Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Weh.. Fitur Kontak Mata di NVIDIA Broadcast Bisa Ubah Pandangan Fokus ke Kamera

kontak mata di nvidia broadcast
Gambar Oleh: NVIDIA
Indri Penulis

Keren! Fitur kontak mata di NVIDIA Broadcast bisa ubah pandangan agar fokus ke kamera. Penasaran? Cek aja ulasan berikut ini.

NVIDIA Broadcast adalah aplikasi yang mengubah ruangan menjadi studio rumahan. Aplikasi ini dapat mengubah kamera web dan mikrofon standar, menjadi perangkat canggih kelas premium dengan bantuan AI.

Intinya sesuai namanya, aplikasi ini ditujukan untuk konten kreator atau broadcaster. Makanya nggak heran kalau fitur-fitur yang ada di dalamnya ‘konten kreator banget.’

Nah untuk lebih menunjang aktivitas ‘ngonten,’ baru-baru ini NVIDIA Broadcaster kedatangan fitur baru nih. Fitur tersebut berupa kontak mata yang disebut-sebut bisa ubah pandangan agar fokus ke kamera.

Konsep Fitur Kontak Mata di NVIDIA Broadcast yang Unik

Menurut pengumuman resminya, NVIDIA Broadcast sekarang punya fitur untuk membuat pengguna ‘seolah-olah’ sedang menatap kamera. Padahal aslinya, pandangan mata mereka sedang melihat ke arah lain.

Fitur ini dirancang khusus untuk konten kreator yang ingin merekam diri mereka sendiri. Tapi di sisi lain mereka juga perlu membaca catatan atau script, dan tanpa langsung melihat ke kamera.

Nah dengan adanya fitur kontak mata di NVIDIA Broadcast, aktivitas ngonten bisa lebih gampang. Bayangin aja deh, kamu lagi enak-enak baca script. Tapi pandangan matamu bisa dibikin seolah-olag lagi fokus ke kamera.

Hasilnya, penonton pasti nggak bakal tahu kalau kamu sebenarnya sedang membaca script sambil ngonten. Yang mereka lihat adalah kamu sedang ngonten, ngomong biasa dan tentunya sambil hadap ke kamera.

Karena fitur ini memanfaatkan bantuan AI, jadi hasilnya diklaim lebih realistis. Apalagi fitur kontak mata NVIDIA Broadcast bakal membuat simulasi mata, supaya cocok dengan warna mata asli pengguna.

Baca Juga:  NVIDIA Umumkan Acara NVIDIA GTC Diselenggarakan 19 – 22 September 2022

Terlepas dari kemampuannya yang keren, fitur kontak mata di NVIDIA Broadcast tetap punya beberapa kekurangan. Menurut salah satu kontributor di situs The Verge, fitur tersebut kadang-kadang juga bisa terlihat nggak natural.

Terkadang saat mengaktifkan fitur NVIDIA Broadcast yang satu ini, mata si pengguna bakal melesat secepat kilat. Selain itu, kabarnya juga muncul pop-in aneh dan sangat mengganggu saat menjelang akhir video.

Tapi sekedar mengingatkan, fitur ini statusnya masih beta alias belum resmi rilis. NVIDIA pun masih menunggu berbagai ulasan dari pengguna yang kebagian uji coba.

Ada jutaan warna mata dan kombinasi pencahayaan. Kalau Anda mengujinya dan menemukan masalah apa pun, atau hanya ingin membantu kami mengembangkan efek AI ini lebih lanjut, kirimkan video singkat kepada kami di sini. Kami akan sangat menghargainya,” kata NVIDIA.

Di sisi lain, NVIDIA memang telah berkecimpung dengan teknologi AI selama beberapa tahun terakhir. Sebelumnya, NVIDIA berhasil menciptakan DLSS.

Fyi, DLSS adalah sebuah fitur yang memanfaatkan teknologi AI untuk meningkatkan kualitas gambar dengan cerdas. Bahkan versi terbarunya, DLSS3 bisa menghasilkan dan menyisipkan frame baru ke permainan.

Karena sudah sering berkecimpung dengan teknologi AI, mari kita nantikan saja perkembangan fitur kontak mata di NVIDIA Broadcast. Semoga setelah proses uji coba selesai, fitur tersebut bisa lebih sempurna.


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]