Selain meluncurkan fitur Quiet Mode, Instagram juga mengenalkan fitur rekomendasi baru. Fitur ini memungkinkan pengguna mengontrol konten yang ingin mereka lihat di Instagram.

Contohnya saat pengguna melihat salah satu postingan dan mereka suka, pengguna bisa klik ‘Like.’ Tapi kalau nggak tertarik sama kontennya, pengguna bisa klik ‘Not Interested.’ Dengan begitu Instagram bakal meminimalisir tampilan konten tersebut, atau konten-konten yang sejenisnya.

instagram quiet mode
Gambar Oleh: About FB

Nah fitur selanjutnya yang dihadirkan Instagram ditujukan untuk orang tua. Sekarang para orang tua dibekali kemampuan untuk melihat pengaturan Instagram anak mereka, termasuk pengaturan privasi dan akun.

Jadi setiap kali anak memperbarui pengaturan, orang tua akan langsung menerima notifikasi. Tidak hanya itu, orang tua sekarang juga bisa melihat daftar akun yang diblokir anak mereka.


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]